Berita / SBN / Artikel

SBR010 Terbit Juni, Ayo Registrasi Ulang Akun SBN di Bareksa

Tujuan daftar ulang untuk pengkinian data dan kemudahan transaksi SBN ritel
Hanum Kusuma Dewi • 28 May 2021
cover

Ilustrasi wanita mudah investor sedang duduk sambil melihat handphone untuk mengecek hasil investasi reksadana saham obligasi negara SBN ritel melalui aplikasi Bareksa. (shutterstock)

Bareksa.com - Mau investasi sambil bantu negara? Siap-siap sambut penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel seri terbaru, yaitu Savings Bond Ritel seri SBR010. 

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah menargetkan menerbitkan SBN Ritel senilai hingga Rp80 triliun yang terdiri dari enam seri. Hingga saat ini sudah ada dua seri yang terbit tahun ini, yaitu Obligasi Negara Ritel ORI019 dan Sukuk Ritel SR014

Menurut jadwal penerbitan SBN ritel yang direncanakan, SBR010 akan terbit pada Juni 2021. Seri terbaru SBN ritel ini bisa dibeli secara online di Bareksa. Sebelum masa penawaran SBR010 dibuka pada 21 Juni 2021 (tentative) nanti, ada baiknya investor melakukan registrasi ulang akun SBN di Bareksa. 

Registrasi ulang ini khusus untuk para investor yang pernah membeli SBN Ritel di Bareksa. Tujuannya, agar data investor lebih update dan kini investor bisa dengan mudah melakukan penjualan untuk seri yang bisa diperdagangkan (tradable). 

Mengapa perlu melakukan registrasi ulang?

Bareksa melakukan kerja sama dengan Sekuritas selaku sub-registry untuk menunjang transaksi (jual-beli) SBN Ritel yang terdapat di Bareksa. Sebagai investor SBN Ritel di Bareksa, investor perlu melengkapi beberapa data yang dibutuhkan sebagai syarat pembukaan akun sub-registry.

Apa pengaruh registrasi ulang bagi investor SBN di Bareksa? 

Jika sudah melengkapi data yang dibutuhkan, maka semua transaksi pembelian SBN Ritel di seri selanjutnya akan otomatis tercatat di sekuritas yang bekerja sama dengan Bareksa, yaitu PT Binaartha Sekuritas. 

Apakah data investor aman? 

Semua data yang dikirim akan dijamin kerahasiaannya dan hanya digunakan untuk keperluan transaksi SBN Ritel

Cara Registrasi Ulang Akun SBN di Bareksa

1. Buka aplikasi Bareksa

2. Klik Menu SBN

3. Lengkapi data yang diminta

Data yang perlu disiapkan: foto e-KTP

4. Centang persetujuan data 

Investor wajib memberikan data sebagai informasi yang sah

5. Tunggu verifikasi melalui email

Bila pendaftaran ulang berhasil, investor akan mendapat email berisikan detail rekening Sub-Registry.  Setelah verifikasi, investor bisa membeli seri SBN Ritel selanjutnya, yaitu SBR010 pada masa penawaran secara online di aplikasi bareksa. 


Adapun investor yang belum pernah membeli SBN Ritel di Bareksa, bisa juga mendaftar sebelum masa penawaran SBR010 buka. Tujuannya, agar tidak perlu lama menunggu verifikasi (2x24 jam) saat penawaran dibuka. 

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. 

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritelsecara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.