BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Ingin Capai Financial Freedom Saat Peringati Hari Kemerdekaan RI? Coba Cara Ini

Abdul Malik12 Agustus 2022
Tags:
Ingin Capai Financial Freedom Saat Peringati Hari Kemerdekaan RI? Coba Cara Ini
Ilustrasi perempuan investor sedang berjuang mencapai kemerdekaan finansial (financial feedom) atau biasa disebut kebebasan finansial dan ingin merayakannya berbarengan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI. (Shutterstock)

Reksadana, SBN Ritel dan emas batangan bisa jadi instrumen investasi untuk meraih status merdeka finansial

Bareksa.com - Bulan Agustus identik dengan nuasa kemerdekaan karena ada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus. Bagaimana dengan kondisi finansial Smart Investor, apakah sudah merdeka?

Merdeka secara finansial dapat diartikan sebagai suatu kondisi di mana Anda sudah tidak bergantung lagi secara keuangan dengan orang lain. Suatu kondisi di mana Anda merasa bebas melakukan apapun yang diinginkan tanpa harus khawatir tidak memiliki uang cukup untuk memenuhi kebutuhan selanjutnya.

Meski begitu, bukan berarti merdeka finansial adalah memiliki uang dan harta yang tidak terbatas, melainkan ketika kondisi keuangan Anda bisa mencukupi berbagai kebutuhan yang ada.

Promo Terbaru di Bareksa

Tidak dapat dipungkiri, hingga saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum merdeka secara financial, meskipun negara ini sudah merdeka sejak lama. Apakah Anda salah satunya?

Jika iya, sebaiknya segera lakukan langkah nyata untuk meraih status merdeka finansial. Salah satunya dengan cara berinvestasi. Yakni dengan mengalokasikan sebagian dari penghasilan atau pendapatan Anda ke dalam instrumen investasi.

Berikut tiga jenis instrumen investasi khas Bareksa yang bisa Anda pilih untuk meraih kemerdekaan finansial :

1. Reksadana

Reksadana dikelola oleh manajer investasi/MI berpengalaman dan mengelola dananya secara profesional. Tersedia setidaknya 224 produk reksadana di Bareksa, dengan beragam jenis reksadana antara lain reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, reksadana campuran, dan reksadana indeks.

Investasi reksadana juga fleksibel karena investor bisa mencairkan dananya kapan saja. Tidak harus menunggu hingga jangka waktu tertentu untuk dapat mencairkan dana tersebut. Reksadana online praktis karena semua serba dilakukan secara online, bisa kapan saja dan di mana saja.

Kelebihan lainnya adalah nilai minimum investasi di reksadana sangat terjangkau, bisa mulai Rp10.000. Paling penting, reksadana diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga independen negara yang mengawasi seluruh kegiatan di dalam sektor keuangan.

2. Surat Berharga Negara (SBN) Ritel

SBN Ritel merupakan produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan kepada individu atau investor ritel. Keuntungan investasi di SBN Ritel antara lain 100 persen aman karena dijamin negara dan Undang-Undang, meraih cuan sekaligus berkontribusi menyediakan pembiayaan pembangunan negara, dan mudah serta praktis karena semua dilakukan secara online.

Dalam waktu dekat, SBN Ritel yang akan ditawarkan pemerintah dan juga bisa dipesan di Bareksa adalah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) jenis Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR017. SR017 merupakan SBN Ritel seri keempat yang akan diterbitkan pemerintah di 2022.

Masa penawaran SR017 dimulai pada 19 Agustus hingga 14 September 2022.

3. Emas Batangan

Melalui fitur Bareksa Emas, Bareksa menyediakan investasi emas fisik dengan fasilitas titipan. Bareksa Emas bekerja sama dengan mitra yang memiliki lisensi dari OJK sebagai perusahaan gadai yang dapat menjalankan usaha penitipan emas, yakni Indogold dan Pegadaian.

Investasi emas di Bareksa sangat terjangkau bisa mulai Rp50.000 atau ukuran 0,1 gram saja. Pendaftaran Bareksa Emas cukup dilakukan secara online, setelah itu investor bisa melakukan transaksi beli dan jual emas online.

Jadi, reksadana, emas batangan atau SBN, instrumen investasi apa yang kamu pilih untuk diberikan untuk meraih merdeka finansial?


(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua