Apa Arti Merdeka Kini? Raih Financial Freedom dengan Investasi Reksadana

Setiap orang memiliki kebutuhan berbeda terkait nilai uang yang ingin dicapai
Hanum Kusuma Dewi • 16 Aug 2022
cover

Ilustrasi wanita sedang bersemangat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia sembari mencapai financial freedom dengan cara investasi reksadana. (Shutterstock)

Bareksa.com - Hari Rabu, 17 Agustus 2022, bangsa Indonesia akan merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-77. Kemerdekaan pada masa kini tentu berbeda dari kondisi pada 77 tahun yang lalu, ketika para pahlawan berjuang melawan penjajah. Kemerdekaan saat ini bisa berarti banyak hal, termasuk kemerdekaan finansial atau bebas finansial (financial freedom) terlebih di masa tua atau masa pensiun.

Kemerdekaan atau kebebasan finansial adalah suatu keadaan di mana kita memiliki tabungan atau saving cukup banyak dan relatif aman, serta hasilnya dapat mencukupi setiap kebutuhan hidup dengan gaya hidup yang diinginkan. Kondisi financial freedom memperlihatkan bahwa uanglah yang bekerja untuk kita dan sering dinamakan juga sebagai pendapatan pasif (passive income).

Saving dapat kita lakukan dengan berbagai cara, di antaranya dengan berinvestasi melalui reksadana, saham, properti dan lain sebagainya. Pakar keuangan asal Amerika, Robert T. Kiyosaki, menyatakan kemerdekaan finansial bukanlah kita menjadi kaya dan bukan pula memiliki harta berlimpah. Melainkan suatu kondisi di mana kita benar-benar bebas menjadi diri sendiri dan benar-benar bebas menjalankan hal-hal yang disukai.

Tips Investasi untuk Capai Freedom

Tidak mudah untuk meraih kemerdekaan finansial. Namun demikian bukan berarti sulit dan tidak mungkin diwujudkan. Dengan perencanaan investasi, kedisiplinan, serta pemilihan instrumen investasi yang tepat, kita bisa mencapai target keuangan yang kita inginkan.

Salah satu instrumen investasi yang bisa dipilih adalah reksadana. Selain aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), reksadana juga berpotensi memberikan imbal hasil optimal, bukan merupakan objek pajak, serta sangat berpeluang bisa mengalahkan angka inflasi. Pemilihan jenis reksadana juga sangat disarankan agar disesuaikan dengan profil risiko investor.

Adapun reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut, nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka. Sebagaimana dikutip dari Bursa Efek Indonesia (BEI), reksadana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan terbatas.

Di sisi lain, reksadana memberikan imbal hasil (return) dari pertumbuhan nilai aset-aset yang ada di dalam portofolionya. Imbal hasil ini potensinya lebih tinggi dibandingkan dengan deposito atau tabungan bank.

Baca juga Apakah Cara Capai Financial Freedom Cukup dengan Menabung? Investasi Dong

Pilih Reksadana Terbaik Sesuai Profil Risiko

Jenis reksadana yang dipilih, bisa disesuaikan dengan karakter, yakni apakah investor termasuk seorang yang high-risk taker, medium-risk taker, atau low-risk taker. Jika investor kurang berani untuk mengambil risiko rugi, bisa memilih reksadana pasar uang.

Sementara jika investor cukup berani tapi masih jaga-jaga untuk tidak terlalu rugi, bisa coba fixed income fund (reksadana pendapatan tetap) atau balanced fund (reksadana campuran). Jika investor cukup berani ambil risiko, bisa berinvestasi di reksadana saham (equity fund) atau reksadana indeks (index fund). 

Perlu juga diketahui bahwa selain aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), reksadana juga berpotensi memberikan imbal hasil optimal, bukan objek pajak, serta sangat berpeluang bisa mengalahkan angka inflasi. Makanya, jenis reksadana apa yang dipilih sangat disarankan agar disesuaikan dengan profil risiko investor. Hal tersebut juga terkait soal target keuangan setiap orang yang bisa berbeda-beda.

Nilai uang yang dianggap sudah mencukupi tentu berbeda-beda bagi setiap orang karena kondisi dan kebutuhan orang berbeda-beda pula. Jadi, bagaimana memilih reksadana terbaik? Pilihlah reksadana yang cocok berdasarkan profil risiko dan tujuan keuangan. 

Tujuan investasi atau tujuan keuangan bisa berupa sebuah benda, biaya untuk aktivitas atau sederhana hanya sejumlah target nominal saja misalnya Rp1 miliar. Dalam super app Bareksa, tersedia solusi untuk membantu investor memantau seberapa jauh target investasi sudah tercapai, yaitu dengan fitur Loyalty. Dalam fitur Loyalty, investor bisa melihat progress atau kemajuan dari portofolio. 

Baca juga Ada Berapa Level Investasi di Fitur Loyalty Bareksa? Ini Tips Capai Freedom

Investasi Reksadana Dapat Hadiah

Salah satu kunci sukses berinvestasi adalah konsisten untuk rutin menambah modal hingga mencapai target keuangan. Hal ini tentu berlaku juga dalam investasi reksadana

Agar Smart Investor makin semangat menambah investasi reksadana, Bareksa mengadakan Promo Top Investment berhadiah iPad Air 4, Laptop Xiaomi Redmi Book 15, Smart TV Realme 43 inch, voucher reksadana senilai Rp500.000, Rp250.000 dan Rp50.000. 

Mau pilih hadiah yang mana? Catat dulu kode promo dan minimal pembelian reksadana di Bareksa berikut ini. 

Hadiah 1 iPad Air 4

  • Minimal pembelian Rp100 juta
  • Kode promo: TOPAIRAGS22

Hadiah 1 Laptop Xiaomi Redmi Book 15

  • Minimal pembelian Rp50 juta
  • Kode promo: TOPLAPAGS22

Hadiah 1 Smart TV Realme 43 inch

  • Minimal pembelian Rp25 juta
  • Kode promo: TOPTVAGS22

Hadiah 5 Voucher Reksadana @ Rp500.000

  • Minimal pembelian Rp10 juta
  • Kode promo: TOPAGS500

Hadiah 20 Voucher Reksadana @ Rp250.000

  • Minimal pembelian Rp2 juta
  • Kode promo: TOPAGS250

Hadiah 30  Voucher Reksadana @ Rp50.000

  • Minimal pembelian Rp1 juta
  • Kode promo: TOPAGS50

Kalau sudah catat kode promonya, simak juga syarat dan ketentuannya berikut ini. 

Syarat dan Ketentuan Promo Top Investment Agustus 2022

  1. Periode promo berlaku dari tanggal 10 - 24 Agustus 2022. 
  2. Promo berlaku untuk pembelian produk reksadana jenis apa saja dengan metode pembayaran apa saja dan memasukkan kode promo yang dipilih 
  3. Dana tidak boleh dicairkan hingga 24 Desember 2022. 
  4. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa. 
  5. Investor dengan nominal pembelian terbesar berhak mendapatkan hadiah.
  6. Hadiah promo akan diberikan sesuai dengan level yang tercatat saat ini.  
  7. Pengumuman pemenang pada tanggal 19 Januari 2023 melalui media sosial Bareksa dan email kepada para pemenang tersebut.  
  8. Hadiah atas promo ini tidak dapat diuangkan dan dipindahtangankan. 
  9. Keputusan Bareksa menentukan pemenang atas promo ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. 
  10. Seluruh pajak hadiah atas promo ini akan ditanggung Bareksa. 
  11. Bareksa memiliki hak untuk dapat membatalkan pemenang atas hadiah dari promo ini jika pemenang terbukti melakukan kecurangan, pelanggaran terhadap hukum sehubungan dengan keikutsertaannya dalam promo ini atau tidak dapat dihubungi.

Ayo makin semangat top up investasi reksadana untuk raih kebebasan finansial sembari dapat hadiah!

(Martina Priyanti/hm)

* * * 

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.