BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Bisakah Tetap Ikhlas Investasi Setelah Puasa Usai?

Hanum Kusuma Dewi10 Mei 2021
Tags:
Bisakah Tetap Ikhlas Investasi Setelah Puasa Usai?
Ilustrasi uang rupiah dalam dompet hasil penghematan di Bulan Puasa untuk investasi reksadana. (Shutterstock)

Investasi reksadana pasar uang di OVO | Invest bisa bantu kamu konsisten atur keuangan

Bareksa.com - Bulan Puasa sudah hampir usai. Setelah menahan nafsu hampir sebulan terakhir ini, kita akan segera menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Kebiasaan menahan nafsu ini, selayaknya tidak berhenti hanya hingga Lebaran. Kamu bisa terus melakukannya di bulan-bulan berikutnya dalam melakukan penghematan dan pengaturan keuangan.

Investasi di reksadana pasar uang, seperti yang sudah ada di fitur OVO | Invest, bisa menjadi solusi agar kamu konsisten mengatur keuanganmu.

Promo Terbaru di Bareksa

Bisakah kamu tetap ikhlas berhemat dan menyisihkan uang untuk tujuan keuanganmu? Ikuti tips sukses investasi berikut ini.

1. Tetapkan tujuan keuangan

Ibarat mau naik mobil, kita harus tahu tujuan atau tempat yang ingin kita tuju. Contoh tujuan investasi adalah liburan ke Bali, menyiapkan dana darurat, atau mengumpulkan dana pendidikan S2.

Kalau sudah tahu tujuannya, buat rinciannya lebih spesifik mulai dari nilai yang ingin dicapai dan kapan kamu akan melakukannya. Misal, bulan Juni tahun depan kamu mau liburan ke Bali dengan budget Rp10 juta.

2. Alokasikan di awal gajian

Kalau sudah tahu tujuan keuanganmu, kamu bisa menghitung uang bulanan yang perlu disisihkan untuk investasi. Uang ini sebaiknya dialokasikan di awal bulan, atau segera ketika menerima gajian, sebelum habis untuk memenuhi hasrat BM (banyak mau) kamu.

3. Konsisten

Investasi bisa sukses kalau kamu konsisten. Sebulan ini karena puasa, kamu bisa ikhlas menyisihkan uang untuk investasi, bulan depan tentu juga bisa. Teruskan setiap bulan sampai kamu memenuhi tujuan keuanganmu.

4. Pantau Investasi

Seiring berjalannya waktu, kamu juga perlu tahu bagaimana perkembangan nilai investasimu. Di fitur OVO | Invest, kamu bisa dengan mudah pantau nilai investasi kamu kapan saja, di mana saja.

Kalau masih jauh dari target, berarti kamu harus terus disiplin, atau kalau perlu menambah (top up) investasi kamu lebih besar. Kalau sudah dekat target, siap-siap untuk kamu cairkan.

5. Cairkan Saat Target Tercapai

Misalkan target kamu adalah Rp10 juta dan sudah tercapai, tentu saja kamu boleh mencairkan reksadana untuk tujuan keuangan kamu. Di OVO | Invest, pencairan reksadana bisa dilakukan secara cepat dan langsung masuk ke OVO Cash, sehingga bisa digunakan untuk memenuhi tujuan investasimu.

Itulah tadi lima tips sukses investasi reksadana setelah Lebaran. Ayo tetap ikhlas dan konsisten untuk mencapai apapun tujuan keuangan kamu.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.339,12

Up0,62%
Up3,63%
Up0,04%
Up4,66%
Up18,49%
-

Capital Fixed Income Fund

1.795,32

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,99%
Up16,47%
Up40,79%

I-Hajj Syariah Fund

4.878,6

Up0,60%
Up3,21%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,02%
Up40,70%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.049,17

Up0,55%
Up3,54%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra Tunai Likuid Syariah

1.147,46

Up0,29%
Up2,59%
Up0,03%
Up4,96%
Up14,21%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua