BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Hemat Mulai Ramadan, Punya Jutaan Rupiah Kemudian

Hanum Kusuma Dewi04 Mei 2021
Tags:
Hemat Mulai Ramadan, Punya Jutaan Rupiah Kemudian
Ilustrasi investor menghitung dengan kalkulator uang lembaran rupiah Rp100.000 hasil penghematan untuk investasi reksadana. (shutterstock)

Investasi reksadana bisa melengkapi penghematan selama puasa ini

Bareksa.com - Kamu pasti sudah sering mendengar istilah "hemat pangkal kaya". Namun, apakah kamu sudah bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari?

Bulan puasa ini bisa jadi momen untuk memulai hemat agar kamu bisa mencapai tujuan keuangan kamu di masa depan. Alias, bisa jadi kaya. Bagaimana caranya?

Selama Ramadan, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk makan siang dan jajan. Selain itu, dalam situasi new normal seperti sekarang, kamu juga bisa mengurangi frekuensi berbuka bersama di luar.

Promo Terbaru di Bareksa

Seandainya saja, selama puasa ini kamu bisa menghemat Rp50.000 dari uang makan siang dan jajan di luar, maka dalam sebulan kamu bisa mengumpulkan Rp1,5 juta. Lalu, penghematan ini jangan berhenti di sini, lanjutkan di bulan-bulan berikutnya.

Nah, untuk melengkapi penghematan ini, kamu bisa menaruh uang di investasi reksadana yang lebih menguntungkan daripada menabung di tabungan biasa. Reksadana adalah produk investasi yang dikelola manajer investasi profesional dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Reksadana ini bisa dibeli secara online melalui fitur Invest di aplikasi OVO, dengan modal mulai Rp10.000. Fitur OVO | Invest merupakan kerja sama antara OVO dengan Bareksa sebagai Agen Penjual Efek Reksadana (APERD) yang menyediakan produk reksadana pasar uang Manulife OVO Bareksa Likuid (MOBLI).

Apa kelebihan reksadana pasar uang dibandingkan tabungan biasa? Ada potensi imbal hasil atau keuntungan dari pertumbuhan reksadana.

Menurut data historis per 29 April 2021, reksadana MOBLI memberikan imbal hasil 0,31 persen sebulan, atau sekitar 3,72 persen setahun. Imbal hasil tersebut sudah bersih karena tidak dipotong pajak dan biaya administrasi lagi.

Untuk mengetahui potensi hasil penghematan yang ditaruh di reksadana, kamu bisa menggunakan simulasi. Misalkan kamu bisa menghemat Rp1,5 juta sebulan untuk investasi reksadana. Lalu, bulan selanjutnya secara rutin kamu beli reksadana Rp1,5 juta selama setahun.

Grafik Simulasi Investasi Reksadana

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Tidak terasa, uang penghematan mencapai Rp18 juta setahun. Namun, karena ada potensi imbal hasilnya, uang kamu bisa tumbuh menjadi Rp18,32 juta. Uang hasil investasi ini bisa kamu gunakan untuk ganti handphone baru atau kebutuhan lain di masa depan.

Selain itu, kelebihan investasi melalui OVO | Invest adalah proses registrasinya mudah dan cepat. Lalu, dana investasi reksadana bisa dicairkan secara cepat ke OVO Cash, sehingga bisa digunakan untuk belanja dan pembayaran.

Ayo gunakan momen puasa Ramadan ini untuk hemat dan sabar mengatur keuangan. Dengan konsisten investasi, kamu juga bisa kaya di masa depan.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini

- Beli reksadana, klik tautan ini

- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store

- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore

- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.339,12

Up0,60%
Up3,78%
Up0,04%
Up4,68%
Up18,62%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,7

Up0,62%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,94%
Up16,60%
Up40,04%

I-Hajj Syariah Fund

4.874,07

Up0,65%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,14%
Up22,06%
Up40,69%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.048,25

Up0,58%
Up3,62%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra Tunai Likuid Syariah

1.147,14

Up0,32%
Up2,61%
Up0,03%
Up4,96%
Up14,27%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua