BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

3 Juta Jemaah akan Umroh Ramadan 2023, Yuk Siapkan Biaya ke Tanah Suci Sesuai Syariah

Hanum Kusuma Dewi08 Maret 2023
Tags:
3 Juta Jemaah akan Umroh Ramadan 2023, Yuk Siapkan Biaya ke Tanah Suci Sesuai Syariah
Ilustrasi jemaah yang bersiap berangkat umroh sekeluarga, suami, istri dan anak, dengan modal dari hasil investasi di reksadana syariah di fitur Bareksa Umroh. (Shutterstock)

Bareksa menawarkan solusi menabung reksadana syariah untuk mengumpulkan biaya perjalanan umroh melalui fitur Bareksa Umroh

Bareksa.com - Menjalankan ibadah umroh terlebih di bulan suci Ramadan, menjadi dambaan umat Islam seluruh dunia. Nah pada bulan suci Ramadan tahun ini, pemerintah Arab Saudi memperkirakan sekitar 3 juta jemaah akan menjalankan umroh.

Melansir Republika, pemerintah Arab Saudi merilis program bertajuk "from arrival to access", yang di dalamnya berfokus pada perjalanan jemaah. Dimulai sejak jemaah tiba di halaman luar dua tempat suci, lalu mendapatkan akses ke layanan mengitari Kabah di Masjidil Haram dan berjalan di antara dua bukit Safa dan Marwah.

Pemerintah Arab Saudi juga memastikan adanya layanan terbaik bagi jemaah ke tempat-tempat shalat dan itikaf (berdzikir). Skema tersebut dirancang untuk memfasilitasi pelaksanaan tahajud di sekitar Ka'bah Suci, bagi sekitar 107 ribu jemaah umroh per jam.

Promo Terbaru di Bareksa

"Rencana operasi Ramadan dipusatkan pada kehadiran di lapangan, memegang tanggung jawab serta menyediakan lingkungan yang aman dan sehat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi," kata Kepala Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci Abdul Rrahman Al Sudais seperti dilansir Republika dari Gulf News, Senin (6/3/2023).

Tidak hanya itu, operasional kali ini juga berupaya mendiversifikasi inisiatif yang ada, memanfaatkan kecerdasan buatan secara optimal, serta menggunakan aplikasi di berbagai bidang untuk melayani jumlah jemaah umroh dan pengunjung yang sangat tinggi.

Adapun 1 Ramadhan 1444 Hijriah yang sudah diketahui umum menurut Muhammadiyah, jatuh pada tanggal 23 Maret 2023. Sementara 1 Ramadhan 1444 H menurut Nahdatul Ulama (NU) dan pemerintah sampai hari ini belum diumumkan. Namun demikian biasanya tidak berbeda jauh bahkan bisa juga datang pada hari yang sama.

Siapkan Tabungan Umroh yang Halal dan Cuan, Klik di Sini

Bareksa Umroh

Bagi Kamu yang berniat untuk berangkat umroh, perlu menyiapkan biayanya. Bila ingin dana tabungan umroh aman, berpotensi cuan dan sesuai prinsip syariah, maka bisa memanfaatkan fitur tabungan umroh di Bareksa Umroh. Sebab fitur ini menyediakan layanan menabung umroh dengan menempatkannya atau berinvestasi di reksadana syariah.

Dana Kamu disimpan dengan aman di bank kustodian yang pengelolaannya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Artinya, dana nasabah yang berinvestasi di Bareksa Umroh tidak disimpan di rekening perusahaan Bareksa dan agen travel, atau bahkan rekening pribadi pemilik perusahaan, sehingga tidak rawan penyimpangan atau penipuan.

Dana tersebut aman dan transparan tersimpan di bank kustodian dan juga tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia via AKSes KSEI. Artinya selain via aplikasi Bareksa, nasabah juga bisa memantau perkembangan tabungan umrohnya melalui AKSes KSEI. Ini bisa mengantisipasi kalau terjadi apa-apa atau eror di aplikasi Bareksa, dana tabungan umroh itu bisa dipantau via web atau aplikasi AKSes KSEI.

Di platform Bareksa Umroh, tersedia beragam paket umroh yang bisa Smart Investor pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan. Tabungan umroh di Bareksa Umroh menggunakan reksadana syariah yang halal dan sifatnya fleksibel dengan rencana Tabungan hingga tiga tahun.

Dengan fitur Bareksa Umroh di super app investasi Bareksa, Smart Investor bisa dengan mudah memantau perkembangan investasinya, dan menambah jumlah Tabungan Umroh dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa bekerja sama dengan mitra penyelenggara perjalanan umroh resmi yakni Khalifah Tour, Al Qadri dan Travel Umroh. Ketiga mitra penyelenggara itu telah memiliki izin penyelenggaraan umroh yakni Khalifah Tour dengan izin umroh nomor U.509 tahun 2021, Al Qadri dengan izin umroh nomor 816 tahun 2017, dan Travel Umroh dengan izin umroh nomor 1020 tahun 2019.

Siapkan Tabungan Umroh yang Aman dan Cuan Sekarang, Klik di Sini

Cara Siapkan Tabungan Umroh

Selain halal dan berpeluang memberikan imbal hasil lebih tinggi dari menyimpannya di tabungan biasa, juga aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di platform Bareksa Umroh kamu bisa memilih beragam paket umroh sesuai kebutuhan dan kemampuan. Kamu juga bisa melakukan simulasi atas investasi yang ditanamkan. Berikut cara menabung reksadana di Bareksa Umroh

1. Simulasikan Tabungan

Ketika membuka fitur Umroh di super app Bareksa, kamu bisa membuat simulasi mulai dari jumlah jemaah, target waktu pencapaian, dan target paket umroh yang ingin dibeli. Sesuai detail yang dipilih, akan muncul estimasi biaya, dengan asumsi kenaikan harga 3% per tahun. Dari simulasi itu, ada hitungan perkiraan nabung/dana yang perlu disiapkan per bulan.

Untuk gambaran, misalnya kamu ingin menyiapkan biaya umroh untuk dua orang dan target mengumpulkan semua biaya umroh pada Maret 2024. Perkiraan biaya umroh yang ingin dicapai adalah Umroh Series Makkah 9 Hari dari Khalifah Tour dengan harga paket umroh Rp28,9 juta per orang, atau total biaya umroh dua orang Rp57,8 juta.

Dengan asumsi kenaikan harga sekitar 3% per tahun, estimasi biaya umroh untuk 2 orang pada Maret 2024 mencapai Rp59,55 juta. Maka, dengan target tersebut, kamu perlu menabung rutin sekitar Rp4.795.730 per bulan atau setara Rp160 ribuan per hari selama 12 bulan.

Illustration

2. Buat Tabungan

Smart Investor bisa langsung membuat tabungan dari simulasi yang baru dibuat, atau bisa menyimpan dulu. Dari sini Tabungan sudah dibuat, tetapi masih kosong. Makanya, investor bisa Mulai Nabung agar target Tabungan Umroh semakin dekat.

3. Pilih Reksadana

Akan tampil rekomendasi reksadana yang mencatat return (imbal hasil) tertinggi. Atau, investor bisa memilih reksadana lainnya. Kalau sudah klik Pilih dan lihat informasinya, klik Beli Reksadana.

Selesaikan pembelian reksadana hingga pembayaran selesai. Transaksi akan tercatat di Menu Transaksi dalam super app Bareksa.

4. Top Up Tabungan

Smart investor bisa menambah jumlah Tabungan Umroh kapan saja dan berapa saja. Semakin sering dan semakin besar nilai top up, semakin dekat dengan target dana Umroh kamu.

Bareksa Umroh sudah memberikan Pengingat Jadwal Nabung berupa notifikasi agar kamu top up reksadana syariah kamu sesuai dengan jadwal yang kamu buat sebelumnya.

5. Daftar Umroh Langsung

Kalau dana Tabungan Umroh sudah terkumpul, kamu bisa langsung mendaftar Umroh dengan dana Tabungan langsung dari aplikasi Bareksa.

6. Berangkat Umroh

Keberangkatan umroh investor akan dipandu oleh agen travel terpercaya dengan sertifikat dari Kementerian Agama.


Keunggulan Tabungan Umroh di Bareksa Umroh

Dalam menyiapkan tabungan umroh di Bareksa Umroh, investor menyimpan dana tabungannya di reksadana syariah. Tabungan Umroh di Bareksa Umroh berbeda dengan tabungan biasa dan memiliki enam kelebihan :

1. Pasti Aman
Uang tabungan nasabah akan disimpan di reksadana syariah, sebagai instrumen investasinya. Tidak dipegang langsung oleh pihak travel atau agen penjual, melainkan disimpan di reksadana.

2. Layanan Lengkap
Layanan Bareksa Umroh terpadu dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan tabungan di reksadana syariah, pembelian paket umroh, keberangkatan umroh, hingga perjalanan pulang ke tanah air.

3. Serba Online
Pendaftaran dilakukan 100% online, dengan hanya menggunakan e-KTP. Proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.

4. Terpercaya
Bareksa
bermitra dengan agen biro perjalanan (agen travel) yang sudah memiliki reputasi. Tiap mitra agen travel telah memiliki sertifikat untuk keberangkatan umroh yang diatur oleh Kementerian Agama.

5. Sesuai Syariah
Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.

6. Fleksibel & Potensi Imbal Hasil
Top up tabungan umroh tidak mengikat, Smart Investor bebas top up kapanpun dan berapapun. Dengan reksadana syariah, tabungan berpotensi tumbuh dan meraih imbal hasil lebih besar dari tabungan bank atau deposito.

Siapkan Tabungan Umroh di Reksadana Syariah Sekarang, Klik di Sini

Kinerja Imbal Hasil Reksadana Syariah di Bareksa Umroh

Illustration

Sumber : Bareksa, kinerja per 8 Maret 2023

Investasi di reksadana syariah juga halal karena telah mendapatkan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Siapkan tabungan umroh di platform Bareksa Umroh. Pilih produk yang sesuai dengan profil risiko.

Ayo menabung umroh di reksadana syariah di Bareksa Umroh dan wujudkan niat ke Tanah Suci!

Siapkan Tabungan Umroh yang Halal dan Cuan, Klik di Sini

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi reksadana syariah yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Buat tabungan umroh, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Tabungan umroh di Bareksa tidak mengikat pada pembelian paket dan keberangkatan umroh.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua