Berita / SBN / Artikel

Beli SBR012 di Bareksa Dapat Passive Income Bulanan, Gratis Transfer Kupon di Bank Ini

Investor bisa menikmati kupon SBR012 langsung ke rekening di Bank BCA, Mandiri dan CIMB Niaga gratis tanpa biaya
Hanum Kusuma Dewi • 19 Jan 2023
cover

Ilustrasi investor wanita yang memiliki SBN Ritel seri SBR012 duduk santai sambil melihat portofolio investasi dengan bahagia karena menikmati gratis biaya transfer kupon bulanan. (Shutterstock)

Bareksa.com - Penawaran Surat Berharga Negara (SBN) Ritel kembali dibuka dengan seri Savings Bond Ritel SBR012 yang menawarkan imbal hasil (kupon) bersifat floating with floor dan akan ditransfer rutin langsung ke rekening investor tiap bulan sehingga menjadi passive income

Nah, buat Smart Investor Bareksa, sudah ada kemudahan transfer kupon bulanan yang bebas biaya. Untuk mendapatkan biaya transfer gratis, Smart Investor bisa menggunakan rekening di tiga bank ini: Bank BCA, Bank Mandiri dan Bank CIMB Niaga

Rekening bank untuk menerima kupon ini bisa dipilih sendiri oleh investor ketika pertama mendaftar SBN Ritel online di Bareksa. Namun, kalau Smart Investor ingin menggantinya juga bisa. Berikut caranya. 

Cara Mengganti Rekening Bank di Akun SBN Bareksa untuk Gratis Biaya Transfer Kupon

1. Buka Halaman SBN

Dari halaman utama super app Bareksa, klik ikon SBN

2. Klik Profil (Akun) 

Kemudian, di bagian kanan atas, klik gambar Profil. 

3. Buka Tab Data Rekening 

Halaman profil akan menampilkan data diri investor. Geser ke tab Data Rekening dan klik Ubah Rekening Bank. 

4. Ubah Rekening Bank

Kamu bisa menikmati free biaya transfer kupon kalau memakai rekening di salah satu tiga bank ini: Bank BCA, Bank Mandiri, atau Bank CIMB Niaga. Kalau ingin mengganti rekening sebelumnya, kamu akan diarahkan untuk mengirim email ke CS.  Klik Lanjutkan dari halaman informasi ini. 

5. Kirim Email ke CS

Lengkapi template email dengan data-data kamu, pastikan nama pemilik rekening dalam data rekening baru sesuai dengan nama pada KTP. Tulis alasan perubahan: mendapatkan gratis biaya transfer. Jangan lupa lampirkan dokumen pendukung berupa foto buku tabungan, foto KTP dan foto Selfie dengan memegang KTP. Lalu, kirim email tersebut ke [email protected]

Proses pengajuan perubahan rekening selesai. Kamu bisa menunggu proses perubahan rekening ini, maksimal 2 hari kerja bursa setelah email diterima CS. Setelah itu, baru bisa mulai bertransaksi SBN Ritel misalnya membeli SBR012. 

Nantinya, saat pembayaran kupon, kamu bisa tenang karena sudah mendapat gratis biaya transfer kupon bulanan.

Berapa kupon bersih yang diterima investor per bulan? 

Kementerian Keuangan sudah menetapkan kupon SBR012-T2 yang memiliki tenor 2 tahun sebesar 6,15% per tahun dan kupon SBR012-T4 dengan tenor 4 tahun sebesar 6,35% per tahun. Kupon ini akan ditransfer ke rekening investor setiap bulan secara rutin. 

Perhitungan kupon adalah berupa persentase per tahun, tetapi dibayarkan secara bulanan setiap tanggal 10. Artinya, nilai kupon per tahun dibagi menjadi 12, dan dipotong pajak. Bila investor membeli satu unit SBR012 atau senilai Rp1 juta, perhitungan kupon bersih per bulan sebagai berikut ini. 

Tabel Cara Penghitungan Kupon Bersih SBR012-T2 dan SBR012-T4
Keterangan
Cara Penghitungan
Nilai Kupon (Rupiah)
SBR012-T2
SBR012-T4
Nilai investasi

1000000
1000000
Kupon/tahun
1.000.000 x kupon%
61500
63500
Kupon/bulan
kupon per tahun : 12
5125
5292
Pajak/bulan
kupon per bulan x 10%
513
529
Kupon bersih/bulan
kupon - pajak
4612
4762

Sumber: Bareksa.com

Seperti terlihat di dalam tabel, kupon bersih per bulan untuk 1 unit SBR012-T2 sebesar Rp4.612 dan SBR012-T4 sebesar Rp4762. 

Sebagai pengingat, SBR012-T2 dan SBR012-T4 hanya tersedia di Bareksa selama masa penawaran. Smart Investor yang ingin berinvestasi di produk aman dijamin pemerintah bisa membeli SBR012 selama masa penawaran SBR012-T2 dan SBR012-T4 mulai 19 Januari 2023 pukul 9.00 WIB hingga 9 Februari 2023 pukul 10.00 WIB. 

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel, platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. 

Penghargaan sebagai Midis Terbaik Surat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupun Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan, yakni : 

  • Midis SUN Terbaik 2019

  • Midis SUN Terbaik 2020

  • Midis SUN Terbaik 2021

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022. 

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi di SBN Ritel di 2023? Segera daftar akun SBN di Bareksa sekarang dan pesan karena kuota terbatas!

(hm)

***


Investasi SBN di Mitra Distribusi Terbaik

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Smart Investor juga dapat memantau investasi dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.