Hemat Ngopi Cantik Pas Puasa, Bisa Investasi Reksadana

Investasi reksadana punya potensi imbal hasil bersih yang bebas pajak
Hanum Kusuma Dewi • 26 Apr 2021
cover

Ilustrasi kopi cantik di kafe yang bisa dihemat selama bulan Puasa dan dialihkan untuk investasi reksadana. (shutterstock)

Bareksa.com - Selama bulan puasa, kita tidak hanya bisa menahan hawa nafsu dari lapar dan haus, tetapi juga menahan diri dari godaan pengeluaran yang tidak perlu. Contohnya, ngopi-ngopi cantik di kafe atau membeli minuman boba kekinian. 

Segelas kopi di kafe, yang biasa dinikmati sambil mengobrol bersama teman, bisa menghabiskan sekitar Rp50.000. Meski terkesan kecil setiap hari, kalau diakumulasikan selama sebulan bisa mencapai Rp1,5 juta untuk kopi saja. 

Momen Ramadan 2021 ini bisa kamu manfaatkan untuk menghemat pengeluaran kopi sembari mengatur keuangan. Uang penghematan ini bisa disimpan untuk tujuan keuangan masa depan, dengan cara investasi. 

Satu investasi mudah dan terjangkau adalah reksadana, yang bisa dibeli secara online. Membeli reksadana juga bisa melalui fitur OVO | Invest yang merupakan kerja sama antara OVO dan Bareksa sebagai Agen Penjual Reksadana (APERD) untuk menyediakan reksadana pasar uang Manulife OVO Bareksa Likuid (MOBLI). 

Investasi reksadana di OVO | Invest terjangkau karena bisa dibeli dengan modal mulai Rp10.000. Proses pendaftaran dan verifikasi data di aplikasi OVO juga mudah, sehingga kamu bisa segera memulai investasi reksadana. 

Selain itu, investasi reksadana punya potensi imbal hasil yang lebih tinggi daripada menabung biasa dan bersih karena tidak dipotong pajak lagi. Menurut data historis per 23 April 2021, reksadana MOBLI mencatat imbal hasil 0,31 sebulan, atau sekitar 3,72 persen disetahunkan. 

Bagaimana hasilnya kalau penghematan uang kopi cantik selama bulan puasa ini disimpan di reksadana? 

Misalnya kamu bisa menghemat Rp1,5 juta selama bulan puasa ini. Kemudian, kamu melanjutkan kebiasaan investasi reksadana Rp1,5 juta ini di bulan-bulan berikutnya selama setahun ke depan. 

Berdasarkan simulasi investasi reksadana Bareksa, bila kamu rutin menambah (top up) reksadana tiap bulan, dalam setahun kamu bisa mengumpulkan hasil investasi Rp18,32 juta. Hasil investasi ini bersih tanpa potongan pajak dan biaya administrasi lagi. 

Ilustrasi Simulasi Investasi Reksadana

Sumber:Bareksa.com

Dengan uang segitu, kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhan keuangan yang penting di tahun depan, misal ingin liburan ke luar kota atau mengganti gadget baru. Uang di reksadana ini juga bisa dicairkan secara cepat ke OVO Cash, sehingga bisa digunakan untuk belanja atau pembayaran. 

Ayo, jadikan puasa Ramadan ini sekaligus momen untuk mengatur keuangan lebih baik. 

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini 

- Beli reksadana, klik tautan ini 

- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store

- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore 

- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER

Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.