Ini Cara Mudah Siapkan Angpao Lebaran Tanpa Ganggu Keuangan Keluarga

Ada baiknya mempersiapkan angpao Lebaran baik ke anak, keluarga dan kerabat sejak jauh-jauh hari
Abdul Malik • 30 Apr 2021
cover

Ilustrasi investor sedang menghitung uang lembaran rupiah THR 2021. (shutterstock)

Bareksa.com - Ingin membagi angpao atau amplop berisi sejumlah uang pada Hari Raya Lebaran tapi takut kondisi kesehatan keuangan keluarga akan terganggu? Jika iya, tulisan berikut semoga bisa memberikan jalan keluarnya.

Bagi Anda yang ingin berbagi rezeki dan menyiapkan angpao saat Lebaran, ada baiknya sudah sudah mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari.

Alokasi dananya bisa dari sebagian dana Tunjangan Hari Raya (THR) yang diterima dari kantor, atau setiap bulannya menyisihkan dana khusus untuk angpao.

Jika ternyata setelah menghitung jumlah anak maupun kerabat, besaran uang yang dibutuhkan masih kurang, maka Anda bisa memperbesar persentase pengalokasian khusus untuk angpao.

Nah, ada teknik sederhana yang bisa dicoba namun cukup menguntungkan guna menyiapkan anggaran angpao Lebaran. Cara itu adalah dengan berinvestasi di reksadana.

Selain itu, cara ini juga sekaligus menambah daftar latihan untuk mengelola keuangan jadi lebih baik. Berinvestasi di reksadana, selain terjangkau juga berpotensi meraih imbal hasil lebih optimal dibandingkan hanya menabungnya di bank atau deposito.

Anda bisa investasi reksadana di Bareksa, marketplace investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang telah mendapat lisensi resmi sebagai Agen Penjual Reksadana dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2016. Setidaknya ada 206 produk reksadana yang bisa dibeli di Bareksa. ​

Reksadana Pasar Uang Bisa Dipilih untuk Jangka Pendek

Karena sifatnya jangka pendek yakni sekitar 1 tahun, Anda bisa memilih reksadana pasar uang atau reksadana pendapatan tetap. Hal ini mengingat reksadana pasar uang yang paling rendah risiko dari dampak gejolak pasar saham dan cukup likuid, sedangkan reksadana pendapatan tetap cenderung mencatatkan kinerja stabil.

Jenis dan produk reksadana yang dipilih, ada baiknya disesuaikan dengan profil keuangan kamu ya. Selain itu, agar tidak memberatkan kondisi keuangan keluarga, ada baiknya disisihkan dari gaji yang diperoleh tiap bulan. Misalnya Rp300 ribu per bulan hingga jelang hari raya Lebaran pada tahun depan.

Reksadana ialah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi atau deposito.

(Martina Priyanti/AM)

​***
Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.