BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Bulan Puasa 1443 H Berjalan, Ini Tips Siapkan THR Lebaran Keluarga dan Kerabat

Hanum Kusuma Dewi04 April 2022
Tags:
Bulan Puasa 1443 H Berjalan, Ini Tips Siapkan THR Lebaran Keluarga dan Kerabat
Ilustrasi amplop THR Lebaran bagi orang tua, anak, keluarga, dan kerabat. (shutterstock)

Sebaiknya angpao Lebaran baik untuk anak, keluarga, dan kerabat dipersiapkan sejak jauh-jauh hari

Bareksa.com - Bulan Suci bagi umat Islam, alias bulan puasa Ramadan 1443 H telah berjalan dua hari ini. Berbeda dengan tahun lalu, kini meski masih ada status pandemi Covid-19 pemerintah sudah mengizinkan masyarakat untuk mudik Lebaran. Lalu, bagaimana dengan THR Lebaran untuk orang tua, anak maupun kerabat ?

Bagi Anda yang berniat berbagi rezeki berupa menyiapkan angpao atau amplop berisi uang atau 'THR' saat Lebaran, ada baiknya dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Soal sumber dana untuk uang yang akan dibagikan, bisa berasal dari sebagian dana Tunjangan Hari Raya (THR) yang diterima dari kantor, atau setiap bulannya menyisihkan dana khusus untuk angpao Lebaran.

Namun, jika ternyata setelah menghitung jumlah anak maupun kerabat, besaran uang yang dibutuhkan masih kurang, maka Anda bisa memperbesar persentase pengalokasian khusus untuk angpao. Berikut teknik sederhana yang bisa dicoba namun cukup menguntungkan guna menyiapkan anggaran angpao Lebaran. Cara dimaksud dengan berinvestasi di reksadana.

Promo Terbaru di Bareksa

Lihat juga Mau Tau Cara Cari Cuan Investasi dari THR? Gabung di Sini

Mengumpulkan uang untuk modal membagi angpao Lebaran ini juga sekaligus menambah daftar latihan untuk mengelola keuangan jadi lebih baik. Berinvestasi di reksadana, selain terjangkau juga berpotensi meraih imbal hasil lebih optimal dibandingkan hanya menabungnya di bank atau deposito.

Nah, Anda bisa investasi reksadana di Bareksa, marketplace investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang telah mendapat lisensi resmi sebagai Agen Penjual Reksadana dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2016.

Khusus selama Ramadan, Bareksa juga punya fitur spesial di super app investasi Bareksa untuk memudahkan smart investor memilih investasi syariah dan memantau pergerakan investasi syariah selama Bulan Suci.

Lihat Sambut Ramadan, Coba Fitur Khusus Investasi Syariah di Super App Bareksa

Reksadana Pasar Uang di Bareksa

Reksadana pasar uang bisa dipilih, terutama untuk rencana jangka pendek. Karena sifatnya jangka pendek yakni sekitar 1 tahun, Anda bisa memilih reksadana pasar uang atau reksadana pendapatan tetap. Hal ini mengingat reksadana pasar uang yang paling rendah risiko dari dampak gejolak pasar saham dan cukup likuid, sedangkan reksadana pendapatan tetap cenderung mencatatkan kinerja stabil.

Selain itu, agar tidak memberatkan kondisi keuangan keluarga, ada baiknya disisihkan dari gaji yang diperoleh tiap bulan. Misalnya investasi di salah satu produk reksadana pasar uang sebesar Rp300 ribu per bulan, hingga jelang hari raya Lebaran pada tahun depan.

Adapun reksadana sendiri ialah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi atau deposito.

Sementara itu reksadana pasar uang adalah reksadana yang dana kelolaannya diinvestasikan seluruhnya di instrumen pasar uang, deposito berjangka atau obligasi yang diterbitkan dengan jangka waktu satu tahun atau obligasi yang sisa jatuh temponya kurang dari satu tahun.

Data Top 10 Produk Reksadana Pasar Uang di Bareksa

Illustration


Sumber: Bareksa

Pada umumnya, reksadana pasar uang memberikan potensi pengembalian investasi yang lebih tinggi dari deposito dan tabungan. Seperti terlihat dalam tabel, di marketplace reksadana Bareksa, top 10 reksadana pasar uang dengan return tertinggi memberikan imbal hasil 4,33 persen hingga 5,18 persen per tahun (data per 2 April 2022). Imbal hasil itu sudah bersih, tidak dipotong pajak lagi.

Dari sisi risiko, reksadana pasar uang disebutkan memiliki risiko yang paling rendah dibandingkan reksadana jenis lainnya. Reksadana pasar uang cocok untuk investasi jangka pendek sekitar setahun dan untuk investor dengan profil risiko rendah atau penghindar risiko.

Lihat Promo Big Ramadan: Investasi Plus Donasi dengan Reksadana Syariah, Bisa Raih Hadiah

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

DISCLAIMER​
Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua