BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Kisah Kartini Masa Kini di Bidang Investasi versi CEO Star AM Reita Farianti

Abdul Malik22 April 2021
Tags:
Kisah Kartini Masa Kini di Bidang Investasi versi CEO Star AM Reita Farianti
Reita Farianti, Presiden Direktur STAR Asset Management (Dok pribadi)

Perempuan sebagai penopang keuangan keluarga adalah bentuk perjuangan Kartini masa kini

Bareksa.com - Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April, sejatinya merupakan perayaan kesetaraan peran antara perempuan dan laki-laki. Peran perempuan kian menonjol termasuk di sektor keuangan dan investasi.

Berikut seutas cerita mengenai bagaimana kiprah Kartini masa kini di bidang manajemen investasi di Tanah Air dan pentingnya perempuan berinvestasi menurut Reita Farianti, CEO PT Surya Timur Alam Raya (STAR) Asset Management.

Reita yang juga meruapakan CEO PT BNI Asset Management (Juni 2014-Juli 2020) ini menyampaikan peran perempuan di bidang investasi sangat inspiratif dan luar biasa.

Promo Terbaru di Bareksa

"Kita dituntut untuk memiliki kemampuan analisa makro, mikro dan begerak dinamis mengikuti perkembangan market global maupun domestik," kata Reita kepada Bareksa (21/4/2021).

Menurut Reita, kemahiran mengelola investasi di pasar modal tidak hanya membutuhkan bakat (talent), ketrampilan (skill), dan keahlian (expertise), tetapi juga harus diimbangi pemahaman menyeluruh atas regulasi yang mengikat, sense bisnis yang tepat, dan pengetahuan tentang manajemen risiko sebagai payungnya.

"Ditambah kemampuan untuk berinovasi dalam menyediakan variasi produk investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi investor sendiri," lanjutnya.

Karena itu, butuh pemahaman komprehensif sehingga mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan investor. Ia menyampaikan di industri yang ditekuninya saat ini justru banyak sekali pemimpin yang dominan adalah pria.

"Kehadiran saya sebagai perempuan harus mampu head to head dengan mereka (dari segi competitiveness) namun juga harus mampu saling mendukung (side by side) dalam komunitas profesionalisme yang sama, sharing skill dan pengalaman karena pendidikan background yang berbeda-beda ini, begitu juga pengalaman ini akan saling memperkaya," paparnya.

Selain itu, ia menyampaikan dirinya sebagai salah satu orang yang berperan dalam mengambil keputusan di intitusi sebagai pemimpin harus menunjukkan sisi kepemimpinan, mengharuskan juga untuk mampu menjadi teladan bagi karyawan.

"Tentunya semua itu demi tujuan yang ingin dicapai bersama," imbuhnya.

Perempuan Mampu Mandiri Finansial

"Akhir kata saran saya agar perempuan itu mampu mandiri dalam finansial, tetap teladani panutan masing-masing yang menurut kita adalah perempuan hebat, baik dan sumber inspirasi," kata Reita.

Last but not least, ia mengatakan, segera tentukan pilihan berinvestasi Anda wahai perempuan-perempuan hebat Indonesia.

"Karena semakin lama kita menunda keputusan berinvestasi, maka semakin kita menunda kemandirian finansial kita," kata Reita.

Hal itu akan sangat disayangkan. "Financial support kita bagi keluarga tercinta adalah bentuk perjuangan Kartini masa kini," ucap Reita.

(Martina Priyanti/AM)

​***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

DISCLAIMER​
Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua