BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Jangan Takut Investasi, 5 Hal Ini Hanya Mitos

Bareksa22 Februari 2021
Tags:
Jangan Takut Investasi, 5 Hal Ini Hanya Mitos
Investor pemula baiknya pahami dulu soal investasi, termasuk reksadana. Karena hal-hal yang kamu dengar soal investasi itu bisa saja hanya mitos.

Faktanya, investasi lebih dari sekadar menabung karena bisa mengalahkan inflasi

Bareksa.com - Investasi adalah menyimpan sebagian uang dalam aset dengan harapan nilainya bisa tumbuh di masa depan. Investasi lebih dari sekadar menabung karena diharapkan bisa mengalahkan inflasi atau kenaikan harga di masa depan.

Kita tahu kalau investasi itu berpotensi memberikan keuntungan, tetapi masih juga takut. Alasannya banyak, takut rugi hingga butuh modal yang besar. Benarkah?

Pelajari dulu soal investasi, termasuk reksadana. Karena hal-hal yang kamu dengar soal investasi itu bisa saja hanya mitos. Berikut ulasannya.

Promo Terbaru di Bareksa

1. Butuh Modal Besar

Kata orang, investasi itu butuh modal besar. Ini mungkin berlaku kalau kita ingin investasi tanah atau properti. Tapi, ini cuma mitos, karena investasi bisa dimulai dengan modal mulai dari Rp10.000 saja.

Reksadana pasar uang Manulife OVO Bareksa Likuid dalam fitur Invest di aplikasi OVO bisa dibeli mulai dari Rp10.000. Fitur ini merupakan kolaborasi OVO dengan Bareksa sebagai APERD dan Manulife Aset Manajemen Indonesia sebagai manajer investasi.

2. Risiko Tinggi

Ada yang bilang investasi itu risikonya tinggi karena bisa rugi dan uang kita bisa hilang semuanya. Wah, kalau itu namanya judi ya bukan investasi.

Investasi di reksadana pasar uang risikonya terbilang rendah. Mengapa? Sebab, isi reksadana pasar uang adalah aset yang stabil seperti deposito dan obligasi yang jatuh tempo kurang dari setahun. Sangat kecil kemungkinannya kita bisa rugi di sini.

3. Prosedur Sulit

Membayangkan investasi harus bikin surat izin, pergi ke bank, lalu siapkan berbagai macam dokumen? Itu sudah tidak zaman lagi karena sekarang semua bisa dilakukan online melalui aplikasi OVO di smartphone kita.

Hanya butuh KTP dan foto selfie, serta verifikasi rekening bank, kita sudah bisa memulai investasi di fitur OVO | Invest. Lalu, dengan koneksi internet saja, kita juga tidak perlu keluar rumah.

4. Sulit Dipantau

Namanya menaruh uang, kita pasti selalu ingin tahu bagaimana kondisi hasil investasi kita. Kalau investasi reksadana, lihat hasilnya di mana?

Tak perlu bingung, untuk memantau investasi reksadana kita hanya perlu buka aplikasi OVO kapan saja dan di mana saja. Semuanya ada di genggaman tangan kita.

5. Susah Dicairkan

Takutnya kalau sudah mulai investasi, nanti uangnya susah diambil. Jangan khawatir karena itu cuma mitos. Sebab reksadana di OVO | Invest bisa dicairkan secara cepat ke saldo OVO Cash dan langsung bisa dipakai untuk pembayaran dan belanja.

Nah sudah tahu kan kalau 5 hal itu cuma mitos belaka. Sekarang tunggu apa lagi, ayo mulai investasi reksadana di OVO | Invest.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa, klik di sini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

DISCLAIMER

Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,62

Up0,74%
Up4,00%
Up0,02%
Up6,36%
Up19,84%
-

Capital Fixed Income Fund

1.760,38

Up0,56%
Up3,43%
Up0,02%
Up7,02%
Up18,00%
Up42,94%

STAR Stable Income Fund

1.911,44

Up0,52%
Up2,88%
Up0,02%
Up6,21%
Up31,34%
Up59,99%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.765,08

Up0,50%
Up3,61%
Up0,02%
Up5,37%
Up20,01%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,61

Up0,45%
Up2,06%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 0,64%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua