Investasi Emas Online Harus Ada Fisik Logam Mulianya, Begini Aturannya

Tabungan emas di Bareksa merupakan layanan beli dan titip emas yang memudahkan investasi emas fisik secara aman, mudah, murah, dan terpercaya
Abdul Malik • 15 Sep 2022
cover

Ilustrasi emas digital

Bareksa.com - Apakah investasi emas secara online atau digital, dapat wujud emas fisiknya? Jawabannya iya, investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya.

Buat Smart Investor yang ingin menyentuh kepingan emas murni dengan kadar 99,99 persen, dapat melakukan pembelian melalui investasi emas secara digital. Misalnya melalui fitur Bareksa Emas di Bareksa. Cukup buka aplikasi Bareksa di ponsel yang berbasis iOS atau Android, Anda tidak perlu lagi repot-repot ke toko emas.

Jadi emas fisik khususnya berupa logam mulia atau emas batangan, tersedia di Bareksa. Dalam layanan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan mitra yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga Badan pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Hingga hari ini, Bareksa menjalin kolaborasi dengan Indogold dan Pegadaian, dalam penyediaan layanan Tabungan Emas Bareksa.

Aturan Bappepti

Kepastian adanya emas fisik dalam transaksi emas digital diatur oleh Bappebti, yang mengatur soal matching di Pedagang Fisik Emas Digital, antara lain :

Pertama, pedagang fisik emas digital wajib menempatkan sejumlah emas pada Pengelola Tempat Penyimpanan sebanyak 10.000 gram atau 10 kilogram di mana 75% berupa emas fisik, sedangkan 25% setara kas.

Kedua, Pengelola Tempat Penyimpan menginformasikan LKB bahwa terdapat sejumlah emas atas nama Pedagang Fisik Emas Digital; LKB mencatat volume emas yang dititipkan oleh Pedagang Fisik Emas Digital.

Ketiga, LKB menyampaikan informasi kepada Pedagang Fisik Emas Digital bahwa jumlah fisik emas yang disimpan pada Pengelola Tempat Penyimpanan telah dapat dijual.

Keempat, pelanggan telah mulai dapat bertransaksi jual beli emas digital di pedagang fisik emas digital.

Kelima, dana transaksi jual beli dari pelanggan langsung masuk ke rekening terpisah atas nama pedagang fisik emas digital yang dikuasai oleh LKB; Sekaligus juga LKB menjalankan fungsi sebagai DvP (delivery versus payment); LKB melakukan pencatatan perpindahan transaksi jual beli emas.

Keenam, pedagang fisik emas digital melaporkan transaksi jual beli kepada Bursa Berjangka dan sekaligus Bursa Berjangka melakukan pengawasan atas pelaksanaan transaksi tersebut.

Ketujuh, apabila emas market maker yang disimpan di tempat penyimpanan karena adanya transaksi berkurang sebanyak 2,5 kilogram, maka kewajiban market maker untuk menambah emas yang disimpan dalam tempat penyimpanan sebanyak 2,5 kilogram, sehingga menjadi kembali seperti semula yakni 10.000 gram atau 10 kilogram emas.

Kedelapan, Bursa Berjangka, Pengelola Tempat Penyimpan dan Lembaga Kliring Berjangka saling berkoordinasi dalam pelaksanaan transaksi jual beli emas.

Kesembilan, dalam hal pelanggan ingin mendapatkan fisik emas, maka pelanggan dapat memberitahukan kepada pedagang fisik emas digital, selanjutnya pedagang fisik emas digital menyampaikan kepada LKB. LKB akan melakukan verifikasi kepemilikan emas dan kemudian menerbitkan perintah pengeluaran emas dari pengelola tempat penyimpanan kepada pelanggan yang pengirimannya melalui jasa pengiriman yang telah bekerja sama dengan pengelola tempat penyimpanan dan LKB.

Kesepuluh, tempat penyimpanan emas wajib berada di wilayah RI.

Kesebelas, emas yang disimpan dilarang berasal dari pinjaman pihak ketiga.

Keduabelas, Pengelola Tempat Penyimpanan bertanggungjawab atas Emas yang disimpan pada tempat penyimpanan.

Sumber : Bappepti

Kenapa Beli Emas Fisik di Bareksa?

Dengan berinvestasi emas di Bareksa Emaskita tidak hanya berinvestasi emas secara online, melainkan juga ada fisiknya. Sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan, kita bisa mencetaknya menjadi emas batangan atau biasa disebut logam mulia.

Lantas apa saja keunggulan membeli emas fisik di Bareksa EmasBareksa Emas merupakan fitur transaksi jual beli emas fisik secara online dengan fasilitas penitipan yang terdapat pada aplikasi Bareksa. Ada enam keunggulan membeli emas di Bareksa, yakni :

1. Praktis, 100 persen online

Mulai dari pendaftaran, transaksi jual dan beli, hingga tarik fisik emas bisa kamu lakukan tanpa harus keluar rumah.

2. Mulai dari Rp50.000

Bebas cemas memulai investasi dengan harga yang sangat terjangkau. Minimum pembelian emas di Bareksa hanya Rp50.000.

3. Pergerakan harga stabil

Smart investor tak perlu memantau setiap saat, sebab harga emas cenderung naik secara stabil dari tahun ke tahun. Investasi emas juga bisa menjadi pelindung aset kita (hedging) dari gerusan inflasi.

4. Pelengkap aset investasi

Daftar akun Bareksa sekali, sudah bisa beli emas, reksadana dan Surat Berharga Negara (SBN) dalam satu aplikasi. Dengan begitu, Smart Investor bisa meminimalisir risiko investasi dengan diversifikasi aset investasi.

5. Tempat penyimpanan aman

Kesulitan menyimpan emas fisik? Takut hilang disimpan di lemari? Bareksa Emas menyimpan emasmu di mitra emas yaitu PT Pegadaian (Persero) dan PT Indogold Solusi Gadai

6. Terdaftar dan diawasi OJK

Tabungan emas smart investor di Bareksa Emas disimpan di tempat penyimpanan emas Indogold & Pegadaian yang sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-50/NB.1/2018.

(Martina Priyanti/AM)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.