BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Cerita Kartini Zaman Now di Industri Reksadana Versi CEO STAR AM Reita Farianti

Hanum Kusuma Dewi21 April 2022
Tags:
Cerita Kartini Zaman Now di Industri Reksadana Versi CEO STAR AM Reita Farianti
Reita Farianti, Direktur Utama STAR AM

Perempuan juga telah membuktikan kecakapannya dalam memimpin perusahaan manajemen investasi

Bareksa.com - "Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri."​​

Demikian salah satu perkataan dari RA.Kartini, yang dijadikan penyemangat sekaligus dipegang teguh oleh Reita Farianti, Presiden Direktur STAR Asset Management. Berikut seutas cerita perjalanan Reita di bidang manajer investasi dalam industri reksadana nasional, yang diangkat Bareksa dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Ia menceritakan saat pertama kali berkecimpung di dunia pasar modal, tidak hanya edukasi terkait produk-produk investasi saja yang masih minim tapi paradigma that it’s a man’s world masih sangat kental.

Promo Terbaru di Bareksa

"Tapi kembali ke quote tersebut dengan tekad yang kuat, tentunya dengan rasa keingintahuan yang tinggi akhirnya saya dapat membuktikan bahwa saya layak menempati level top management di perusahaan-perusahaan ternama di pasar modal," kata Reita.

Ia menyampaikan menjadi seorang ibu dan memilih berkarier tentunya memiliki tantangan yang luar biasa, terutama dalam hal membagi waktu antara keluarga, karier dan pekerjaan. Namun, ia melanjutkan tentu dirinya tidak semata-mata melepaskan peran sebagai istri dan ibu yang juga menjadi prioritas dalam hidupnya.

Menurutnya manajemen waktu yang baik tentu menjadi kunci work-life balance dalam kehidupannya. "Menjalin komunikasi yang baik juga merupakan salah satu kunci terjaganya hubungan yang sehat dan suportif dalam keluarga," lanjut Reita.

Baca juga Cara Jadi Kartini Zaman Now yang Mandiri Finansial dan Melek Investasi


Banyak Perempuan di Pasar Modal

Reita mengatakan tidak sedikit perempuan yang telah membuktikan kesuksesannya dalam berkarir di pasar modal. Untuk di industri ​reksadana sendiri hal ini dapat dilihat dari banyaknya perusahaan manajer investasi yang dipimpin oleh perempuan.

"Dengan pertumbuhan bisnis dan peningkatan dana kelolaan, para pemimpin perempuan ini juga telah membuktikan kecakapannya dalam memimpin perusahaan tersebut," katanya.

Ia menceritakan bahwa dirinya sendiri memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun di industri perbankan dan pasar modal. "Alhamdulillah saya juga sudah beberapa kali dipercaya untuk memegang jabatan orang nomor satu di beberapa perusahaan Manajer Investasi ternama yaitu PT BNI Asset Management, PT CIMB-Principal Asset Management yang Namanya sekarang sudah berganti menjadi PT Principal Asset Management dan sekarang di PT STAR Asset Management," papar Reita.

Reita meyakini setiap perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk berkarir di industri manapun termasuk pasar modal. "Dengan pengetahuan, integritas yang tinggi, komitmen dan working attitude yang baik, perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk sukses di manapun mereka berkarya," ujar Reita.

Baca juga Daftar Reksadana Saham & Reksadana Saham Syariah Terbaik Maret dan Kuartal I 2022

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua