BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Tips Keuangan Cegah Quarter-Life Crisis

Hanum Kusuma Dewi07 Juni 2021
Tags:
Tips Keuangan Cegah Quarter-Life Crisis
Ilustrasi perbandingan kekayaan yang digambarkan dengan dua orang berdiri di atas tumpukan uang koin. Quarter-life crisis bisa terjadi bila kalangan muda tidak memiliki tujuan keuangan.

Jangan menggunakan standar orang lain sebagai acuan, tiap orang punya prioritas keuangan berbeda

Bareksa.com - Belakangan ini sedang ramai di media sosial, anak muda yang pamer kekayaan dan pencapaian pada usia 25 tahun. Keuangan dan benda material menjadi satu poin yang paling dibanggakan.

Kalau kamu adalah anak sultan yang memiliki hak istimewa, kamu tidak perlu bekerja keras demi mengumpulkan harta yang banyak. Namun untuk kamu yang baru mulai mengatur keuangan demi masa depan yang lebih baik, ini bukanlah akhir.

Meski belum punya mobil mewah atau gaji double digit, kamu tentu bisa mencegah terjadinya quarter-life crisis, alias krisis seperempat abad. Salah satu cara dari segi keuangan adalah mulai mengatur hidup dan mencapai kebebasan finansial, dengan mulai berinvestasi di masa muda ini.

Promo Terbaru di Bareksa

Tips keuangan untuk cegah quarter-life crisis

1. Tetapkan tujuan

Setiap orang punya tujuan dan prioritas berbeda dalam menggunakan uang. Tetapkan prioritas kamu dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Misal, jangka pendek dalam dua tahun lagi kamu mau lanjut kuliah S2. Kemudian, jangka menengah sekitar tiga sampai lima tahun lagi kamu mau menikah. Dalam jangka panjang, di atas 10 tahun, kamu mau siapkan dana pensiun agar tidak membebani anak-cucu nanti.

2. Jangan menggunakan standar orang lain sebagai acuan

Kamu lihat di sosial media ada influencer umur 25 tahun sudah punya mobil mewah. Lihat dulu latar belakangnya, karena dia bisa saja punya penghasilan besar atau mendapat warisan harta dan mampu menutupi gaya hidup itu.

Sementara kamu, yang baru punya gaji tetap, harus pandai mengaturnya. Misalnya, sisihkan sekitar 20 persen dari gaji bulanan untuk disimpan dalam investasi demi kebutuhan masa depan.

3. Riset

Nah, untuk investasi ini, kamu bisa mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada berbagai jenis investasi, mulai dari reksadana, saham, obligasi, emas, hingga mata uang kripto.

Pelajari satu per satu produk investasi ini. Kalau mau yang mudah, pilih reksadana karena dikelola oleh manajer investasi profesional dan modal awalnya terjangkau.

4. Mulai dari sekarang

Kamu mau segera punya kekayaan, makanya mulai atur keuangan dan investasi dari sekarang. Sudah ada investasi mudah tanpa ribet yang bisa diakses hanya dari smartphone kamu, yaitu menggunakan fitur Invest di aplikasi OVO.

Daftar akun reksadana di OVO | Invest sangat mudah, hanya dengan e-KTP dan tunggu verifikasi yang cepat. Setelah itu, kamu bisa mulai beli reksadana dengan modal dari Rp10.000 saja.

5. Konsisten

Semangat berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan diperlukan konsistensi. Misalnya kamu bisa menyisihkan Rp10.000 sehari, sebulan kamu bisa punya Rp300.000 untuk investasi reksadana. Dalam setahun, kamu punya Rp3,6 juta, loh.

Kalau kamu punya uang lebih, tentu bisa kamu simpan lebih banyak di reksadana yang punya potensi imbal hasil daripada hanya menabung biasa. Imbal hasil ini sudah bersih, karena tidak terkena potongan pajak dan biaya administrasi bulanan lagi.

Wah, ternyata mencapai kemerdekaan finansial tidak terlalu sulit dan kamu bisa menghindari yang namanya quarter-life crisis. Ayo mulai atur keuangan dan investasi dengan OVO | Invest sekarang juga.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,83

Up0,43%
Up3,55%
Up0,02%
Up5,95%
Up19,11%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,51

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,20%
Up17,66%
Up42,85%

STAR Stable Income Fund

1.915,47

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,23%
Up30,99%
Up60,26%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.758,34

Down- 0,10%
Up3,14%
Up0,01%
Up4,70%
Up19,30%
Up47,85%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,12

Up0,08%
Up2,01%
Up0,02%
Up2,91%
Down- 1,48%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua