BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Robot Trading Wahyu Kenzo Diduga Tipu Investor Rp9 Triliun, Ini 9 Alasan Investasi Emas Harus Aman

Abdul Malik13 Maret 2023
Tags:
Robot Trading Wahyu Kenzo Diduga Tipu Investor Rp9 Triliun, Ini 9 Alasan Investasi Emas Harus Aman
Ilustrasi investasi emas batangan atau logam mulia secara online dan harus aman. (Shutterstock)

Kasus robot trading emas ATG milik Wahyu Kenzo melibatkan 25.000 korban, tidak hanya dari Indonesia, namun juga Amerika Serikat, Rusia dan Prancis

Bareksa.com - Kasus penipuan investasi kembali terjadi. Yang terbaru ialah kasus Robot Trading Auto Trade Gold (ATG) atau robot trading emas milik Wahyu Kenzo atau yang dikenal sebagai crazy rich Surabaya dengan nilai kerugian ditaksir mencapai Rp9 triliun.

Dilansir laman Humas Polri.go.id, kasus Robot Trading Auto Trade Gold (ATG) dibongkar Polresta Malang Kota, pada Rabu (8/3/2023) pekan lalu. Kasus ini melibatkan 25.000 korban, tidak hanya warga Indonesia, namun juga dari beberapa wilayah di Amerika Serikat, Rusia dan Prancis.

Terkait modus operandinya, tersangka saat memberikan presentasi kepada para member menjanjikan robot trading ini akan memberikan keuntungan dalam waktu 2 minggu. Polisi mengamankan Dinar Wahyu Saptian Dyfrig alias Wahyu Kenzo sebagai tersangka.

Promo Terbaru di Bareksa

Kepada polisi, tersangka mengaku ada beberapa investor yang sudah bisa menarik keuntungannya (withdraw) sesuai dengan kesepakatan yaitu rata-rata US$2.000. Tapi karena ada persoalan, maka modal utama dari para korban ini belum dikembalikan.

Akhirnya, terungkap bahwa sejak awal 2022 hingga saat ini, ternyata komunikasi antara investor dengan manajemen ATG terputus. Aparat keamanan juga mengungkapkan ada skema member menggaet member dalam kasus ini atau one member get member.

Polresta Malang Kota menyebut kasus ini juga sebagai kasus kejahatan lintas negara (transnational crime). Karena itu, Polresta Malang bekerja sama dengan Polda Jawa Timur dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk melakukan tracking aset.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

Auto Trade Gold (ATG) merupakan salah satu robot trading yang menawarkan investor bisa mengumpulkan profit melalui trading emas. Investor yang menggunakan robot ini bisa mengaksesnya hingga seumur hidup.

Saat menggunakan robot tersebut, dijanjikan Expert Advisor (EA) ATG akan berfokus mencari profit hingga 0,5-3% setiap harinya. Sementara kerugian maksimalnya hanya 3%.

EA adalah sebuah software atau script algoritma yang dapat ditambahkan di dalam platform trading forex. Layanan itu bertujuan agar aplikasi itu nantinya dapat berjalan secara otomatis.

Kemudian dalam melakukan transasksi beli atau jual nantinya akan berjalan otomatis tanpa instruksi manual dari pengguna atau investor. Penggunanya cukup memantau, sebab EA sudah berjalan otomatis dikontrol oleh tim IT ATG, sedangkan untuk harga bot dijual beragam sesuai level kemampuan pengguna.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

9 Alasan Investasi Emas Harus Aman

Bagi Kamu yang ingin investasi emas, pastikanlah untuk selalu berinvestasi secara aman dan diawasi oleh otoritas yang berwenang. Perlu juga diingat, dalam prinsip investasi potensi keuntungan selalu berbanding lurus dengan risikonya atau high risk high return, demikian juga sebaliknya low risk low return.

Jadi ketika ada produk investasi yang menjanjikan keuntungan tinggi tanpa risiko atau minim risiko, maka Kamu perlu mewaspadai keamanan dan legalitasnya. Salah satu platform yang menyediakan transaksi jual beli emas ialah Bareksa Emas, merupakan fitur transaksi jual beli emas fisik secara online dengan fasilitas penitipan yang terdapat di super app investasi Bareksa.

Mengapa berinvestasi emas di Bareksa Emas aman dan mudah? berikut ulasannya :

1. Praktis karena 100% online

Mulai dari pendaftaran, transaksi jual dan beli, hingga tarik fisik emas bisa Kamu lakukan tanpa harus keluar rumah. Jadi, kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun.

2. Nilai investasi terjangkau mulai Rp50.000

Kamu bisa terbebas dari rasa cemas perlu modal banyak untuk investasi karena di Bareksa Emas, sebab investasinya sangat terjangkau. Minimum pembelian emas hanya Rp50.000.

3. Terdaftar dan diawasi regulator

Dalam menyediakan tabungan emas dalam fitur Bareksa Emas, Bareksa melalui Bareksa Inovasi Digital bekerja sama dengan mitra yang memiliki lisensi. Pegadaian dan Indogold terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam KEP-91/D.05/2016 dan KEP-50/NB.1/2018, sementara Treasury berizin resmi dan terdaftar di BAPPEBTI (001/BAPPEBTI/P-ED/12/2021).

4. Pergerakan harga stabil dan Alat Lindung dari Inflasi

Tanpa harus dipantau setiap saat, harga emas cenderung naik secara stabil dari tahun ke tahun. Investasi emas juga bisa menjadi alat lindung nilai asetmu dari tergerus inflasi. Sebab ketika terjadi inflasi, maka secara teori harga emas akan ikut naik. Berbeda jika Kamu menyimpan asetmu dalam bentuk uang tunai, yang akan tergerus nilainya akibat inflasi.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

5. Tempat penyimpanan aman

Kesulitan menyimpan emas fisik atau takut hilang disimpan di lemari? Bareksa Emas menyimpan emas Kamu di mitra yaitu PT Pegadaian (Persero), PT Indonesia Logam Pratama, dan PT Indogold Solusi Gadai. Kamu juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Tarik Fisik untuk emas Treasury. Sedangkan untuk emas Pegadaian, Kamu bisa melalukan penarikan jadi emas fisik dengan mendatangi outlet Pegadaian di daerah Kamu.

6. Transparan dan real time

Nggak perlu khawatir investasi emas digitalmu di Bareksa bakal raib. Sebab, jika Kamu investasi emas digital Treasury di Bareksa, maka investasimu tersebut juga tercatat di Lembaga Kliring Indonesia Clearing House (ICH). Artinya selain via super app Bareksa, Kamu juga bisa memantau investasi emasmu via www.ich.co.id secara realtime.

ICH berpartner dan telah berintegrasi dengan Indonesia Bursa Komoditi & Derivatif Indonesia (Commodity & Derivatives Exchange/ICDX). ICDX adalah bursa komoditi dan derivatif, di mana transaksi perdagangan komoditi secara fisik maupun dalam bentuk turunannya (derivatif) terjadi.

Pengelola tempat penyimpanan dan lembaga kliring berjangka wajib melakukan pertukaran informasi terkait saldo atau catatan kepemilikan emas secara real time. Penjelasan sederhananya, jika Kamu membeli emas digital Treasury via Bareksa, maka juga akan tercatat di ICH secara real time.

Nasabah yang berinvestasi emas digital Treasury via Bareksa bisa menghubungi tim Customer Experience Bareksa untuk mendapatkan informasi client ID / user ID di ICH. Nasabah bisa menggunakan fitur-fitur komunikasi yang tersedia, di antaranya email [email protected], fitur live chat atau lainnya.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

7. Pelengkap aset investasi

Daftar akun Bareksa sekali, sudah bisa beli emas, reksadana, dan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel dalam satu aplikasi. Dengan begitu, hanya menggunakan satu aplikasi, Kamu sudah melakukan diversifikasi investasi yang artinya juga mendiversifikasi risiko. Di super app investasi Bareksa, juga tersedia fitur Robo Advisor Bareksa yang akan memandu investor berinvestasi sesuai dengan kondisi pasar terkini.

Selain itu, tersedia juga fitur Bareksa Umroh, bagi Umat Muslim yang menyiapkan tabungan umroh secara aman dan diawasi oleh otoritas yakni di reksadana syariah. Perlu dicatat juga, emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas tersedia produk UBS dan Antam yang merupakan emas murni dengan kadar 99,99%.

8. Bareksa tidak menyimpan dana nasabah​

Belajar dari kasus robot trading emas ATG milik Wahyu Kenzo di mana dana nasabah raib dan tidak bisa dikembalikan, maka Kamu tidak perlu khawatir jika investasi emas di Bareksa. Sebab Bareksa secara perusahaan atau bos Bareksa secara perorangan tidak menyimpan dana nasabah.

Untuk setiap tabungan emas yang dilakukan oleh nasabah, baik untuk emas Pegadaian, Treasury maupun Indogold, setelah nasabah menyetor uang tunai untuk ditabung di Bareksa Emas, nantinya, uang yang terkumpul akan dikonversikan ke dalam gram emas batangan sesuai dengan harga emas 24 karat yang berlaku saat itu.

Dengan begitu, Kamu tidak perlu khawatir, uang investasimu akan dibawa kabur atau raib jika investasi di Bareksa. Sebab semua ditempatkan sesuai aturan regulator dan diawasi oleh otoritas berwenang.

9. Data pribadi nasabah aman terlindungi

Soal perlindungan data nasabah, Bareksa juga harus mematuhi peraturan Pemerintah dan OJK. Implementasi aturan ini dipantau oleh audit eksternal, yang secara rutin dilakukan setahun sekali.

Menurut audit eksternal yang dilakukan oleh Veda Praxis, sistem teknologi informasi (TI) Bareksa telah memenuhi peraturan OJK yaitu POJK Nomor 4 /POJK.05/2021 tentang Penerapan Manajemen Risiko dalam Penggunaan Teknologi Informasi oleh Lembaga Jasa Keuangan NonBank, serta SEOJK NOMOR 22 /SEOJK.05/2021 tentang Penerapan Manajemen Risiko dalam Penggunaan Teknologi Informasi oleh Lembaga Jasa Keuangan NonBank.

Pemenuhan aturan-aturan itu untuk memastikan manajemen risiko yang sesuai, guna melindungi nasabah atau pengguna layanan Bareksa dari berbagai risiko, baik risiko finansial maupun non-finansial. Dengan pemenuhan aturan ini, sistem teknologi informasi yang disediakan Bareksa bersifat tangguh, handal dan aman dengan proses yang terpercaya. Kerahasiaan informasi perusahaan dan data nasabah juga aman terjaga.

Selain itu, Bareksa juga telah mematuhi Peraturan Pemerintah No.71 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem Elektronik yang wajib diterapkan oleh seluruh penyelenggara sistem elektronik. Dengan pemenuhan aturan ini, Bareksa sudah menyediakan sistem elektronik yang handal dan aman. Bareksa juga bertanggung jawab terhadap operasional sistem elektronik sebagaimana mestinya dan memberikan perlindungan kepada nasabah dari kerugian yang ditimbulkan sistem elektronik.

Dengan ulasan tersebut, ternyata investasi emas di Bareksa diawasi secara ketat oleh otoritas dari berbagai lini proses bisnisnya. Dengan begitu Kamu semakin yakin investasi emas di Bareksa Emas? Ada beragam promo berhadiahnya juga lho.

Baca juga : Promo Top Investment Bareksa Emas Berhadiah Voucher Rp100 Ribu

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin​

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.331,66

Up0,99%
Up4,37%
Up0,04%
Up5,01%
Up18,41%
-

Capital Fixed Income Fund

1.782,41

Up0,56%
Up3,37%
Up0,03%
Up6,88%
Up16,27%
Up43,28%

STAR Stable Income Fund

1.933,11

Up0,52%
Up3,01%
Up0,03%
Up6,01%
Up28,67%
Up59,89%

I-Hajj Syariah Fund

4.841,92

Up0,57%
Up3,13%
Up0,03%
Up6,13%
Up21,96%
Up40,57%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.143,44

Up0,40%
Up2,80%
Up0,03%
Up4,98%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua