BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Raih Kebebasan Finansial dalam 5 Tahun, Ini Caranya

Hanum Kusuma Dewi05 Juli 2021
Tags:
Raih Kebebasan Finansial dalam 5 Tahun, Ini Caranya
Ilustrasi investor yang senang bahagia mencapai kebebasan finansial dengan cara investasi yang digambarkan dengan terbang ke awan sambil melihat laptop. (shutterstock)

Pilih platform investasi terpercaya seperti OVO | Invest untuk menyimpan uang kamu

Bareksa.com - Semua orang pasti ingin mencapai kebebasan finansial. Pertanyaannya, dengan keadaan keuangan saat ini, bisakah kamu mencapai hal itu? ​​

Tentu saja kamu juga bisa meraih kebebasan finansial. Satu caranya adalah dengan berinvestasi, yang lebih dari menabung biasa. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, cek tips sukses investasi untuk raih kebebasan finansial di masa depan nanti!

1. Tentukan tujuan

Promo Terbaru di Bareksa

Tujuan keuangan adalah target yang ingin kamu capai dalam jangka waktu tertentu. Target ini harus spesifik nilainya sehingga bisa kamu rencanakan cara meraihnya.

Misalnya, kamu ingin punya uang Rp100 juta dalam lima tahun ke depan.

2. Kenali profil risiko

Sebagai investor, profil risiko adalah hal yang wajib diketahui sebelum melakukan investasi karena menentukan seberapa besar tingkat risiko yang mampu kamu tanggung.

Semakin tinggi potensi imbal hasil investasi, risikonya juga semakin tinggi. Nah, untuk pemula, sebaiknya memilih investasi dengan risiko rendah seperti reksadana pasar uang.

3. Pilih investasi yang cocok

Kalau kamu pemula, reksadana pasar uang yang paling cocok. Sebab, risikonya rendah dan nilai investasi kamu cenderung stabil. Reksadana pasar uang berisikan aset deposito dan obligasi dengan jatuh tempo kurang dari setahun.

Bila kamu sudah mulai mahir, instrumen investasi lain dengan risiko lebih tinggi bisa dicoba. Contohnya, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, reksadana saham, hingga investasi saham langsung.

4. Pilih platform investasi terpercaya

Kalau sudah memahami investasi dan risikonya, kamu juga perlu memilih platform atau aplikasi yang terpercaya. Sekarang di aplikasi OVO sudah ada fitur Invest, yang merupakan kerja sama dengan Bareksa sebagai Agen Penjual Reksa Dana berlisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kamu bisa investasi reksadana di OVO | Invest mulai dari Rp10.000 dengan dua pilihan produk reksadana pasar uang. Ada Manulife OVO Bareksa Likuid (MOBLI) yang konvensional, dan terbaru ada Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid (SOBAT) yang syariah.

5. Disiplin rutin investasi

Hal paling penting dalam berinvestasi adalah disiplin. Bila kamu telah menentukan tujuan, kamu harus rutin untuk menyisihkan uang sesuai dengan perencanaan di awal.

Contoh, kamu punya target Rp100 juta dalam lima tahun dan asumsi imbal hasil reksadana pasar uang sekitar 4 persen per tahun. Maka, perkiraan investasi rutin per bulan yang perlu kamu lakukan sebesar Rp1,5 juta, atau sekitar Rp50.000 per hari.

Grafik Simulasi Investasi Reksadana

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Nah, kalau kamu bisa mengikuti tips-tips investasi di atas, yakinlah kamu bisa mencapai tujuan keuangan kamu. Yuk, semangat investasi mulai sekarang, untuk raih kebebasan finansial kamu!

DISCLAIMER

Simulasi menggunakan asumsi dari kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja masa depan. Investasi mengandung risiko, investor wajib membaca prospektus sebelum memutuskan investasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Up0,15%
Up3,81%
Up0,02%
Up5,82%
Up18,30%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,60%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,32%
Up17,24%
Up43,22%

STAR Stable Income Fund

1.917,73

Up0,56%
Up2,94%
Up0,02%
Up6,33%
Up30,71%
Up60,33%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,46%
Up3,74%
Up0,01%
Up4,38%
Up18,76%
Up47,23%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,22%
Up1,77%
Up0,01%
Up2,68%
Down- 2,15%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua