BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Begini 5 Kelebihan vs 5 Kelemahan dalam Investasi Emas

Abdul Malik05 Oktober 2022
Tags:
Begini 5 Kelebihan vs 5 Kelemahan dalam Investasi Emas
Ilustrasi emas digital

Sebaiknya ingat selalu bahwa investasi emas tidak cocok bagi investor yang ingin mencari keuntungan dalam jangka waktu singkat

Bareksa.com - Emas telah lama dikenal sebagai salah satu instrumen investasi yang menguntungkan, terutama untuk jangka panjang. Meski memiliki dua harga yakni harga beli dan harga jual, nilai emas yang tidak pernah menjadi nol, menjadi bagian dari daya tariknya.

Salah satu manfaat emas adalah sebagai hedging atau alat lindung nilai. Meski begitu, seperti halnya instrumen investasi lainnya, ada juga kekurangan dalam berinvestasi emas.

Melansir laman Sahabat Pegadaian, berikut 5 kelebihan dan 5 kekurangan dalam investasi emas :

Promo Terbaru di Bareksa

5 Kelebihan Investasi Emas

1. Harga Emas Cenderung Naik

ika kita lihat berdasarkan investasi jangka panjang, harga emas cenderung positif dan terus mengalami kenaikan diatas rata-rata inflasi. Maka, secara otomatis membuat nilai uang yang kita investasikan di emas tidak berkurang nilainya.

2. Nilai Emas Paling Tahan Terhadap Resesi

Kita ambil sebagai contoh perbandingan pada saat pandemi tahun 2020, nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merosot tajam hingga mencapai 26,43% (dikutip dari laman cnnindonesia.com), berbeda dengan nilai emas di tahun yang sama justru cenderung naik.

3. Emas Mudah Diuangkan

Dibandingkan jenis investasi properti yang relatif lama dalam proses menjualnya, emas bisa dibilang sangat mudah diuangkan jika kita berada dalam kondisi memiliki kebutuhan pendanaan yang cepat.

4. Bisa Dengan Modal Kecil

Terdapat 2 jenis investasi emas saat ini, antara lain ;

a. Emas Fisik

Jika kita memulai berinvestasi emas fisik, bisa dimulai hanya dengan variasi denominasi beragam, mulai dari 0.5 gram atau sekitar Rp500.000. Namun perlu diingat semakin kecil denominasinya, harga dasarnya juga semakin mahal ya. Ini mengingat pabrik memiliki ongkos produksi yang sama untuk biaya pengemasan.

b. Emas Digital

Bentuk lain dari emas fisik adalah emas digital. Layanan emas digital bahkan menyediakan investasi emas mulai dari Rp50.000 saja.

5. Tidak Ada Biaya Perawatan (Maintenance Fee)

Selain dari pajak PPH 22 yang dikenakan saat pembelian emas, selebihnya investasi emas tidak memiliki biaya perawatan maupun biaya-biaya lainnya.

5 Kelemahan Investasi Emas

1. Nilai Spread Yang Tinggi

Ini adalah kekurangan investasi emas yang paling menonjol jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Seperti contoh, jika investasi emas kita berbentuk fisik maka per gram dari nilai spread-nya adalah rata-rata sekitar 11%, berbeda dengan investasi saham yang memiliki nilai spread rata-rata tidak sampai 1% tergantung dari platform yang kita gunakan.

2. Risiko Kehilangan

Jika kita berinvestasi emas fisik baik batangan maupun perhiasan, dan menyimpannya sendiri, maka ada risiko kehilangan cukup besar. Terlebih jika emas yang dimiliki berupa emas perhiasan.

Tapi jangan khawatir, emas digital dapat menjawab kekhawatiran tersebut. Investasi emas digital aman bebas dari risiko pencurian dan tentunya juga nyaman terutama yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Kenaikan Harga Yang Lambat

Kekurangan dari investasi emas berikutnya adalah kenaikan harganya yang cenderung lambat. Harga emas mengalami peningkatan justru ketika keadaan ekonomi sedang tidak stabil.

Ketika keadaan ekonomi sedang stabil, harga emas juga cenderung stabil. Namun dibalik lambat kenaikan harganya, emas justru menawarkan kepastian investasi. Secara tren harga emas naik dari tahun ke tahun bahkan diatas inflasi rata-rata nasional, artinya nilai investasi kita juga naik.

4. Keuntungan Relatif Kecil

Tidak seperti jenis investasi lainnya, investasi emas tidak memberikan keuntungan yang besar. Emas cenderung mempertahankan nilai dibanding menambah nilai tersebut. Namun dibalik hal tersebut, emas merupakan safe haven. Safe haven adalah aset instrumen investasi yang mampu menjaga nilainya meskipun kondisi perekonomian dunia tidak stabil.

5. Dampaknya Kecil Terhadap Ekonomi Riil

Memiliki investasi emas tidak memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi secara riil. Hal tersebut disebabkan bahwa keuntungan yang dimiliki cenderung digunakan untuk kepentingan pribadi.

Meski demikian, emas sangat patut diperhitungkan sebagai salah satu alat kita dalam berinvestasi terutama jika kita menginginkan bentuk investasi dalam jangka waktu yang panjang. Keuntungan memiliki investasi emas baru akan terasa boleh jadi di 5 hingga 10 tahun ke depan.

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Dengan demikian, Kamu bisa melakukan investasi emas dari dan kapan saja karena transaksi dilakukan secara online.

Bareksa Emas menyambut mitra terbaru, yaitu Treasury sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Emas Treasury menawarkan harga yang kompetitif, mudah dan aman. Treasury telah berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

Smart Investor Bareksa bisa mulai berinvestasi Emas Treasury mulai dari nominal Rp50.000. Harga Emas Treasury lebih kompetitif, dengan update harga dua kali sehari. Selain itu, transaksi emas Treasury bisa mencapai hingga 10 kilogram per hari.

Agar Smart Investor makin semangat investasi emas logam mulia, Bareksa dan Treasury juga menawarkan Promo Launching Bareksa Emas - Treasury berhadiah Emas Treasury senilai Rp50.000 untuk 500 orang pemenang.

Caranya mudah, investor hanya perlu membeli Emas Treasury senilai minimal Rp500.000 dengan kode promo NEWTREASURE. Simak syarat dan ketentuannya berikut ini :

Syarat dan Ketentuan Promo Launching Bareksa Emas - Treasury

1. Periode promo 21 September - 21 Oktober 2022
2. Berlaku khusus untuk pembelian Bareksa Emas TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo NEWTREASURE
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor dengan pembelian tercepat berhak memenangkan hadiah
5. Satu investor hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 10 November 2022 melalui akun resmi media sosial Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Ayo berburu emas Treasury di Bareksa Emas, dapatkan cuan berlipat!

(Martina Priyanti/AM)

Investasi Sekarang

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.775,36

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,74%
Up17,31%
Up44,99%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.326,18

Up0,93%
Up4,25%
Up0,03%
Up5,89%
Up18,89%
-

STAR Stable Income Fund

1.925,85

Up0,48%
Up2,96%
Up0,02%
Up6,01%
Up29,39%
Up64,87%

I-Hajj Syariah Fund

4.822,06

Up0,51%
Up3,05%
Up0,02%
Up6,14%
Up21,89%
Up40,51%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.140,38

Up0,49%
Up2,80%
Up0,02%
Up4,93%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua