BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Lagi, Schroder Dana Prestasi Plus Jadi Reksadana Saham Kelolaan Terbesar April 2023

Hanum Kusuma Dewi19 Mei 2023
Tags:
Lagi, Schroder Dana Prestasi Plus Jadi Reksadana Saham Kelolaan Terbesar April 2023
Ilustrasi investor wanita sedang mengecek portofolio investasi reksadana saham surat berharga negara melalui AKSes KSEI dan super app Bareksa. (Shutterstock)

Schroder Dana Prestasi Plus yang tersedia di super app Bareksa memiliki dana kelolaan sebesar Rp7,3 triliun

Bareksa.com - Untuk kamu yang sedang mencari produk investasi jangka panjang dan atau termasuk tipe investor agresif dapat mempertimbangkan reksadana saham. Ulasan berikut mengenai produk reksadana saham dengan kelolaan terbesar pada April 2023, yang bisa jadi bahan pertimbangan berinvestasi.

Ada baiknya saat memilih produk reksadana termasuk reksadana saham, selain mempertimbangkan reputasi manajer investasi, Kamu dapat juga bisa memilih reksadana berdasarkan kinerja dan dana kelolaan. Dana kelolaan atau asset under management (AUM), bisa jadi satu indikator kepercayaan investor untuk menaruh dana dalam produk reksadana, meski tidak selalu mencerminkan kinerja reksadana.

Top 5 Reksadana Saham Terbesar

Berikut daftar top produk reksadana saham terbesar menurut Laporan Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report April 2023.

Promo Terbaru di Bareksa

Posisi puncak daftar 20 top produk reksadana saham dengan dana kelolaan terbesar pada akhir bulan lalu masih ditempati Schroder Dana Prestasi Plus dari Schroders Indonesia. Selanjutnya ada Manulife Dana Saham Kelas A dari Manulife Aset Manajemen Indonesia, yang juga tercatat bertahan mengisi posisi kedua.

Sementara posisi ketiga ada Batavia Dana Saham dari Batavia Prosperindo Aset Manajemen. Selanjutnya, Sucorinvest Equity Fund bertengger di posisi keempat, yang berhasil naik satu peringkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Sedangkan Ashmore Dana Ekuitas Nusantara dari Ashmore Asset Management Indonesia jadi mengisi posisi kelima.

Lebih lanjut daftar top 20 produk reksadana saham dengan kelolaan terbesar pada April 2023, terdapat dalam tabel di bawah ini. Informasi dalam tabel menunjukkan nilai dana kelolaan dalam denominasi rupiah, meski ada sejumlah reksadana saham yang berinvestasi dalam denominasi dolar Amerika.

Daftar 20 Produk Reksadana Saham dengan Kelolaan Terbesar April 2023

Illustration

​Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report April 2023

Investasi Reksadana Sekarang, Klik di Sini​


Reksadana Tumbuh Tertinggi

Sementara itu produk reksadana saham yang mencatatkan pertumbuhan kelolaan tertinggi pada bulan lalu secara sepanjang tahun berjalan/YTD, adalah BNP Paribas Greater China Equity Syariah USD Kelas RK 1. Kelolaannya naik 45% secara YTD. Reksadana yang dikelola oleh BNP Paribas Asset Management ini menempati posisi ke-12.

Sedangkan secara bulanan/MOM, produk reksadana saham yang tumbuh paling tinggi yakni 3% ada Ashmore Saham Sejahtera Nusantara, Sam Dana Cerdas, dan Syailendra Dana Ekuitas Sejahtera.

Sementara itu, dari daftar 20 reksadana saham terbesar secara dana kelolaan, sejumlah produk tersedia di marketplace reksadana Bareksa, antara lain:

  • Schroder Dana Prestasi Plus
  • Batavia Dana Saham
  • Schroder Dana Prestasi
  • Manulife Dana Saham Kelas A
  • Manulife Saham Andalan
  • Sucorinvest Equity Fund
  • Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS
  • Reksa Dana Syariah BNP Paribas Cakra Syariah USD Kelas RK1
  • Schroder Global Sharia Equity Fund

​Pilih Reksadana​, Klik Di Sini

Reksadana Saham Adalah

Sesuai dengan namanya, reksadana saham adalah reksadana yang mayoritas berinvestasi di saham. Seperti dilansir dari laman resmi Schroders Indonesia, reksadana saham wajib berinvestasi minimum 80% di saham.

Reksadana saham termasuk dalam reksadana terbuka ini merupakan reksadana yang memberikan potensi hasil investasi lebih tinggi namun juga disertai dengan risiko yang lebih tinggi pula. Reksadana saham sesuai untuk investor yang memiliki profil risiko agresif untuk tujuan jangka panjang, lebih dari 5 tahun.

Reksadana saham merupakan cara lain untuk berinvestasi di saham secara tidak langsung. Jadi, dengan jumlah dana yang terjangkau investor bisa berinvestasi di saham dan tidak perlu repot-repot menganalisa dan memonitor saham yang dibeli.

Racikan portofolio saham di dalam reksadana saham bisa bermacam-macam. Misalnya, reksadana saham big cap maka berinvestasi mayoritas di saham berkapitalisasi besar di bursa atau, reksadana saham small-mid cap yakni berinvestasi mayoritas di saham-saham berkapitalisasi kecil-menengah di bursa.

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report April 2023. Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi [email protected] (cc: [email protected]).

​Klik untuk Beli Reksadana Sekarang​


(Reynaldi Gumay/Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua