BeritaArrow iconReksadanaArrow iconArtikel

5 Top Reksadana Saham Juara Kelolaan Terbesar Maret 2024, Sucorinvest Equity Fund Naik Tertinggi

Martina Priyanti26 April 2024
Tags:
5 Top Reksadana Saham Juara Kelolaan Terbesar Maret 2024, Sucorinvest Equity Fund Naik Tertinggi
Ilustrasi grafik yang menggambarkan investasi di pasar modal reksadana saham obligasi yang naik turun seperti roller coaster. (Shutterstock)

Dana kelolaan reksadana saham secara industri pada Maret 2024 tercatat Rp99,3 triliun

Bareksa.com - Untuk kamu yang memiliki rencana investasi jangka panjang atau jika kamu termasuk tipe investor agresif, bisa mempertimbangkan reksadana saham. Berikut ulasan mengenai produk reksadana saham dengan kelolaan terbesar pada Maret 2024 yang bisa jadi bahan pertimbangan berinvestasi.

Dapun dana kelolaan reksadana saham pada Maret 2024 tercatat Rp99,3 triliun, minus 5,20% sepanjang tahun berjalan/YTD. Sementara unit penyertaan reksadana saham tercatat 73,9 miliar unit, minus 3,59% YTD.

Illustration

Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report March 2024

Promo Terbaru di Bareksa

Lebih lanjut bagi Kamu yang ingin memilih produk reksadana termasuk reksadana saham, selain mempertimbangkan reputasi manajer investasi, juga bisa memilih reksadana berdasarkan kinerja dan dana kelolaan. Dana kelolaan atau asset under management (AUM), bisa jadi satu indikator kepercayaan investor untuk menaruh dana dalam produk reksadana, meski tidak selalu mencerminkan kinerja reksadana.

Top 5 Reksadana Saham Terbesar

Menurut Laporan Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report March 2024, berikut daftar produk reksadana saham terbesar Maret 2024 yang mungkin bisa jadi pertimbangan. Posisi puncak daftar 20 top produk reksadana saham dengan dana kelolaan terbesar pada akhir bulan lalu atau Maret 2024, ditempati Schroder Dana Prestasi Plus dari Schroders Indonesia. Pada posisi kedua, diisi Sucorinvest Equity Fund dari Sucor AM.

Kemudian posisi ketiga dan keempat ditempati produk dari Ashmore Asset Management Indonesia yakni Ashmore Saham Sejahtera Nusantara dan Ashmore Dana Ekuitas Nusantara. Sementara posisi kelima terdapat HPAM Smart Beta Ekuitas dari Henan Putihrai Asset Management.

Lebih lanjut daftar top 20 produk reksadana saham dengan kelolaan terbesar pada Maret 2024, terdapat dalam tabel di bawah ini. Informasi dalam tabel menunjukkan nilai dana kelolaan dalam denominasi rupiah, meski ada sejumlah reksadana saham yang berinvestasi dalam denominasi dolar AS.

Daftar 20 Produk Reksadana Saham dengan Kelolaan Terbesar Maret 2024

Illustration

Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report March 2024

Reksadana Tumbuh Tertinggi


Adapun produk reksadana saham yang mencatat pertumbuhan kelolaan tertinggi pada Maret 2024, baik sepanjang tahun berjalan/YTD maupun sepanjang bulanan/MOM, adalah Sucorinvest Equity Fund yang kelolaannya naik masing-masing 18% dan 10%.

Selain Sucorinvest Equity Fund, produk reksadana saham yang juga tumbuh paling tinggi pada bulan lalu, antara lain Ashmore Saham Sejahtera Nusantara dan Ashmore Dana Ekuitas Nusantara, yang kelolaannya masing-masing naik 6% secara YTD.

Sementara secara bulanan/MOM, selain Sucorinvest Equity Fund antara lain ada Ashmore Saham Sejahtera Nusantara yang naik 2%. Sam Dana Cerdas dan Syailendra Dana Ekuitas Sejahtera, juga tercatat tumbuh tertinggi bulan lalu secara MOM yakni masing-masing naik 1%.

Reksadana Saham Adalah

Seperti dilansir dari laman resmi Schroders Indonesia, reksadana saham adalah reksadana yang berinvestasi minimum 80% di saham. Reksadana saham yang termasuk dalam reksadana terbuka ini merupakan reksadana yang memberikan potensi hasil investasi lebih tinggi dibandingkan ketiga jenis reksadana lainnya (reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran).

Dengan waktu bersamaan, potensi imbal hasil reksadana saham juga disertai dengan risiko yang lebih tinggi pula. Reksadana saham sesuai untuk investor yang memiliki profil risiko agresif untuk tujuan jangka panjang, lebih dari 5 tahun.

Racikan portofolio saham di dalam reksadana saham bisa bermacam-macam. Misalnya, reksadana saham big cap berinvestasi mayoritas di saham berkapitalisasi besar di bursa atau, reksadana saham small-mid cap berinvestasi mayoritas di saham-saham berkapitalisasi kecil-menengah di bursa.

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report March 2024. Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi [email protected] (cc: [email protected]).

Klik untuk Beli Reksadana Sekarang

(Reynaldi Gumay/Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.316,44

Up0,14%
Up3,25%
Up0,02%
Up5,57%
Up18,23%
-

Capital Fixed Income Fund

1.770,24

Up0,56%
Up3,37%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,20%
Up44,34%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.749,14

Down- 0,93%
Up3,17%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,21%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.037,94

Down- 0,06%
Up1,99%
Up0,02%
Up2,93%
Down- 2,23%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.035,17

Up0,48%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua