Berita / SBN / Artikel

FOMO Nggak Kebagian ST009? Ini Alasan Kuota Pemesanan Langsung Ludes Terjual

Karena kuota terbatas maka sebaiknya Kamu secepat mungkin memesan saat jam ditambahkannya kuota
Abdul Malik • 24 Nov 2022
cover

Ilustrasi investasi di Green Sukuk Ritel - Sukuk Tabungan (ST) seri ST009 dan reksadana dengan tema berkelanjutan atau ESG. (Image by Master1305 on Freepik)

Bareksa.com - Masa penawaran Green Sukuk Ritel - Sukuk Tabungan (ST) seri ST009 masih berlangsung hingga 30 November 2022 atau 6 hari lagi. Namun penambahan kuota pemesanan ST009 selalu ludes terjual. Sehingga tak jarang, Smart Investor tidak bisa melakukan pemesanan, akibat berebut kuota pemesanan dengan investor lain dari seluruh Indonesia. ​

Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan mengumumkan pada 21-25 November 2022, kuota nasional pemesanan ST009 ditambah Rp200 miliar masing-masing pada pukul 8:00 WIB dan pukul 14:00 WIB. Sementara itu, pada 26-28 November 2022, penambahan kuota pemesanan ST009 hanya dilakukan sekali setiap hari pada pukul 08:00 WIB senilai Rp100 miliar. 

ST009 punya tenor investasi 2 tahun dan tidak bisa diperdagangkan (non-tradable) di pasar sekunder. Namun ST009 memiliki fasilitas early redemption atau pelunasan investasi sebagian sebelum jatuh tempo, yang bisa dimanfaatkan Smart Investor jika ingin mencairkan sebagian dana investasinya.

Alasan Kuota Sukuk Tabungan ST009 Cepat Ludes

Smart Investor tidak perlu heran mengapa kuota pemesanan ST009 cepat sekali habis, sebab Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis syariah ini memang menarik. Satu faktor yang membuat instrumen investasi ini sangat menarik adalah keuntungan atau tingkat imbal hasil (kupon) yang ditawarkan. 

ST009 menawarkan imbal hasil 6,15% per tahun yang bersifat mengambang dengan batas minimal (floating with floor). Artinya, imbal hasil ST009 bisa naik, saat suku bunga acuan Bank Indonesia naik, namun tidak bisa turun lebih rendah dari batas minimal 6,15%. Imbal hasil ST009 dibayarkan rutin per bulan langsung ke rekening Smart Investor, sehingga bisa menjadi passive income

Dibandingkan suku bunga acuan Bank Indonesia, yakni BI 7 Days Reverse Repo Rate saat pembukaan penawaran di level 4,75%, maka selisih (spread) imbal hasilnya 1,4% atau 140 basis poin (bps). Setelah dipotong pajak, imbal hasil bersih ST009 senilai 5,535%.

Selisih imbal hasil 1,4% inilah yang bersifat tetap hingga jatuh tempo. Sehingga jika nantinya Kementerian Keuangan melakukan review atas imbal hasil ST009 yang biasanya dijadwalkan setiap bulan, dan saat itu bunga acuan BI sedang naik, maka imbal hasil ST009 berpotensi naik. Untuk diketahui, saat ini bunga acuan BI ada di level 5,25%.

Investasi ST009 sangat cocok bagi investor pemula maupun juragan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), karena aman 100% dijamin negara dan modal awal untuk membeli sukuk ini sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp1 juta (1 unit) dan maksimal Rp2 miliar (2.000 unit). 

Bagi kamu pejuang cuan dan para juragan, jangan sampai ketinggalan investasi di ST009Sebab tingginya minat investor terhadap instrumen investasi anti riba dan berwawasan pelestarian lingkungan ini berpotensi terus meningkat. Sehingga tidak menutup kemungkinan, kuota pemesanan habis dan Smart Investor ketinggalan untuk investasi. 

Baca juga Kemenkeu Umumkan Kupon ST009 6,15% per Tahun, Imbal Hasil Floating with Floor

Promo Investasi ST009

Biar makin semangat investasi, khusus investor level Freedom di Bareksa, ada promo spesial ST009 dengan hadiah cashback reksadana senilai 0,1% dari nilai pembelian dengan maksimal cashback Rp2 juta. Caranya, hanya cukup membeli ST009 senilai minimal Rp1 miliar dengan kode promo PLATST09. 

Syarat dan Ketentuan Promo ST009 Freedom 

1. Periode promo 11 - 30 November 2022
2. Pembelian berlaku untuk produk SBN seri ST009 dengan memasukkan kode promo PLATST09
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 8 Desember 2022 melalui RM dan email.
5. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
6. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
7. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
8. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Ayo pesan Sukuk Tabungan seri ST009 di Bareksa sekarang. Investasi sambil bantu negara, dan raih kesempatan dapat hadiah menarik

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.