BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Cara Mudah Siapkan Modal Berangkat Umroh di Bulan Syawal dengan Reksadana Syariah

Hanum Kusuma Dewi26 April 2022
Tags:
Cara Mudah Siapkan Modal Berangkat Umroh di Bulan Syawal dengan Reksadana Syariah
Ilustrasi investor wanita karyawati tertawa bahagia usai memilih paket umroh di Bareksa Umroh. (Shutterstock)

Reksadana syariah halal dan bisa memberikan imbal hasil lebih daripada tabungan biasa, serta diawasi OJK

Bareksa.com - Bagi umat Muslim, bisa melaksanakan ibadah umroh terlebih di Bulan Syawal atau setelah Ramadan berakhir, tentu menjadi impian. Smart investor sudah memikirkan bagaimana cara mewujudkannya?

Smart investor yang berniat menjalankan ibadah umroh, bisa menyiapkan modalnya dengan mudah dengan reksadana syariah di Bareksa melalui fitur Bareksa Umroh. Selain halal dan berpeluang memberikan imbal hasil lebih tinggi dari menyimpannya di tabungan biasa, juga aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam platform Bareksa Umroh yang kini sudah terintegrasi dengan super app investasi Bareksa, smart investor bisa menyiapkan Tabungan Umroh menggunakan reksadana syariah. Target biaya umroh dalam Tabungan Umroh menggunakan acuan paket umroh dari mitra travel agent, tetapi tidak mengikat pada pembelian.

Promo Terbaru di Bareksa

Smart investor bisa menghitung dulu perkiraan Tabungan Umroh menggunakan simulasi. Setelah itu, mulai menabung dengan mengatur target dana, waktu Tabungan Umroh, hingga mengatur pengingat jadwal top up (tambah) reksadana syariah. Semuanya fleksibel sesuai dengan kebutuhan smart investor.

Saat ini, estimasi biaya umroh mulai dari Rp29,5 juta hingga Rp55 juta, tetapi harga ini tidak mengikat dan akan menyesuaikan dengan waktu keberangkatan.

Ayo segera rencanakan dan mulai nabung umroh di Bareksa Umroh. Wujudkan impian Anda ada dan beribadah di Tanah Suci.

Cara Siapkan Tabungan Umroh

Cara memulai Tabungan Umroh dengan reksadana syariah di Bareksa Umroh sangatlah mudah. Smart investor hanya perlu login ke dalam super app investasi Bareksa dan masuk ke menu Umroh.

Bareksa Umroh juga bisa diakses melalui menu Ramadan, yang hadir khusus selama bulan suci Ramadan 1443 H. Berikut cara membuat Tabungan Umroh di Bareksa Umroh.

1. Simulasikan Tabungan

Buat simulasi mulai dari jumlah jemaah, target waktu pencapaian, dan target paket umroh yang ingin dibeli. Sesuai detail yang dipilih, akan muncul estimasi biaya, dengan asumsi kenaikan harga 3% per tahun. Dari simulasi itu, ada hitungan perkiraan nabung/dana yang perlu disiapkan per bulan.

2. Buat Tabungan

Smart investor bisa langsung membuat tabungan dari simulasi yang baru dibuat, atau bisa menyimpan dulu. Dari sini Tabungan sudah dibuat, tetapi masih kosong. Makanya, smart investor bisa Mulai Nabung agar target Tabungan Umroh semakin dekat.

3. Pilih Reksadana

Akan tampil rekomendasi reksadana yang mencatat return (imbal hasil) tertinggi. Atau, smart investor bisa memilih reksadana lainnya. Kalau sudah klik Pilih dan lihat informasinya, klik Beli Reksadana.

Selesaikan pembelian reksadana hingga pembayaran selesai. Transaksi akan tercatat di Menu Transaksi dalam super app Bareksa.

4. Top Up Tabungan

Smart investor bisa menambah jumlah Tabungan Umroh kapan saja dan berapa saja. Semakin sering dan semakin besar nilai top up, semakin dekat dengan target dana Umroh kamu.

Bareksa Umroh sudah memberikan Pengingat Jadwal Nabung berupa notifikasi agar kamu top up reksadana syariah kamu sesuai dengan jadwal yang kamu buat sebelumnya.

5. Daftar Umroh Langsung

Kalau dana Tabungan Umroh sudah terkumpul, kamu bisa langsung mendaftar Umroh dengan dana Tabungan langsung dari aplikasi Bareksa.

6. Berangkat Umroh

Keberangkatan umroh smart investor akan dipandu oleh agen travel terpercaya dengan sertifikat dari Kementerian Agama.


Baca juga Cara Buat Tabungan Umroh di Super App Investasi Bareksa

Keunggulan Tabungan Umroh dengan Reksadana Syariah

Selain halal dan berpeluang memberikan imbal hasil lebih tinggi dari menyimpannya di tabungan biasa, juga aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di platform BareksaUmroh smart investor bisa memilih beragam paket umroh sesuai kebutuhan dan kemampuan. Smart investor juga bisa melakukan simulasi atas investasi yang ditanamkan.

Menyiapkan tabungan umroh di BareksaUmroh ada enam kelebihan :

1. Pasti Aman

Uang tabungan nasabah akan disimpan di reksadana syariah, sebagai instrumen investasinya. Tidak dipegang langsung oleh pihak travel atau agen penjual, melainkan disimpan di reksadana Bareksa.

2. Layanan Lengkap

Layanan BareksaUmroh terpadu dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan tabungan di reksadana syariah, pembelian paket umroh, keberangkatan umroh, hingga perjalanan pulang ke tanah air.

3. Serba Online

Pendaftaran dilakukan 100 persen online, dengan hanya menggunakan e-KTP. Proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.

4. Terpercaya

Bareksa bermitra dengan agen biro perjalanan (agen travel) yang sudah memiliki reputasi. Tiap mitra agen travel telah memiliki sertifikat untuk keberangkatan umroh yang diatur oleh Kementerian Agama.

Lihat juga Bedah Bahana Likuid Syariah Kelas G, Reksadana di Tabungan Umroh Bareksa

5. Sesuai Syariah

Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.

6. Fleksibel & Potensi Imbal Hasil

Top up tabungan tidak mengikat, smart investor bebas top up kapanpun dan berapapun. Dengan reksadana syariah, tabungan berpotensi tumbuh dan meraih imbal hasil lebih besar dari tabungan bank atau deposito.

Illustration


Sumber: Bareksa, kinerja per 25 April 2022

Investasi di reksadana syariah juga halal karena telah mendapatkan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Segera siapkan tabungan umroh di platform BareksaUmroh. Pilih produk yang sesuai dengan profil risiko.

Baca juga Buat Tabungan Reksadana Syariah di Bareksa Umroh, Raih Voucher hingga Rp1,1 Juta

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Investasi mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,83

Up0,43%
Up3,55%
Up0,02%
Up5,95%
Up19,11%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,51

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,20%
Up17,66%
Up42,85%

STAR Stable Income Fund

1.915,47

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,23%
Up30,99%
Up60,26%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.758,34

Down- 0,10%
Up3,14%
Up0,01%
Up4,70%
Up19,30%
Up47,85%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,12

Up0,08%
Up2,01%
Up0,02%
Up2,91%
Down- 1,48%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua