BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

Telkom (TLKM) Gelontorkan Rp1,4 Triliun Bangun Pusat Data AI di Batam

Abdul Malik14 Juni 2024
Tags:
Telkom  (TLKM) Gelontorkan Rp1,4 Triliun Bangun Pusat Data AI di Batam
Logo PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM). (Shutterstock)

Pembangunan data center melalui cucu perusahaan TLKM yakni NeutraDC Nxera Batam

Bareksa.com - PT Telkom Indonesia (Persero) menyebutkan nilai investasi dalam pembangunan pusat data (data center) berbasis Artificial Intelligence (AI) di Kota Batam, Kepulauan Riau mencapai Rp1,4 triliun hingga 5 tahun mendatang. Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir di Batam, Kamis, mengatakan, kegiatan seremoni pemancangan tiang (piling) di lahan pembangunan data center AI yang terletak di kawasan industri, merupakan momen penting dalam upaya TelkomGroup untuk mendukung transformasi digital di Indonesia.

Ia menyampaikan pemancangan tiang ini menjadi langkah awal bagi TelkomGroup melalui cucu perusahaannya NeutraDC Nxera Batam, dalam membangun data center dengan infrastruktur yang juga berkomitmen pada pembangunan berkelanjutan dan penggunaan energi terbarukan (renewable energy). "Kami bangga melihat langkah maju ini. NeutraDC Nxera Batam akan menjadi penggerak dalam mengakselerasi inovasi teknologi di Indonesia, terutama dalam bidang AI," kata Honesti.

Dalam momen piling dan pembangunan data center dengan infrastruktur AI ini, NeutraDC Nxera Batam melakukan sejumlah kerja sama yang berkaitan dengan pengembangan talenta digital dan pengelolaan sumber daya alam. Kerja sama di bidang pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia dengan Politeknik Negeri Batam, untuk mencetak talenta digital dalam berkarya dan bekerja di industri data center.

Promo Terbaru di Bareksa

CEO NeutraDC Nxera Batam Indrama YM Purba mengatakan melalui kerja sama dengan Politeknik Negeri Batam, NeutraDC akan melaksanakan berbagai program untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia, seperti penyusunan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, memberikan pengalaman praktis yang berharga bagi para mahasiswa, memberikan informasi lowongan pekerjaan berikut rekrutmen karyawan, dan beberapa poin kerja sama lainnya yang berkaitan dengan peningkatan sumber daya alam di industri data center.

Beli Saham di Sini

(IQPlus/16532319/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.339,12

Up0,60%
Up3,78%
Up0,04%
Up4,68%
Up18,62%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,7

Up0,62%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,94%
Up16,60%
Up40,04%

I-Hajj Syariah Fund

4.874,07

Up0,65%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,14%
Up22,06%
Up40,69%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.048,25

Up0,58%
Up3,62%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra Tunai Likuid Syariah

1.147,14

Up0,32%
Up2,61%
Up0,03%
Up4,96%
Up14,27%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua