Cara Jadi Kartini Zaman Now yang Mandiri Finansial dan Melek Investasi

Sebaiknya setiap perempuan dapat menjadi backup bagi keamanan keuangan keluarganya saat kepala keluarga tertimpa musibah
Abdul Malik • 20 Apr 2022
cover

Ilustrasi peringatan Hari Kartini pada 21 April. Perayaan Hari Kartini di masa kini bisa dilakukan dengan cara semakin melek investasi, agar para perempuan Indonesia semakin mandiri secara finansial. (Shutterstock)

Bareksa.com - Pada Kamis 21 April, diperingati sebagai Hari Kartini. Salah satu wujud Kartini yang bisa dilakukan oleh setiap perempuan masa kini atau zaman now adalah dengan mandiri secara finansial.

Setiap orang termasuk kaum perempuan, punya kesempatan untuk bisa membuat dirimu mandiri secara finansial. Langkah awalnya, bisa dimulai dengan memiliki penghasilan sendiri, baik penghasilan aktif yang didapat dari bekerja alias gaji, dan sekaligus penghasilan pasif yakni dapat penghasilan berupa cuan dari investasi.

Menjadi perempuan yang mandiri secara finansial, tentu banyak manfaatnya. Salah satunya dapat menjadi backup bagi keamanan keuangan keluarganya, terlebih saat kepala keluarga yang selama ini bekerja mencari sumber utama penghasilan keluarga tertimpa musibah.

Perempuan adalah seorang menteri keuangan dalam rumah tangganya. Karena itu, ada baiknya segera melakukan investasi. Agar bisa membantu menjamin kondisi keuangan keluarga di masa depan.

Berinvestasi zaman now pun bukan sesuatu yang susah, bahkan semakin mudah. Investasi zaman sekarang semua bisa dilakukan secara online, hanya menggunakan telepon seluler yang tersambung internet. Dengan begitu, seorang ibu rumah tangga bisa berinvestasi sekaligus merawat anak-anaknya. 

Selain itu, saat ini sudah ada beragam produk investasi yang ditawarkan dengan harga atau nilai minimum sangat terjangkau, bahkan mulai Rp10.000. Sehingga tidak ada lagi alasan bahwa investasi itu mahal dan susah, karena sekarang semua sudah serba mudah dan murah.

Kira-kira apa saja investasi yang mudah dan murah yang bisa dilakukan oleh seluruh Kartini di Indonesia agar bisa mandiri finansial?

Berikut tiga pilihan khas Bareksa yang bisa dilakukan oleh setiap perempuan untuk menjadi Kartini Kekinian :

1. Reksadana

Reksadana dikelola oleh manajer investasi/MI berpengalaman dan mengelola dananya secara profesional. Tersedia ratusan produk reksadana di Bareksa, dengan beragam jenis reksadana antara lain reksadana pasar uangreksadana pendapatan tetapreksadana sahamreksadana campuran, dan reksadana indeks.

Investasi reksadana juga fleksibel karena investor bisa mencairkan dananya kapan saja. Tidak harus menunggu hingga jangka waktu tertentu untuk dapat mencairkan dana tersebut. Reksadana online praktis karena semua serba dilakukan secara online, bisa kapan saja dan di mana saja.

Kelebihan lainnya adalah nilai minimum investasi di reksadana sangat terjangkau, bisa mulai Rp10.000. Paling penting, reksadana diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga independen negara yang mengawasi seluruh kegiatan di dalam sektor keuangan.

2. Surat Berharga Negara (SBN) Ritel

SBN Ritel merupakan produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan kepada individu atau investor ritel. Keuntungan investasi di SBN Ritel antara lain 100 persen aman karena dijamin negara dan Undang-Undang, meraih cuan sekaligus berkontribusi menyediakan pembiayaan pembangunan negara, dan mudah serta praktis karena semua dilakukan secara online.

Berikut jadwal SBN Ritel yang juga bisa dibeli di Bareksa.

3. Emas Batangan

Melalui fitur Bareksa Emas, Bareksa menyediakan investasi emas fisik dengan fasilitas titipan. Bareksa Emas bekerja sama dengan mitra yang memiliki lisensi dari OJK sebagai perusahaan gadai yang dapat menjalankan usaha penitipan emas, yakni Indogold dan Pegadaian.

Investasi emas di Bareksa sangat terjangkau bisa mulai Rp50.000 atau ukuran 0,1 gram saja. Pendaftaran Bareksa Emas cukup dilakukan secara online, setelah itu investor bisa melakukan transaksi beli dan jual emas online.

Jadi,  reksadanaemas batangan atau SBN Ritel, instrumen investasi apa saja yang dipilih untuk diberikan untuk jadi seorang perempuan yang mandiri secara finansial sekaligus Kartini Kekinian? Pastikan setiap instrumen investasi yang dipilih sesuai dengan profil risiko ya.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​

Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana. 
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.