BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Berapa Biaya Umroh 2024? Paket 2 hingga 4 Orang, Siapkan Tabungan dengan Reksadana Syariah

Hanum Kusuma Dewi19 Desember 2023
Tags:
Berapa Biaya Umroh 2024? Paket 2 hingga 4 Orang, Siapkan Tabungan dengan Reksadana Syariah
Ilustrasi jemaah umroh sedang melihat Kabah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. (Shutterstock)

Bareksa Umroh bisa jadi cara menabung biaya umroh efektif dan berpotensi memberikan imbal hasil dengan reksadana syariah

Bareksa.com - Tahun 2023 hampir berakhir, saatnya merencanakan untuk 2024. Buat calon jemaah umroh yang ingin pergi ke Tanah Suci, mungkin inilah saatnya memantapkan hati dan menyiapkan biaya umroh tahun depan.

Sebelumnya, kamu perlu tahu dulu berapa biaya umroh 2024 sebagai perkiraan dan agen travel mana yang akan kamu pilih. Pastikan agen wisata kamu sudah memiliki izin sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah dari Kementerian Agama RI.

Lantas, berapa biaya umroh 2024?

Menurut penelusuran Bareksa di beberapa travel agent, harga paket umroh 2024 per orang mulai dari Rp29,5 juta hingga Rp130 juta tergantung fasilitas, lama hari, penerbangan, hotel tempat menginap, hingga tambahan kota-kota lain yang disinggahi untuk wisata.

Sebagai contoh, paket umroh Program Alif 9 Hari by Khalifah Group dengan keberangkatan Februari 2024 harganya mulai dari Rp36,5 juta per orang dengan satu kamar untuk empat orang (quad). Lalu, penerbangan menggunakan Garuda Indonesia, dengan hotel setara bintang 5 di Makkah.

Di samping itu, ada juga Paket Umroh Alfa Series 9 hari dari Dream Tour dengan harga mulai dari Rp29,5 juta per orang untuk kamar quad. Penerbangannya menggunakan Saudi Airlines dengan hotel di Makkah juga setara bintang 5.

Tabel Perkiraan Harga Paket Umroh*

Travel Agent
Paket Umroh
Hari
Hotel
Penerbangan
Harga Paket Umroh/orang
Khalifah
Program Alif
9 hari
Makkah: Royal Dar Al-Eiman *5
Garuda
Rp36.500.000
Medinah: Taiba Front Hotel *4
Dream Tour
Alfa Series
9 hari
Makkah: Anjum Hotel *5
Saudi Airlines
Rp29.500.000
Medinah: Nozol Royal Inn *4

*Sumber: Khalifah dan Dream Tour, untuk keberangkatan Februari 2023

Dengan perkiraan harga segitu, maka biaya umroh 2024 untuk dua orang di tahun depan mulai Rp59 juta hingga Rp73 juta. Kemudian, biaya umroh 2024 untuk empat orang mulai dari Rp118 juta hingga Rp146 juta.

Sebagai catatan, harga tersebut masih bisa berubah tergantung kebijakan dari agen perjalanan. Kamu bisa memastikan rincian paket ketika melakukan pembelian paket perjalanan umroh di biro perjalanan yang kamu pilih.

Cara Menyiapkan Tabungan Umroh

Sudah punya niat umroh? Siapkan juga tabungannya agar kamu bisa berangkat dengan tenang tanpa memikirkan utang.

Salah satu cara yang efektif untuk mengumpulkan biaya umroh adalah dengan membuat Tabungan Umroh dengan reksadana syariah di Bareksa Umroh.

Bareksa Umroh adalah fitur untuk membuat rencana Tabungan Umroh dengan reksadana syariah di dalam super app Bareksa. Rencana Tabungan Umroh tidak mengikat pada pembelian paket, calon jemaah (investor) bisa fleksibel menentukan tabungan, target waktu hingga paket umroh yang akan dipilih ketika dana sudah terkumpul.

Tabungan Umroh di Bareksa Umroh disimpan dalam reksadana syariah, yaitu produk investasi resmi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Reksadana jenis ini dikelola sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah, dan masih terikat dengan batasan investasi yang ditetapkan oleh OJK.

Ada 6 keunggulan menyiapkan Tabungan Umroh dengan reksadana syariah di Bareksa Umroh:

1. Pasti Aman

Uang tabungan nasabah akan disimpan dalam reksadana syariah, sebagai instrumen investasinya. Tidak dipegang langsung oleh Bareksa maupun pihak travel atau agen penjual, melainkan disimpan di reksadana Bareksa yakni di bank kustodian.

2. Terpercaya

Bareksa bermitra dengan agen biro perjalanan (agen travel) yang sudah memiliki reputasi. Tiap mitra agen travel telah memiliki sertifikat untuk keberangkatan umroh yang diatur oleh Kementerian Agama.

3. Layanan Lengkap

Layanan Bareksa Umroh terpadu dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan tabungan di reksadana syariah, pembelian paket umroh, keberangkatan umroh, hingga perjalanan pulang ke tanah air.

4. Sesuai Syariah

Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.

5. Serba Online

Pendaftaran dilakukan 100% online, dengan hanya menggunakan e-KTP. Proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.

6. Fleksibel & Berpotensi Imbal Hasil

Top up tabungan tidak mengikat, kamu bebas top up kapanpun dan berapapun. Dengan reksadana syariah, tabunganmu berpotensi tumbuh dan meraih imbal hasil lebih besar dari tabungan bank atau deposito.

Buat Tabungan Umroh Sekarang

Nabung Umroh dengan Reksadana Syariah

Saat ini ada 8 produk reksadana pasar uang syariah di Bareksa Umroh yang bisa kamu pilih. Yakni Syailendra Sharia Money Market Fund, Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra, Sucorinvest Sharia Money Market Fund, Trimegah Kas Syariah, Bahana Likuid Syariah Kelas G, Trimegah Dana Tetap Syariah, I-Hajj Syariah Fund dan Capital Sharia Fixed Income

Kinerja reksadana ini cukup menarik dibandingkan dengan tabungan biasa di bank. Setahun terakhir (per 18/12/2023), di antara reksadana pasar uang syariah tersebut ada yang berhasil mencatatkan imbal hasil hingga 6,70%.

Tabel Produk Reksadana Syariah dan Imbal Hasilnya

Illustration

Sumber: Bareksa Umroh

Perlu juga diketahui, bahwa imbal hasil reksadana pasar uang syariah di Bareksa Umroh tidak terkena pajak, karena bukan merupakan objek pajak. Selain itu, besaran imbal hasil tersebut juga jauh lebih menarik dari deposito syariah atau tabungan perbankan biasa.

Simulasi Tabungan Umroh

Ketika membuka fitur Umroh di super app Bareksa, kamu bisa membuat simulasi mulai dari jumlah jemaah, target waktu pencapaian, dan target paket umroh yang ingin dibeli. Sesuai detail yang dipilih, akan muncul estimasi biaya, dengan asumsi kenaikan harga 3% per tahun. Dari simulasi itu, ada hitungan perkiraan nabung/dana yang perlu disiapkan per bulan.

Illustration

Untuk gambaran, misalnya kamu ingin menyiapkan biaya umroh untuk 1 orang dan target mengumpulkan semua biaya umroh pada Desember 2024. Perkiraan biaya umroh yang ingin dicapai adalah Umroh 9 Hari dari Khalifah Tour dengan harga paket umroh Rp35,9 juta per orang.

Dengan asumsi kenaikan harga sekitar 3% per tahun, estimasi biaya umroh pada Desember 2024 mencapai Rp36,99 juta. Maka, dengan target tersebut, kamu perlu menabung rutin sekitar Rp2.978.663 per bulan atau sekitar Rp100 ribu per hari selama 12 bulan.

Kalau kamu ingin pergi berdua, persiapan biaya umroh untuk dua orang mencapai Rp73,98 juta. Sehingga, untuk biaya umroh 2 orang kamu perlu menabung Rp5,96 juta per bulan, atau sekitar Rp200 ribu per hari selama 12 bulan.

Terakhir, kalau kamu punya rencana pergi berempat, maka biaya umroh 4 orang mencapai Rp147,9 juta. Makanya untuk biaya umroh 4 orang, kamu perlu menabung sekitar Rp11,9 juta per bulan atau sekitar Rp400 ribu per hari selama 12 bulan.

Nah, dengan cara tersebut, asal rutin dan disiplin untuk melakukan top up reksadana, insyaallah kamu bisa berangkat umroh ke Tanah Suci tahun depan.

Ayo menabung umroh di reksadana syariah di Bareksa Umroh dan wujudkan niat ke Tanah Suci!

Mulai Nabung Umroh dengan Reksadana Syariah

(hm)

***

Ingin berinvestasi reksadana syariah yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Buat tabungan umroh, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Tabungan umroh di Bareksa tidak mengikat pada pembelian paket dan keberangkatan umroh.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,62

Up0,74%
Up4,00%
Up0,02%
Up6,36%
Up19,84%
-

Capital Fixed Income Fund

1.760,38

Up0,56%
Up3,43%
Up0,02%
Up7,02%
Up18,00%
Up42,94%

STAR Stable Income Fund

1.911,44

Up0,52%
Up2,88%
Up0,02%
Up6,21%
Up31,34%
Up59,99%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.765,08

Up0,50%
Up3,61%
Up0,02%
Up5,37%
Up20,01%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,61

Up0,45%
Up2,06%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 0,64%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua