BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Masa Penawaran Dimulai, Begini Cara Pesan ORI021

Bareksa24 Januari 2022
Tags:
Masa Penawaran Dimulai, Begini Cara Pesan ORI021
Ilustrasi perempuan investor yang gembira karena telah berinvestasi di SBN Ritel termasuk ORI seri ORI021. (Shutterstock)

ORI021 ditawarkan selama masa penawaran 24 Januari hingga 17 Februari 2022

Bareksa.com - Terhitung mulai hari ini, Senin, 24 Januari 2022, pemerintah membuka masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021. ORI021 merupakan Surat Berharga Negara Ritel (SBN Ritel) pertama yang akan ditawarkan pemerintah tahun ini dan bisa dibeli di Bareksa.

Masa penawaran berlangsung 25 hari hingga ditutup pada 17 Feberuari 2022. Namun perlu diingat, tingginya animo investor terhadap ORI021, bisa membuat masa penawaran ORI021 ditutup sebelum jadwal jika kuota sudah ludes terjual. Karena itu jangan sampai ketinggalan ya!

ORI021 diterbitkan oleh pemerintah. Makanya, instrumen investasi ini aman 100 persen karena dijamin oleh negara melalui Undang-Undang. ORI021 juga bersifat tradable atau bisa diperdagangkan di pasar sekunder sebelum jatuh tempo tiga tahun.

Promo Terbaru di Bareksa

Bentuk penerbitan ORI021 adalah tanpa warkat (scripless). Artinya, tidak ada bentuk fisiknya tetapi investor yang memiliki ORI021 akan memegang bukti berupa Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) yang terdiri dari 16 digit gabungan antara angka dan huruf.

Baca : Kerahkan Sinergi Ekosistem, Grab-OVO Ikut Mendukung Perluasan Distribusi SBN Melalui Bareksa​

Kemudian, jumlah pesanan dari masa penawaran itu akan ditetapkan pada 21 Februari 2022 dan setelmen (mulai perhitungan kupon) adalah pada 23 Februari 2022. Jenis kupon atau imbal hasil ORI021 bersifat tetap (fixed rate). Artinya, tidak akan naik atau turun hingga jatuh tempo 15 Februari 2025. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menetapkan kupon ORI021 sebesar 4,90 persen.

Untuk pembayaran kupon pertama ORI021, akan dilakukan pada 15 April 2022 (long coupon). Kemudian setelah pembayaran kupon pertama, ORI021 bisa diperdagangkan di pasar sekunder, jadi Anda sebagai investor tidak perlu menunggu hingga jatuh tempo jika ingin menjualnya.

Nilai minimum pemesanan ORI021 Rp1 juta, dengan kelipatan Rp1 juta hingga maksimum Rp2 miliar per investor.

Baca : Bareksa Raih Pendanaan Seri C dari Grab, Kukuhkan Sinergi Grab - Bareksa - OVO

Berikut Ringkasan Struktur ORI021

Penerbit : Pemerintah Republik Indonesia
Seri : ORI021"
Masa penawaran : 24 Januari - 17 Februari 2022
Bentuk : Tanpa Warkat, dapat diperdagangkan
Tanggal penetapan : 21 Februari 2022
Setelmen : 23 Februari 2022
Jatuh tempo : 15 Februari 2025 (3 tahun)
Nilai nominal per unit : Rp1 Juta
Minimum pemesanan : Rp1 Juta
Maksimal pemesanan : Rp2 Miliar
Kustodian : sub registry
Mitra distribusi : bank umum, perusahaan efek, perusahaan efek khusus (APERD fintech), dan perusahaan fintech peer to peer lending).
Jenis Kupon : Fixed rate (tetap)
Tingkat Kupon : 4,9 persen
Minimum holding period : 1 kali pembayaran kupon (mulai dapat diperdagangkan di pasar sekunder tanggal 15 April 2022)
Tanggal pembayaran kupon pertama : 15 April 2022
Tanggal pembayaran kupon setiap bulan : setiap tanggal 15
Agen pembayar kupon dan pokok : Bank Indonesia

Cara Beli ORI021 di Bareksa

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan ORI021. Adapun investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang.

Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Lengkapnya baca ​cara daftar ulang akun SBN Ritel di Bareksa.

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar siap ketika nanti masa penawaran dibuka. Daftar jauh-jauh hari untuk menyediakan waktu proses verifikasi yang sekitar 2 x 24 jam.

(Martina Priyanti/AM)

Baca : Kemenkeu Tetapkan Kupon ORI021 sebesar 4,9 Persen per Tahun

Investasi Sekarang

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra
distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara(SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua