BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Ada 4 Jenis Reksadana di BukaReksa, Mana yang Cocok Buat Kamu?

Bareksa09 Agustus 2018
Tags:
Ada 4 Jenis Reksadana di BukaReksa, Mana yang Cocok Buat Kamu?
Ilustrasi investor wanita sedang duduk di depan laptop melamun berpikir bingung untuk memilih produk investasi reksadana, saham, obligasi yang cocok.

Investor wajib mengetahui profil risikonya sebelum memutuskan untuk berinvestasi di reksadana

Bareksa.com - Perkembangan teknologi telah membuat hidup kita semakin mudah. Situs perdagangan dalam jaringan (e-commerce) memungkinkan jual beli barang tanpa harus bertemu muka antara penjual dan pembeli serta menggunakan uang fisik. Kemudahan ini juga sekarang tersedia untuk kegiatan investasi, yaitu menanamkan modal demi mendapat keuntungan di masa depan.

Salah satu fitur investasi di situs online adalah BukaReksa, yang merupakan hasil kerja sama antara e-commerce Bukalapak dan Bareksa sebagai penjual reksadana. Dengan fitur BukaReksa, kita bisa membeli reksadana dari mana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan telepon pintar dan sentuhan jari.

Mengapa harus menabung di reksadana?

Promo Terbaru di Bareksa

Karena menabung di reksadana ini memiliki potensi keuntungan yang lebih besar dibandingkan menabung di celengan atau di rekening bank. Selain itu, kita tidak perlu pergi ke bank, ke kantor manajer investasi atau keluar rumah.

Keunggulan lain dari menabung reksadana di fitur BukaReksa ini adalah modal awal yang sangat terjangkau, cukup Rp10.000. Bandingkan dengan pembukaan rekening di bank atau deposito yang membutuhkan minimal saldo lebih besar.

Kemudian, produk yang tersedia beragam. Kini ada 10 produk reksadana dari empat jenis reksadana yang bisa dibeli oleh para pengguna (user) Bukalapak.

Untuk jenis reksadana pasar uang, terdapat dua produk, yaitu CIMB Principal Bukareksa Pasar Uang dan Reksa Dana Syariah Mandiri Bukareksa Pasar Uang.

Kemudian, untuk jenis pendapatan tetap, ada empat produk. Produk-produk tersebut adalah Syailendra Fixed Income Fund, CIMB-Principal Total Return Bond Fund, Mandiri Investa Dana Syariah, dan Reksa Dana Ashmore Dana Obligasi Nusantara.

Dari jenis campuran, ada dua produk yang bisa kamu pilih di BukaReksa, yaitu Kresna Flexima dan Cipta Syariah Balance.

Terkhir, dari jenis reksadana saham, ada dua produk juga yang tersedia. Produk-produk itu adalah BNP Paribas Pesona dan BNP Paribas Pesona Syariah.

Reksadana mana yang cocok untuk kamu?

Investor wajib mengetahui profil risikonya sebelum memutuskan untuk berinvestasi di reksadana. Umumnya, profil risiko yang menggambarkan karakter investor dalam berinvestasi ini terbagi 3 tipe yaitu tipe konservatif, moderat, dan agresif.

Konservatif

Investor bertipe konservatif ini memiliki profil risiko yang rendah dan cenderung menghindari risiko (risk averse). Dalam hal berinvestasi, investor ini lebih menyukai instrumen investasi yang aman dan takut jika pokok investasi (modal awal) akan berkurang. Selain itu, tipe investor ini juga merasa nyaman dengan instrumen investasi yang imbal hasilnya tidak terlalu besar tetapi bergerak stabil.

Selain tabungan dan deposito bank, investasi yang cocok bagi investor tipe ini adalah reksadana pasar uang. Instrumen lain seperti reksadana pendapatan tetap atau obligasi pemerintah juga dapat menjadi pilihan investor berprofil risiko ini. Sebab, kedua aset tersebut berpotensi menghasilkan imbal hasil lebih tinggi dengan risiko yang relatif rendah dalam jangka menengah hingga panjang.

Dengan imbal hasil produk yang terlalu besar, ada baiknya investor konservatif ini melakukan investasi dengan tujuan jangka panjang untuk memaksimalkan hasil investasinya. Sebab, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai nilai investasi yang diinginkan tidak akan bisa diperoleh dalam jangka waktu pendek dari instrumen investasi yang cocok untuk investor dengan profil ini.

Tipe Moderat (sedang)

Investor yang berprofil risiko moderat (sedang) ini memliki karakteristik yang siap menerima fluktuasi jangka pendek dengan potensi keuntungan yang diharapkan dapat lebih tinggi dari inflasi dan deposito.

Dalam hal ini, pengetahuan bahwa investasi reksadana bisa bergerak naik atau turun (fluktuatif) sudah dipahami oleh investor. Akan tetapi, mereka tetap saja tidak ingin uangnya hilang sama sekali saat berinvestasi.

Pilihan jenis reksadana yang cocok untuk tipe investor moderat ini adalah reksadana campuran yang risikonya masih relatif rendah, dibandingkan dengan saham atau reksadana saham. Namun, reksadana campuran ini juga memiliki potensi keuntungan yang tidak kalah dari reksadana jenis lainnya.

Tipe Agresif

Pemilik profil risiko agresif sangat siap untung dan juga siap rugi (risk taker). Orang dengan profil risiko agresif siap kehilangan sebagian besar bahkan seluruh dana investasinya demi imbal hasil yang besar.

Pemilik profil risiko agresif ini siap untuk berinvestasi di seluruh instrumen keuangan seperti reksadana saham dan juga termasuk trading saham, valas, indeks dan komoditas. Tipe ini juga biasanya memiliki keberanian untuk terjun langsung ke dunia bisnis dan properti.

Nah, kalau sudah tahu profil risiko masing-masing, sekarang kita bisa pilih jenis produk investasi reksadana di BukaReksa yang sesuai untuk tujuan keuangan kita.

Untuk lebih lengkapnya, baca juga cara mudah bertransaksi reksadana di BukaReksa di sini.

* * *

Ingin berinvestasi reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.773,76

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,73%
Up17,30%
Up44,83%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,17

Up0,88%
Up4,09%
Up0,03%
Up5,78%
Up18,69%
-

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,53

Down- 0,32%
Up2,73%
Up0,01%
Up3,85%
Up18,24%
Up46,77%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.046,42

Up0,71%
Up2,82%
Up0,02%
Up3,06%
Down- 1,49%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.037,25

Up0,52%
Up3,63%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua