Berita / SBN / Artikel

Begini Cuan dari ORI021 Jika Investasi Rp1 Juta dan Rp100 Juta

Meskipun lebih rendah dari SBN Ritel seri sebelumnya, tapi kupon ORI021 masih lebih menarik dari deposito
Bareksa • 25 Jan 2022
cover

Ilustrasi investor sedang menghitung imbal hasil investasinya di ORI021. (shutterstock)

Bareksa.com - Pemerintah resmi menawarkan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel seri pertama di 2022 yakni Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021. Masa penawaran berlangsung pada 24 Januari hingga 17 Februari 2022, atau dalam 25 hari masa penawaran.

Hingga Selasa pagi (25/1/2021) atau 1 hari sejak ditawarkan, nilai pemesanan ORI021 telah menembus lebih dari Rp2 triliun. ORI021 diburu investor karena instrumen investasi ini dijamin keamanannya oleh negara dan menawarkan keuntungan menarik.

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan menetapkan kupon atau imbal hasil ORI021 sebesar 4,9 persen per tahun. Dibandingkan suku bunga acuan Bank Indonesia, yakni BI 7 Days Reverse Repo Rate yang saat ini di level 3,5 persen, maka selisih (spread) imbal hasilnya 1,4 persen.

Di sisi lain pemerintah sebelumnya telah memangkas pajak kupon obligasi dari sebelumnya 15 persen jadi 10 persen. Setelah dipotong pajak, investor masih mengantongi imbalan bersih ORI021 sebesar 4,41 persen.

Meskipun kupon ORI021lebih rendah dari SBN Ritel seri sebelumnya, tapi besaran kupon ORI021 tersebut masih lebih menarik dibandingkan deposito. Bunga deposito perbankan tenor 1 tahun saat ini tercatat 2,52 persen. Denggan begitu, imbalan ORI021 jauh lebih menarik.


Sumber: Kementerian Keuangan, Pusat Data Kontan, Bareksa

Lalu berapa imbal hasil yang didapatkan investor jika investasi di ORI021 senilai Rp1 juta atau 1 unit dan Rp100 juta atau 100 unit? Befikut simulasinya sebagaimana disampaikan dalam materi Kementerian Keuangan :

Sumber : Kementerian Keuangan

Dari hasil simulasi, imbal hasil yang didapatkan investor jika investasi ORI021senilai Rp1 juta adalah senilai Rp4.083 per bulan, kemudian dipotong pajak 10 persen, sehingga kupon bersihnya Rp3.675 per bulan.


Sumber : Kementerian Keuangan

Sementara jika investor berinvestasi di ORI021 senilai Rp100 juta, maka akan mendapatkan imbalan kotor Rp408.300. Setelah dipotong pajak 10 persen, maka kupon bersihnya Rp367.470 per bulan.

Menarik bukan potensi cuan yang ditawarkan ORI021? Anda bisa melakukan pemesanan ORI021 di Bareksa ya!

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

ORI021 merupakan salah satu jenis SBN Ritel yang memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.