BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Cara Daftar SBN Online Bareksa, Investor Reksadana Hanya Cukup Lengkapi Rekening

Hanum Kusuma Dewi18 Januari 2023
Tags:
Cara Daftar SBN Online Bareksa, Investor Reksadana Hanya Cukup Lengkapi Rekening
Ilustrasi wanita investor SBN ritel yang mendaftar akun SBN online di Bareksa melalui handphone untuk berinvestasi di SBR012 dan seri SBN Ritel 2023. (Shutterstock)

SBN Ritel Online 2023 diawali dengan penawaran Savings Bond Ritel SBR012 dengan dua tipe yaitu SBR012-T2 dan SBR012-T4

Bareksa.com - Surat Berharga Negara (SBN) Ritel 2023 akan segera meluncur dengan Savings Bond Ritel SBR012 sebagai seri pembuka. Smart Investor yang berniat memiliki investasi aman dijamin negara ini perlu daftar SBN Ritel online atau reaktivasi akun SBN di Bareksa.

Penerbitan SBN ritel online di seri SBR012 kali ini istimewa, karena menawarkan dua kupon untuk dua jangka waktu (tenor) berbeda. Menurut pengumuman DJPPR Kemenkeu, kupon SBR012-T2 yang memiliki tenor 2 tahun sebesar 6,15% per tahun dan kupon SBR012-T4 dengan tenor 4 tahun sebesar 6,35% per tahun.

Baca juga Kemenkeu Umumkan Kupon Savings Bond Ritel seri SBR012-T2 dan SBR012-T4

Promo Terbaru di Bareksa

Seperti tahun-tahun sebelumnya, SBN Ritel untuk pasar perdana tersedia online di mitra distribusi yang telah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan RI, seperti Bareksa. Pasar perdana, atau penawaran langsung oleh pemerintah hanya selama masa penawaran saja.

Berdasarkan pengalaman pada penawaran seri-seri lalu, SBN ritel ini selalu laris manis dibeli oleh investor. Makanya, jangan sampai ketinggalan untuk punya investasi aman dijamin negara dan menguntungkan ini.

Apa itu SBN Ritel?

SBN ritel adalah Surat Berharga Negara yang ditawarkan pada masyarakat umum dan diterbitkan oleh pemerintah untuk pembiayaan APBN. SBN ritel merupakan investasi aman rendah risiko karena dijamin 100% oleh pemerintah.

Di samping itu, imbal hasil atau kupon SBN ritel biasanya menarik karena lebih tinggi daripada deposito bank. Masyarakat yang membeli SBN ritel tidak hanya dapat untuk dari imbal hasil, tetapi juga bisa berkontribusi dalam pembangunan karena dana penerbitan ini untuk membiayai pembangunan negara.

Setelah jatuh tempo atau masa berlakunya habis, modal atau uang investasi investor akan kembali 100% ke rekening investor. Namun, untuk jenis SBN ritel yang bisa diperdagangkan (tradable), bisa dijual di pasar sekunder tanpa harus tunggu jatuh tempo.

Penawaran SBN ritel secara online di Bareksa hanya tersedia pada masa penawaran saja. Makanya, Smart Investor yang ingin beli SBN ritel sebaiknya bersiap-siap mendaftar akun SBN di Bareksa segera, agar nanti bisa langsung membeli ketika masa penawaran buka.

Cara Daftar SBN Ritel Online di Bareksa untuk Investor Reksadana

1. Login

Login aplikasi Bareksa menggunakan email dan password terdaftar.

2. Pilih SBN di Super App

Dari halaman utama (home), lihat bagian Super App Lainnya dan klik SBN.

Illustration


3. Mulai Investasi SBN

Akan tampil deskripsi mengenai SBN. Investor bisa pilih Pelajari Dulu, atau bila sudah yakin bisa langsung klik Mulai Investasi SBN.

Illustration


4. Lengkapi Data/Tambah Rekening

Akan tampil data rekening investor. Investor bisa memilih rekening yang ada atau menambah rekening baru. Investor bisa memilih rekening bank yang bebas biaya transfer imbal hasil untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Bila menambah rekening baru, pastikan nama pemilik rekening sama dengan nama pada e-KTP. Lalu, klik Lanjutkan.

Illustration


5. Lengkapi Data

Lengkapi/update data pribadi mulai dari Pekerjaan hingga Alamat. Data sudah terisi otomatis dari basis data di Bareksa, investor hanya perlu memeriksa kembali.

Illustration


6. Upload KTP dan Tanda Tangan

Unggah (upload) e-KTP sesuai dengan petunjuk. Pastikan foto jelas dan tulisan terbaca. Lengkapi juga tanda tangan digital sesuai dengan yang tertera pada KTP. Setelah itu, centang kesepakatan dan klik Lanjutkan.

Illustration


7. Tunggu verifikasi

Pembukaan akun SBN sedang diproses dan butuh waktu sekitar 2x24 jam. Investor akan mendapatkan notifikasi setelah proses selesai.

Illustration


Kalau Smart Investor sudah punya akun reksadana, apakah masih perlu mendaftar untuk beli SBN ritel di Bareksa?

Ya. Investor reksadana perlu daftar akun SBN ritel di Bareksa, dengan cara melengkapi data. Sebab, Smart Investor perlu mendapatkan rekening sub-registry untuk SBN online.

Adapun Smart Investor hanya perlu melengkapi data berupa rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon. Proses ini membutuhkan 2x24 jam.

Kalau sudah pernah beli SBN, kenapa perlu reaktivasi akun SBN di Bareksa?

Bila investor sudah pernah membeli atau transaksi SBN online lebih dari 6 bulan lalu, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) akan melakukan penonaktifan akun secara otomatis. Supaya bisa kembali membeli SBN ritel di Bareksa, segera reaktivasi akun SBN di aplikasi Bareksa.

Proses ini sangat mudah, karena Smart Investor hanya perlu pencet tombol "Reaktivasi Akun Saya" di halaman SBN di super app Bareksa. Reaktivasi akun membutuhkan waktu 2-7 hari kerja.

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satumitra distribusi resmi SBN Ritel, platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. Penghargaan sebagai Midis TerbaikSurat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupunSurat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021, bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan :

  • Midis SUN Terbaik 2019

  • Midis SUN Terbaik 2020

  • Midis SUN Terbaik 2021

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022.

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi di SBN Ritel di 2023? Segera daftar akun SBN di Bareksa sekarang, agar saat masa penawaran dibuka, Kamu tak kehabisan kuota pemesanan.

Investasi di SBN Ritel di Midis Terbaik Bareksa, Klik di Sini

(hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua