BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Siap-siap ORI021 Akan Segera Terbit, Ini Cara Daftar SBN Ritel di Bareksa

Bareksa05 Januari 2022
Tags:
Siap-siap ORI021 Akan Segera Terbit, Ini Cara Daftar SBN Ritel di Bareksa
Ilustrasi investor wanita muda sedang melihat layar handphone untuk daftar akun SBN ritel di Bareksa. (shutterstock)

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data

Bareksa.com - Masyarakat investor punya pilihan investasi aman dijamin negara, yaitu melalui Surat Berharga Negara Ritel (SBN Ritel). SBN Ritel seri pertama yang rencananya akan ditawarkan dan bisa dibeli di Bareksa mulai Januari 2022 ini adalah Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021.

Baca juga DJPPR Kemenkeu: Realisasi Penerbitan SBN Ritel 2021 Rp97,2 Triliun, Ini Rencana 2022

Apa itu ORI?

ORI adalah satu jenis dari Surat Berharga Negara yang ditawarkan khusus untuk investor individual atau ritel. Selain untuk membiayai Anggaran Negara, tujuan diterbitkannya ORI adalah memberi kesempatan kepada investor individual untuk secara langsung memiliki dan memperdagangkan secara aktif dalam perdagangan Obligasi Negara.

Keuntungan ORI berupa kupon yang besarannya tetap dan dibayarkan setiap bulan. ORI dapat diperjualbelikan di pasar sekunder sehingga investor yang membeli ORI tidak harus memegangnya hingga jatuh tempo.

Promo Terbaru di Bareksa

Tertarik ingin investasi ORI021?

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan ​ORI021 pada masa penawaran dibuka nanti.

Adapun investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang. Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Lengkapnya baca ​cara daftar ulang akun SBN Ritel di Bareksa.

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar siap ketika nanti masa penawaran dibuka. Daftar jauh-jauh hari untuk menyediakan waktu proses verifikasi yang sekitar 2 x 24 jam.

Cara Daftar Akun SBN Ritel di Bareksa

1. Login

Login aplikasi Bareksa menggunakan email dan password terdaftar.

2. Pilih Investasi Lainnya SBN

Dari halaman utama (home), lihat bagian Investasi Lainnya dan klik SBN.

Illustration


3. Mulai Investasi SBN

Akan tampil deskripsi mengenai SBN. Investor bisa pilih Pelajari Dulu, atau bila sudah yakin bisa langsung klik Mulai Investasi SBN.

Illustration

4. Verifikasi/Tambah Rekening

Akan tampil data rekening investor. Investor bisa memilih rekening yang ada atau menambah rekening baru.

Illustration

5. Konfirmasi

Bila menambah rekening baru, pastikan nama pemilik rekening sama dengan nama pada e-KTP.

Illustration

​Setelah itu centang kesepakatan dan klik Konfirmasi.

Illustration

6. Tunggu verifikasi

Pembukaan akun SBN sedang diproses dan butuh waktu sekitar 2x24 jam. Investor akan mendapatkan notifikasi setelah proses selesai.

Illustration

***

Investasi Sekarang

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua