BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Begini Tahapan Investasi Reksadana Buat Investor Pemula

Abdul Malik30 Agustus 2021
Tags:
Begini Tahapan Investasi Reksadana Buat Investor Pemula
Ilustrasi perempuan investor yang meraih keuntungan dari hasil investasinya di reksadana dan SBN. (Shutterstock)

Seiring peningkatan literasi, investor boleh perlahan-lahan menaikkan porsi kepemilikan aset yang lebih berisiko

Bareksa.com - Anda investor pemula yang baru ingin berinvestasi di reksadana? Jika iya, ada baiknya mempertimbangkan saran dari Frederick Daniel Bili Tangalea, Head of Research STAR Asset Management berikut ini.

"Investor pemula kami sarankan untuk memulai berinvestasi di reksadana pasar uang, yang menawarkan return yang cukup baik dengan risiko yang relatif lebih rendah," kata Frederick Daniel Bili Tangalea kepada Bareksa, akhir pekan lalu.

Reksadana pasar uang adalah reksadana yang dana kelolaannya diinvestasikan seluruhnya di instrumen pasar uang, deposito berjangka atau obligasi yang diterbitkan dengan jangka waktu 1 tahun atau obligasi yang sisa jatuh temponya kurang dari 1 tahun.

Promo Terbaru di Bareksa

Umumnya, reksadana pasar uang memberikan potensi pengembalian investasi yang lebih tinggi dari deposito dan tabungan. Sementara dari sisi risiko, reksadana pasar uang disebutkan memiliki risiko yang paling rendah dibandingkan reksadana jenis lainnya, namun tentu saja ini dibarengi dengan potensi pengembalian investasi yang lebih rendah pula.

Makanya, reksadana ini dinilai sangat sesuai untuk investor pemula yang ingin berinvestasi di reksadana karena belum memiliki pengalaman dan pengetahuan investasi pasar modal dan yang baru saja beralih dari produk tabungan atau deposito.

Selain itu, Anda yang memiliki profil risiko konservatif atau yang memiliki tujuan investasi jangka pendek bisa melirik reksadana pasar uang.

Reksadana pasar uang juga dinilai sering dijadikan sebagai pilihan investasi oleh investor dengan profil risiko yang lebih tinggi. Tak lain sebagai diversifikasi portofolio investasi atau ketika pasar saham atau obligasi mengalami ketidakpastian.

Investasi Perlahan

Frederick mengatakan setelah investor pemula berinvestasi reksadana pasar uang, kemudian bisa ke reksadana jenis lainnya.

"Seiring peningkatan literasi atas produk produk pasar modal, investor boleh perlahan-lahan menaikkan porsi kepemilikan aset yang lebi berisiko. Mulai dari reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, ETF dan reksadana saham," ujarnya.

Reksadana ialah salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Reksadana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas.

Umumnya, reksadana diartikan sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

(Martina Priyanti/AM)

​***

​​​Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.313,93

Up0,21%
Up3,89%
Up0,02%
Up5,88%
Up18,64%
-

Capital Fixed Income Fund

1.765,78

Up0,56%
Up3,45%
Up0,02%
Up7,28%
Up17,13%
Up42,93%

STAR Stable Income Fund

1.916,73

Up0,53%
Up2,93%
Up0,02%
Up6,30%
Up30,61%
Up60,34%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.754,19

Down- 0,39%
Up3,83%
Up0,01%
Up4,45%
Up18,86%
Up47,37%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.036,49

Down- 0,15%
Up1,85%
Up0,01%
Up2,75%
Down- 2,19%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua