BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Hari Perempuan Internasional, Ini Cara Merdeka Finansial ala Kartini Masa Kini

Hanum Kusuma Dewi08 Maret 2023
Tags:
Hari Perempuan Internasional, Ini Cara Merdeka Finansial ala Kartini Masa Kini
Ilustrasi perempuan merayakan Hari Perempuan Internasional dan mencapai kebebasan finansial dengan investasi. (Shutterstock)

Reksadana, emas dan SBN bisa jadi pilihan investasi menuju kebebasan finansial

Bareksa.com - Pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional (International Woman's Day). Hari tersebut merupakan momen penting untuk mengingatkan pentingnya perjuangan perempuan dalam meraih hak dan kesetaraan di berbagai bidang, termasuk dalam hal finansial.

Salah satu tokoh perempuan terkemuka di Indonesia yang juga terkenal sebagai pejuang kesetaraan dan kemandirian finansial adalah Raden Ajeng Kartini. Meskipun hidup pada masa yang berbeda, Kartini tetap bisa menjadi inspirasi bagi perempuan masa kini untuk merdeka finansial.

Berikut ini adalah beberapa cara merdeka finansial ala Kartini masa kini:

Promo Terbaru di Bareksa

1. Menabung secara teratur

Menabung adalah salah satu cara paling mudah dan efektif untuk merdeka finansial. Kartini sendiri dikenal sebagai sosok yang pandai menabung dan mengatur keuangannya. Dengan menabung secara teratur, kamu bisa memiliki dana cadangan yang cukup untuk menghadapi berbagai keadaan yang tak terduga.

Namun, kini menabung saja tidak cukup karena ada ancaman inflasi yang bisa menggerus nilai uang kamu. Makanya, Kartini masa kini perlu mengenal yang namanya investasi.

2. Berinvestasi

Lebih maju daripada menabung, berinvestasi juga bisa membantu kamu merdeka finansial. Kartini sendiri sempat berinvestasi dalam bidang pertanian dan perkebunan. Kamu bisa memilih jenis investasi yang sesuai dengan profil risiko dan kebutuhan finansialmu.

Nah di masa kini, investasi bisa dilakukan di sektor keuangan. Contohnya, untuk pemula bisa pilih reksadana yang dikelola oleh manajer investasi profesional. Selain itu, ada juga Surat Berharga Negara (SBN) yang 100% dijamin oleh pemerintah. Pilihan lain, kamu juga bisa berinvestasi emas batangan yang nilainya tak lekang oleh waktu.

3. Membuat rencana keuangan

Membuat rencana keuangan adalah langkah penting untuk merdeka finansial. Kartini juga dikenal sebagai sosok yang pandai membuat rencana keuangan dan mengatur pengeluarannya. Dengan membuat rencana keuangan, kamu bisa lebih mudah mengontrol pengeluaran dan menetapkan target keuangan yang ingin dicapai.

4. Meningkatkan kemampuan

Kartini juga dikenal sebagai sosok yang pandai dan berbakat dalam berbahasa dan menulis. Kemampuan tersebut membantunya dalam mengembangkan karir dan mencapai kesuksesan finansial. Kamu juga bisa meningkatkan kemampuanmu di bidang yang kamu minati untuk meningkatkan peluang meraih kesuksesan finansial.

Investasi Masa Kini

Seperti dijelaskan sebelumnya, ada banyak produk investasi yang kini hadir dan bisa menjadi pilihan sesuai dengan profil risiko dan kebutuhan finansialmu. Apalagi, dengan kemajuan teknologi, investasi bisa melalui aplikasi di smartphone, seperti halnya super app investasi Bareksa.

Berikut sejumlah produk investasi yang terdapat di super app investasi Bareksa.

Reksadana

Reksadana adalah kumpulan dana investor yang dikelola oleh manajer investasi/MI berpengalaman secara profesional. Tersedia ratusan produk reksadana di Bareksa, dengan beragam jenis reksadana antara lain reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, reksadana campuran, dan reksadana indeks.

Investasi reksadana juga fleksibel karena investor bisa mencairkan dananya kapan saja. Tidak harus menunggu hingga jangka waktu tertentu untuk dapat mencairkan dana tersebut. Reksadana online praktis karena semua serba dilakukan secara online, bisa kapan saja dan di mana saja.

Kelebihan lainnya adalah nilai minimum investasi di reksadana sangat terjangkau, bisa mulai Rp10.000. Paling penting, reksadana diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga independen negara yang mengawasi seluruh kegiatan di dalam sektor keuangan.


Rencanakan Investasimu di Reksadana, Klik di Sini

Emas

Melalui fitur Bareksa Emas, Bareksa menyediakan investasi emas fisik dengan fasilitas titipan. Bareksa Emas bekerja sama dengan Treasury dan Pegadaian sebagai mitra pengelola emas. Treasury sudah mendapatkan izin dari Bappebti Kementerian Perdagangan dan Pegadaian sudah memiliki lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas di Bareksa sangat terjangkau bisa mulai Rp50.000 atau ukuran 0,1 gram saja. Pendaftaran Bareksa Emas cukup dilakukan secara online, setelah itu investor bisa melakukan transaksi beli dan jual emas online.

Tak perlu bingung memikirkan tempat aman atau brankas untuk menyimpan emas batangan kamu, karena sudah tersedia fasilitas titipan. Kalau kamu mau mengambil investasi emas kamu, Bareksa Emas kini sudah punya fitur cetak fisik yang bisa dikirim langsung ke rumah kamu.

Investasi Emas Aman dan Mudah, Klik di Sini

SBN

SBN Ritel adalah produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan yang ditawarkan kepada individu atau investor ritel. Keuntungan investasi di SBN Ritel antara lain 100 persen aman karena dijamin negara dan Undang-Undang, meraih cuan sekaligus berkontribusi menyediakan pembiayaan pembangunan negara, dan mudah serta praktis karena semua dilakukan secara online.

Saat ini, SBN Ritel yang sedang ditawarkan pemerintah dan juga bisa dipesan di Bareksa adalah Sukuk Ritel SR018 yang terdiri dari dua tipe yaitu SR018-T3 yang memiliki jangka waktu 3 tahun dan SR018-T5 dengan jangka waktu 5 tahun. Masa penawaran SR018 berlangsung pada 3-29 Maret 2023.

Nilai minimum investasi SR018 mulai Rp1 juta dan maksimal Rp5 miliar untuk jenis SR018-T3 dan maksimal Rp10 miliar untuk SR018-T5. Investasi syariah ini menawarkan imbal hasil 6,25% per tahun untuk SR018-T3 dan 6,4% per tahun untuk SR018-T5. Imbal hasil SR018 tersebut nilainya tetap hingga jatuh tempo dan dibayar secara bulanan sehingga bisa menjadi passive income.

Baca juga Passive Income hingga Rp71,4 Juta per Bulan dari Imbal Hasil Sukuk Ritel SR018, Ini Caranya

Raih Cuan dari Investasi di SBN Ritel, Klik di Sini

Nah, itulah ulasan produk investasi yang bisa membawa kamu menuju kemerdakaan finansial. Dengan mengikuti prinsip-prinsip merdeka finansial ala Kartini, diharapkan perempuan masa kini bisa lebih mandiri dan mampu meraih kesetaraan finansial dengan laki-laki. Selamat merayakan Hari Perempuan Internasional!

(hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Smart Investor juga dapat memantau investasi dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel di Bareksa.

* * *

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja masa depan. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua