Jelang Tahun Ajaran Baru, Ini 3 Pilihan Investasi Siapkan Dana Pendidikan Anak

Investasi di reksadana, SBN Ritel dan emas batangan bisa jadi cara menyiapkan uang sekolah anak
Abdul Malik • 03 Jun 2022
cover

Ilustrasi anak kecil siswa sekolah tersenyum senang bahagia sedang memakai tas ransel backpack bersiap untuk sekolah libuaran

Bareksa.com - Menilik kalender pendidikan, semester genap tahun ajaran 2021/2022 akan segera berakhir dan tahun ajaran baru 2022/2023 diperkirakan mulai awal Juli 2022. Apakah Anda sudah menyiapkan dana pendidikan untuk keberlanjutan sekolah anak?

Sebaiknya dana pendidikan sudah disiapkan jauh-jauh hari agar Anda tidak kelabakan begitu sang anak memasuki usia sekolah. Ada beragam cara menyiapkan dana pendidikan. Salah satunya dengan cara investasi. Dengan berinvestasi, kita tidak hanya berpeluang mengalahkan inflasi, namun juga berpotensi meraih cuan menarik.

Apalagi inflasi biaya pendidikan di Indonesia tergolong cukup tinggi, yang diperkirakan sekitar 10-15 persen per tahun. Jika tidak pintar-pintar menyikapi, maka kita akan kerepotan saat harus membayar biaya masuk sekolah anak. Karena itu dibutuhkan strategi jitu untuk menyiapkan dana pendidikan anak.

Berikut tiga pilihan investasi khas Bareksa yang bisa dipertimbangkan, agar kita bisa menyiapkan dana pendidikan anak :

1. Reksadana

Reksadana dikelola oleh manajer investasi/MI berpengalaman dan mengelola dananya secara profesional. Tersedia ratusan sekitar 210 produk reksadana di Bareksa, dengan beragam jenis reksadana antara lain reksadana pasar uangreksadana pendapatan tetapreksadana sahamreksadana campuran, dan reksadana indeks.

Investasi reksadana juga fleksibel karena investor bisa mencairkan dananya kapan saja. Tidak harus menunggu hingga jangka waktu tertentu untuk dapat mencairkan dana tersebut. Reksadana online praktis karena semua serba dilakukan secara online, bisa kapan saja dan di mana saja.

Kelebihan lainnya adalah nilai minimum investasi di reksadana sangat terjangkau, bisa mulai Rp10.000.  Reksadana diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga independen negara yang mengawasi seluruh kegiatan di dalam sektor keuangan.

2. Surat Berharga Negara (SBN) Ritel

SBN Ritel merupakan produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan kepada individu atau investor ritel. Keuntungan investasi di SBN Ritel antara lain 100 persen aman karena dijamin negara dan Undang-Undang, meraih cuan sekaligus berkontribusi menyediakan pembiayaan pembangunan negara, dan mudah serta praktis karena semua dilakukan secara online.

​Saat ini, SBN Ritel yang sedang ditawarkan pemerintah dan juga bisa dipesan di Bareksa adalah Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR011. Masa penawaran SBR011 sudah berlangsung sejak 25 Mei 2022 dan masih tersisa 14 hari lagi sebelum ditutup pada 16 Juni 2022.

Kupon atau imbal hasil SBR011 ditetapkan minimal 5,5 persen, dengan fitur floating with floor (mengambang dengan batas minimal). Dibandingkan suku bunga acuan Bank

Indonesia, yakni BI 7 Days Reverse Repo Rate yang saat ini di level 3,5  persen, maka selisih (spread) imbal hasilnya 2 persen. Keunggulan lain berinvestasi di SBR011 adalah hanya terkena pajak sebesar 10 persen atas kupon.

3. Emas Batangan

Melalui fitur Bareksa Emas, Bareksa menyediakan investasi emas fisik dengan fasilitas titipan. Bareksa Emas bekerja sama dengan mitra yang memiliki lisensi dari OJK sebagai perusahaan gadai yang dapat menjalankan usaha penitipan emas, yakni Indogold dan Pegadaian.

Investasi emas di Bareksa sangat terjangkau bisa mulai Rp50.000 atau ukuran 0,1 gram saja. Pendaftaran Bareksa Emas cukup dilakukan secara online, setelah itu investor bisa melakukan transaksi beli dan jual emas online.

Jadi, reksadanaemas batangan atau SBN, instrumen investasi apa saja yang Anda pilih untuk menyiapkan dana pendidikan untuk sekolah anak?

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana. 
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.