Tujuh Keuntungan Investasi Emas Secara Online

Anda tidak harus keluar rumah, atau sembari traveling dan berlibur bisa membeli emas secara online
Abdul Malik • 14 Apr 2022
cover

Ilustrasi investasi emas batangan logam mulia di dalam laci brankas penyimpanan untuk transaksi jual beli emas online dengan fasilitas titipan.

Bareksa.com - Emas telah lama dipercaya banyak investor di seluruh dunia, menjadi salah satu instrumen investasi yang relatif aman namun juga sekaligus menguntungkan. Seiring perkembangan teknologi dan guna menangkap potensi minat investor, berinvestasi emas juga dapat dilakukan secara online.

Untuk membeli emas khususnya yang berupa emas batangan atau kerap disebut logam mulia, kini investor tidak harus datang ke pusat penjualan untuk bertemu tatap muka dengan sang penjual. 

Apa saja sebenarnya kelebihan investasi emas secara online? Melansir sejumlah sumber, berikut kelebihan berinvestasi emas secara online :

1. Beli emas bisa dari mana saja

Kelebihan pertama investasi emas secara online yakni dapat melakukan transaksi di mana saja. Kini, Anda tidak harus keluar rumah dan atau meninggalkan tempat traveling, untuk membeli emas.

Berinvestasi emas dapat dilakukan di mana saja baik saat Anda hanya berdiam di dalam rumah maupun saat sedang bekerja, atau sambil traveling. Proses membeli emas menjadi mudah karena Anda bisa melakukannya lewat aplikasi.

2. Penjualan emas lebih mudah

Kelebihan berikutnya yakni jika Anda ingin menjual emas. Baik ketika membutuhkan uang ataupun jika ingin meraih keuntungan saat harga emas sedang naik tinggi, Anda bisa dengan cepat Anda menjual emas. Cukup buka aplikasi,  kemudian cairkan atau jual emas Anda.

Seperti halnya transaksi pembelian secara online, Anda juga bisa menjual emas kapan dan di mana saja.

3. Investasi emas bisa dengan nominal kecil

Kini Anda tidak perlu harus menunggu memiliki uang atau modal banyak untuk bisa investasi emas. Investasi emas secara online melalui fitur Bareksa Emas di Bareksa misalnya, bisa dimulai hanya dengan Rp50.000.

4. Tempat penyimpanan emas aman

Ingin investasi emas tapi kesulitan untuk menyimpan emas fisik dan atau takut hilang dicuri dari dalam lemari? Tenang, kekhawatiran itu tidak ada jika Anda berinvestasi emas secara online.

Anda tidak butuh tempat penyimpanan khusus, seperti di brankas atau lemari rumah. Investasi emas via aplikasi menyediakan tempat penyimpanan. 

Misalnya, investasi emas di Bareksa Emas, maka emas Anda disimpan di Mitra Emas Bareksa yaitu PT Pegadaian (Persero) dan PT Indogold Solusi Gadai.

5. Pantau harga emas lebih mudah

Fitur investasi emas secara online menyediakan informasi tentang harga beli maupun jual (buyback) setiap saat.

6. Pelengkap aset investasi

Sejak lama emas diyakini dapat menjadi alat lindung nilai sekaligus kebal dari inflasi. Dengan berinvestasi emas secara online, juga memudahkan Anda untuk melakukan diversifikasi investasi untuk meminimalkan risiko berinvestasi, kapan dan dari mana saja.

7. Terdaftar dan diawasi otoritas

Jika Anda ingin berinvestasi emas secara online, pastikan lebih dahulu mengenai legalitas perizinannya. Salah satu layanan investasi emas secara online yang sudah terdaftar sekaligus diawasi OJK adalah Tabungan Emas dalam fitur Bareksa Emas di Bareksa.

Tabungan emas Anda disimpan di tempat penyimpanan emas Indogold & Pegadaian yang sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-50/NB.1/2018.

Bareksa Emas

Jika tidak ingin repot membeli emas di toko, kamu bisa memanfaatkan fitur jual beli emas online yang kini sudah tersedia di BareksaEmas, yang bisa diakses melalui aplikasi Bareksa yang tersedia untuk ponsel (handset) berbasis iOS dan Android.

Di BareksaEmas, Bareksa telah bermitra dengan pedagang emas online yang menyediakan fasilitas titipan atau gadai, yaitu Pegadaian dan Indogold. Mitra pengelola emas ini sudah mendapat izin OJK sebagai salah satu usaha pergadaian (untuk penitipan emas).

Selain itu, emas yang diperjualbelikan Bareksa melalui fitur Bareksa Emas adalah logam mulia dengan kadar 99,99 persen yang diproduksi oleh ANTAM dan UBS. Emas batangan produksi ANTAM dan UBS sudah sering dijadikan alat investasi sehingga tidak perlu diragukan lagi keasliannya.

Sebagai tambahan informasi, BareksaEmas hadir bagi investor yang sudah terdaftar di Bareksa yang bisa membeli emas mulai dari ukuran 0,1 gram atau mulai dari Rp50.000 saja. Beli emas di Bareksa Emas juga berkesempatan meraih hadiah reksadana senilai hingga Rp400.000

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.