BeritaArrow iconBareksa NavigatorArrow iconArtikel

Fluktuasi Pasar Sedang Tinggi, Investor Bisa Pilih ORI021

Bareksa28 Januari 2022
Tags:
Fluktuasi Pasar Sedang Tinggi, Investor Bisa Pilih ORI021
Ilustrasi investor generasi milenial yang berbondong-bondong berinvestasi di reksadana dan SBN Ritel secara online melalui ponsel, salah satunya SBN Ritel seri ORI021. (Shutterstock)

Dengan berinvestasi di ORI021, selain aman dan cuan, investor juga membantu pembangunan negara

Bareksa.com - Saat fluktuasi di pasar keuangan sedang cukup tinggi, investor dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi di instrumen Surat Berharga Negara (SBN). Salah satu SBN yang saat ini sedang dalam masa penawaran adalah SBN Ritel jenis Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021, yang ditawarkan 24 Januari - 17 Februari 2022.

Selain memberikan imbal hasil (kupon) tetap, jika berinvestasi di ORI021, investor sekaligus membantu negara karena dana yang diperoleh dari hasil penerbitan akan digunakan untuk pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Pemerintah menetapkan kupon ORI021 sebesar 4,9 persen per tahun, atau 1,4 persen lebih besar dari suku bunga acuan Bank Indonesia 3,5 persen.

Promo Terbaru di Bareksa

Di sisi lain, meskipun fluktuasi di pasar saham pekan ini semakin tinggi, seiring kenaikan kasus harian Covid-19 dalam negeri, serta rencana percepatan kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika (Fed Fund Rate), namun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih berhasil mencatatkan kenaikan 0,45 sepanjang bulan berjalan di Januari 2022 (per 27 Januari).

Menurut analisis Bareksa, penguatan pasar saham tersebut disebabkan optimisme investor terhadap penanganan Covid-19 di Indonesia, yang berpotensi menjaga stabilitas daya beli masyarakat serta menopang perekonomian dalam negeri. IHSG pada 27 Januari 2022 naik 0,65 persen ke level 6.611.

Baca : Kerahkan Sinergi Ekosistem, Grab-OVO Ikut Mendukung Perluasan Distribusi SBN Melalui Bareksa​

Seiring tingginya fluktuasi pasar keuangan, selain mempertimbangkan ORI021, investor dengan profil risiko moderat dan agresif juga bisa memantau beberapa produk reksadana pendapatan tetap, reksadana saham dan reksadana indeks yang telah mencatatkan kinerja memuaskan berikut ini :

Imbal Hasil 3 Tahun (per 27 Januari 2022)

Reksadana Pendapatan Tetap

Eastspring Syariah Fixed Income Amanah Kelas A : 29,5 persen
TRIM Dana Tetap 2 : 22,45 persen

Imbal Hasil 6 Bulan (per 27 Januari 2022)

Reksadana Saham

BNI-AM Inspiring Equity Fund : 9,51 persen
Schroder Dana Prestasi Plus : 9,18 persen

Reksadana Indeks

Syailendra MSCI Indonesia Value Index Fund : 18,7 persen
RHB SRI KEHATI Index Fund : 17 persen

Baca : Bareksa Raih Pendanaan Seri C dari Grab, Kukuhkan Sinergi Grab - Bareksa - OVO

***

Bareksa's Investor Navigator

Reksadana

Analisis Bareksa melihat pada perdagangan hari ini reksadana berbasis pendapatan tetap dan saham, masih menarik mengingat investor global dan domestik sudah priced in terhadap risiko kenaikan suku bunga The Fed pada Maret nanti. Artinya, risiko penurunan harga saham maupun obligasi semakin kecil.

Emas

Menurut analisis Bareksa, investor dapat melakukan aksi beli secara bertahap di emas, mengingat harga emas terkoreksi kembali ke level US$1,793 dolar per troy onz pada perdagangan kemarin.

Penurunan tersebut karena sentimen rilis pertumbuhan ekonomi AS mencapai 6,9 persen pada kuartal IV 2021. Artinya, risiko perlambatan pemulihan ekonomi akan berkurang dan biasanya investor akan cenderung membeli aset berisiko.

Namun, prospek investasi emas dalam jangka panjang masih cukup menarik karena sebagai salah satu aset safe haven.

Baca : Kolaborasi PT Pegadaian - Bareksa, Hadirkan Tabungan Emas Online untuk Investasi Terintegrasi

Investasi Sekarang

(Ariyanto Dipo Sucahyo/Sigma Kinasih/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI021 merupakan salah satu jenis SBN Ritel yang memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar. Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua