Ada Berapa Level Investasi di Fitur Loyalty Bareksa? Ini Tips Capai Freedom

Fitur Loyalty di Bareksa bantu pantau kemajuan investasi dan tawarkan promo menarik
Hanum Kusuma Dewi • 10 Aug 2022
cover

Fitur Loyalty di Bareksa dapat menjadi milestones untuk mencapai financial freedom

Bareksa.com - Salah satu langkah penting sebelum memulai investasi adalah menentukan tujuan investasi. Tujuan investasi atau tujuan keuangan bisa berupa sebuah benda, biaya untuk aktivitas atau sederhana hanya sejumlah target nominal saja misalnya Rp1 miliar. 

Solusi untuk membantu investor memantau seberapa jauh target investasi sudah tercapai, Bareksa meluncurkan fitur Loyalty. Dalam fitur Loyalty, investor bisa melihat progress dari portofolio. 

Saat ini ada lima level investasi Bareksa yang bisa dilihat dalam fitur Loyalty, yaitu dari yang paling awal Rookie, kemudian Secure, Wealthy, Rich dan tertinggi adalah Freedom. Semakin tinggi level dicapai, semakin banyak benefit yang didapat oleh smart investor Bareksa. 

Berikut rincian level dan nominal dana yang perlu dimiliki. 

Tabel Rincian Level Investasi di Bareksa

Level

Saldo

Rookie

< Rp5 juta

Secure

Rp5 juta – < Rp25 juta

Wealthy 

Rp25 juta – < Rp100 juta

Rich

Rp100 juta – Rp250 juta

Freedom

> Rp250 juta

Sumber: Bareksa

Total investasi yang tampil merupakan agregat dari semua produk yang ada di Bareksa, seperti reksadana, emas, dan SBN, termasuk juga fitur Bareksa Umroh dan Robo Advisor Bareksa. 

Dalam fitur Loyalty, Smart Investor tidak hanya melihat pencapaian tetapi juga berkesempatan menikmati berbagai reward menarik sesuai dengan jumlah dana yang diinvestasikan melalui Bareksa. 

Sebagai contoh, Smart Investor yang berada di level Rookie berkesempatan mendapat voucher reksadana, OVO Points hingga voucher Grab senilai sampai dengan Rp100.000 dalam program promo Bareksa (syarat ketentuan berlaku, sesuai promo yang tersedia saat transaksi pembelian reksadana). 

Manfaat dan hadiah yang mungkin didapat oleh Smart Investor di level Freedom tentu lebih banyak dan lebih besar lagi. Selain voucher promo dengan nominal lebih tinggi, smart investor di level tertinggi ini bisa mendapatkan voucher merchant, undangan webinar eksklusif, riset Bareksa Insight mingguan, pendampingan Relationship Manager berpengalaman, hadiah ulang tahun, hingga undangan event eksklusif. 

Tips Investasi untuk Financial Freedom

1. Tentukan Tujuan Keuangan

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Smart Investor perlu tahu tujuan keuangan secara spesifik. Misalnya, membeli mobil merek apa dengan harga berapa. Target keuangan bisa direpresentasikan dengan nominal uang. 

Setelah menentukan target keuangan tersebut, investor bisa memperkirakan jangka waktunya sesuai dengan kemampuan. Misalnya, Smart Investor bisa menyisihkan sekitar 10% dari penghasilan bulanan untuk investasi. 

2. Kenali Profil Risiko

Lalu, profil risiko juga penting untuk memberikan kenyamanan bagi investor agar bisa menentukan instrumen yang cocok. 

Profil risiko rendah (konservatif) biasanya suka instrumen yang stabil dan tidak berfluktuasi. Investor jenis ini tidak ingin kehilangan modalnya. 

Profil risiko moderat bisa menerima sedikit fluktuasi untuk mengambil potensi hasil yang lebih tinggi.

Sedangkan profil risiko agresif sudah bisa menerima fluktuasi atau risiko tinggi untuk mendapatkan potensi hasil yang sangat tinggi. Investor agresif bisa menoleransi nilai investasi yang turun demi hasil yang maksimal. 

3. Pilih Instrumen Investasi

Kalau sudah tahu profil risiko, investor bisa menentukan instrumen investasi yang cocok atau sesuai dengan tujuan investasinya. Profil risiko rendah cocok dengan reksadana pasar uang yang stabil atau Surat Berharga Negara (SBN) yang dijamin negara. 

Profil risiko moderat bisa berinvestasi di reksadana pendapatan tetap hingga reksadana campuran

Profil risiko tinggi dapat memilih reksadana saham atau reksadana indeks saham untuk menuai potensi hasil yang tinggi. 

4. Konsisten

Bila sudah menemukan instrumen investasi yang cocok, misalnya reksadana, Smart Investor bisa mulai menjalankan rencana investasi untuk mencapai tujuan keuangan. Rencana saja tidak bisa berjalan kalau tidak dilakukan, makanya diperlukan konsistensi atau kedisiplinan untuk melakukan investasi. 

5. Evaluasi

Evaluasi diperlukan untuk melihat bagaimana kemajuan (progress) dari proses investasi. Investor perlu melihat hasil investasi secara berkala, misal enam bulan sekali hingga sebulan sekali. Tidak perlu membuka portofolio setiap hari karena akan membuat deg-degan, terutama untuk investasi jangka panjang dengan instrumen risiko tinggi. 

Nah, itu tadi beberapa tips investasi agar sukses mencapai target keuangan atau hingga meraih financial freedom. Asalkan rutin dan terukur, tujuan keuangan pasti bisa tercapai. 

Biar Smart Investor semangat top up investasi reksadana, Bareksa mengadakan Promo Loyalty dengan grand prize sebuah iPhone 11 dan lima batang emas logam mulia ukuran 1 gram. Selain itu, ada juga voucher reksadana senilai Rp50.000, Rp250.000, Rp500.000 hingga Rp1 juta. Baca syarat dan kode promo Loyalty di sini ya. 

Baca juga Semangat Tambah Investasi untuk Capai Freedom, Raih Reksadana hingga iPhone

Ayo tingkatkan terus investasimu dan raih freedom bersama Bareksa!

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.