BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Ini Perbandingan Kupon ORI021 dengan Suku Bunga BI dan Deposito Bank

Bareksa24 Januari 2022
Tags:
Ini Perbandingan Kupon ORI021 dengan Suku Bunga BI dan Deposito Bank
Ilustrasi kupon imbal hasil SBN Ritel yang menarik daripada bunga bank yang digambarkan dalam lambang persentase. (shutterstock)

Selisih kupon ORI021 dengan rata-rata bunga deposito bank besar mencapai 2,52 persen

Bareksa.com - Masa penawaran Surat Berharga Negara (SBN) seri perdana di 2022 yakni jenis Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021 sudah dimulai. ORI021 bisa menjadi pilihan menarik di tengah ketidakpastian ekonomi, karena imbal hasil yang lebih tinggi daripada bunga bank, dan risikonya nyaris tidak ada.

Dalam sejarahnya, SBN Ritel selalu menawarkan imbal hasil lebih tinggi dari suku bunga acuan dan bunga deposito perbankan, dengan rata-rata selisih hingga 2. Selain itu, SBN Ritel juga aman, karena baik pokok maupun kuponnya 100 persen dijamin oleh negara.

Saat ini, suku bunga acuan sedang dalam tren rendah dan BI 7 Day Reverse Repo Rate berada di 3,5 persen. Kupon ORI021 ditawarkan sebesar 4,9 persen per tahun, kelihatan lebih rendah dibandingkan seri-seri sebelumnya. Namun, bila dibandingkan dengan suku bunga deposito perbankan tenor setahun, selisih (spread) kupon ORI021 paling tinggi yaitu 2,52 persen, sehingga lebih menarik di saat ini.

Promo Terbaru di Bareksa

Grafik Selisih Imbal Hasil ORI dengan Suku Bunga BI dan Deposito

Illustration


Illustration


Sumber: Kementerian Keuangan, Pusat Data Kontan, Bareksa

Sebagai catatan, bunga deposito 1 tahun merupakan rata-rata tingkat suku bunga deposito dari 4 bank besar di Indonesia yang memiliki modal inti minimal di atas Rp30 triliun (bank buku IV). Artinya, bank-bank besar ini termasuk golongan perbankan dengan struktur permodalan paling kuat.

Berikut ringkasan penerbitan ORI seri pertama di 2022, yakni ORI021 yang juga dijual di Bareksa.

Nama SBN

ORI021

Masa Penawaran

24 Jan - 17 Feb 2022

Kupon

4,90%

Jatuh Tempo

15 Februari 2025

Minimum Pemesanan

Rp 1 Juta

Maksimal Pemesanan

Rp 2 Miliar


Khusus untuk pembelian melalui Bareksa, ada promo menarik dengan hadiah senilai total Rp100 juta dengan memasukkan kode promo. Baca juga syarat ketentuan promo ORI021 dan promo transaksi SBN pertama berhadiah OVO Points.

Cara Daftar SBN Ritel Bareksa untuk Beli ORI021

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan ​ORI021 pada masa penawaran dibuka nanti.

Adapun investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang. Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Lengkapnya baca ​cara daftar ulang akun SBN Ritel di Bareksa.

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar bisa memesan ORI021 pada masa penawaran. Jangan ketinggalan karena kuota terbatas.

Baca juga ​Siap-siap ORI021 Akan Segera Terbit, Ini Cara Daftar SBN Ritel di Bareksa

Investasi Sekarang

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua