Berita / SBN / Artikel

Digandrungi Masyarakat, Penjualan dan Jumlah Investor ORI019 Pecahkan Rekor

ORI019 merupakan seri SBN Ritel pertama yang diterbitkan di 2021 dengan kupon terendah sepanjang penerbitan SBN Ritel tradable
Abdul Malik • 22 Feb 2021
cover

Banner ORI019. (Sumber : DJPPR Kemenkeu)

Bareksa.com -  Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) atas nama Menteri Keuangan mengumumkan telah melaksanakan Penetapan Hasil Penjualan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI019 dengan total volume pemesanan pembelian ORI019 mencapai Rp26 triliun atau tepatnya Rp26.000.868.000.000.

"Dana hasil penjualan ORI019 tersebut akan dipergunakan untuk memenuhi sebagian kebutuhan pembiayaan APBN 2020, termasuk untuk program penanggulangan pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional," ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman dalam keterangannya (22/2/2021).

Menurut Luky, penerbitan ORI019 tersebut memecahkan rekor penerbitan SBN Ritel secara online, baik dari sisi nominal, jumlah total investor, maupun jumlah investor baru yang didominasi oleh generasi milenial. 

ORI019 merupakan seri Surat Berharga Negara (SBN) Ritel pertama yang diterbitkan di awal tahun dan diterbitkan dengan kupon terendah sepanjang penerbitan SBN Ritel tradable (bisa diperdagangkan). Walaupun tidak ada ORI yang jatuh tempo di awal tahun, animo masyarakat sangat tinggi untuk berinvestasi di ORI019.

Untuk memenuhi tingginya animo masyarakat tersebut, pemerintah melakukan penambahan kuota (upsize) selama masa penawaran ORI019. Antusiasme masyarakat juga terlihat dari keikutsertaan dalam kegiatan edukasi yang dilaksanakan terkait penawaran ORI019.

"Penjualan ORI kali ini didukung dengan campaign dan kegiatan edukasi ke masyarakat melalui berbagai kegiatan online dan optimalisasi media sosial untuk memberikan informasi tentang investasi di pasar keuangan, khususnya investasi di SBN Ritel," ungkap Luky.

Terdapat 48.731 investor yang berinvestasi ORI019, di mana 22.268 (45,7 persen dari jumlah total investor) merupakan investor baru. "Angka yang menggembirakan sebagai hasil dari upaya yang dilakukan terus menerus oleh pemerintah dan otoritas keuangan dalam memberikan edukasi investasi kepada masyarakat," kata Luky.

“Konsistensi pemerintah untuk menerbitkan SBN ritel secara reguler dilakukan sebagai bagian dari upaya pemenuhan target pembiayaan APBN tahun berjalan, serta memberikan alternatif investasi yang aman bagi masyarakat. Diharapkan, peningkatan kesadaran dan budaya berinvestasi masyarakat Indonesia, dalam jangka panjang, dapat turut mewujudkan kemandirian bangsa untuk pembiayaan pembangunan,” ujar Luky.

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemesanan ORI019 telah ditutup. Kini SBN Ritel seri selanjutnya akan segera diluncurkan, yakni SR014. SR014 adalah satu seri Surat Berharga Negara (SBN) Ritel yang bisa dipesan online di Bareksa selama masa penawaran.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SR014 saat penawaran dibuka.