BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Masa Penawaran ORI021 Dibuka, Pesan Sekarang di Bareksa

Bareksa24 Januari 2022
Tags:
Masa Penawaran ORI021 Dibuka, Pesan Sekarang di Bareksa
Banner ORI021 Pilihan Berharga untuk Semangat Baru Kementerian Keuangan

ORI021 menawarkan kupon tetap 4,9 persen per tahun yang dibayarkan secara bulanan

Bareksa.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia membuka masa penawaran Surat Berharga Negara Ritel (SBN Ritel) Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021 yang bisa dipesan secara online melalui mitra distribusi, termasuk Bareksa. SBN Ritel seri pertama 2022 ini bisa dibeli di Bareksa mulai 24 Januari hingga 17 Februari 2022 ini adalah

Baca juga DJPPR Kemenkeu: Realisasi Penerbitan SBN Ritel 2021 Rp97,2 Triliun, Ini Rencana 2022

Apa itu ORI?

ORI adalah satu jenis dari Surat Berharga Negara yang ditawarkan khusus untuk investor individual atau ritel. Selain untuk membiayai Anggaran Negara, tujuan diterbitkannya ORI adalah memberi kesempatan kepada investor individual untuk secara langsung memiliki dan memperdagangkan secara aktif dalam perdagangan Obligasi Negara.

Promo Terbaru di Bareksa

Keuntungan ORI berupa kupon atau imbal hasil yang besarannya tetap dan dibayarkan setiap bulan. Kupon ORI021 sebesar 4,90 persen per tahun, yang lebih menarik daripada deposito bank. Jenis kupon atau imbal hasil ORI021 adalah tetap (fixed rate). Artinya tidak akan naik atau turun hingga jatuh tempo 15 Februari 2025.

Pembayaran kupon pertama adalah 15 April 2022 (long coupon). Setelah pembayaran kupon pertama, ORI021 bisa diperdagangkan di pasar sekunder jadi investor tidak perlu tunggu jatuh tempo tiga tahun lagi.

ORI021 diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Investasi ini aman karena 100 persen dijamin oleh negara melalui Undang-Undang. ORI021 bersifat tradable atau bisa diperdagangkan di pasar sekunder sebelum jatuh tempo 3 tahun.

Bentuk ORI021 adalah tanpa warkat (scripless). Artinya, tidak ada bentuk fisiknya tetapi masyarakat investor yang memiliki ORI021 akan memegang bukti berupa Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) yang terdiri dari 16 digit gabungan antara angka dan huruf.

ORI021 ditawarkan selama masa penawaran 24 Januari hingga 17 Februari 2022. Jumlah pesanan dari masa penawaran itu akan ditetapkan pada 21 Februari 2022 dan setelmen (mulai perhitungan kupon) adalah pada 23 Februari 2022.

Baca juga ​ORI021 Segera Terbit, Ini Bedanya ORI dengan SBN Ritel Lainnya

Nilai minimum pemesanan Rp1 juta dengan kelipatan Rp1 juta hingga maksimum Rp2 miliar per orang selama penawaran ORI021.

Ringkasan Struktur ORI021


Penerbit

Pemerintah Republik Indonesia

Seri

ORI021

Masa Penawaran

24 Januari - 17 Februari 2022

Bentuk

Tanpa Warkat, dapat diperdagangkan

Tanggal Penetapan

21 Februari 2022

Setelmen

23 Februari 2022

Jatuh Tempo

15 Februari 2025 (3 tahun)

Nilai Nominal per Unit

Rp1 Juta

Minimum Pemesanan

Rp1 Juta

Maksimal Pemesanan

Rp2 Miliar

Kustodian

Sub Registry

Mitra Distribusi

Bank Umum, Perusahaan Efek, Perusahaan Efek Khusus (APERD Fintech), dan Perusahaan Fintech (Peer-to-Peer Lending)

Jenis Kupon

Fixed rate (tetap)

Tingkat Kupon

4,9 persen per tahun

Minimum Holding Period

1 kali pembayaran kupon (mulai dapat diperdagangkan

di pasar sekunder tanggal 15 April 2022)

Tanggal Kupon Pertama

15 April 2022

Tanggal Pembayaran Kupon

Setiap tanggal 15

Agen Pembayar Kupon dan Pokok

Bank Indonesia



Khusus untuk pembelian melalui Bareksa, ada promo menarik dengan hadiah senilai total Rp100 juta dengan memasukkan kode promo. Baca juga syarat ketentuan promo ORI021 dan promo transaksi SBN pertama berhadiah OVO Points.

Cara Daftar SBN Ritel Bareksa untuk Beli ORI021

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan ​ORI021 pada masa penawaran dibuka nanti.

Adapun investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang. Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Lengkapnya baca ​cara daftar ulang akun SBN Ritel di Bareksa.

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar bisa memesan ORI021 pada masa penawaran. Jangan ketinggalan karena kuota terbatas.

Baca juga ​Siap-siap ORI021 Akan Segera Terbit, Ini Cara Daftar SBN Ritel di Bareksa

Investasi SBN Sekarang

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.




Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua