BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Awas! Penipuan Berkedok Umroh Kembali Terjadi, Hindari dengan Cara Ini

Abdul Malik23 November 2022
Tags:
Awas! Penipuan Berkedok Umroh Kembali Terjadi, Hindari dengan Cara Ini
Penyidik Subdit 1 Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Sumsel ketika melakukan penggeladahan kantor Abu Tours cabang Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (27/2). Kasus Abu Tours merupakan kasus penipuan berkedok umroh terbesar di Tanah Air. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Kasus penipuan berkedok umroh kembali memakan korban, yang terbaru di Majalengka dengan 21 korban

Bareksa.com - Bisa menunaikan umroh merupakan impian bagi setiap umat Muslim, selain ibadah haji. Namun amat disayangkan, ibadah yang bersifat sakral tersebut sering dijadikan kedok oleh para penipu dalam menjerat korbannya.

Teranyar, adalah kasus penggelapan dana atau penipuan berkedok umroh di Blok Kamis, Desa Karanganyar, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka dengan 21 korban. Polisi mengungkapkan nilai kerugian para korban mencapai Rp600 juta, dari besaran biaya umroh yang ditawarkan kepada para korban bervariasi antara Rp28 juta sampai Rp32,5 juta per orang.

Sebelumnya, beberapa kasus penipuan umroh bodong juga menggemparkan masyarakat. Di antaranya kasus Abu Tours pada Maret 2018 dengan jumlah korban 86.720 jemaah di 15 provinsi dan nilai kerugian Rp1,8 triliun.

Promo Terbaru di Bareksa

Kemudian kasus First Travel pada Mei 2018 dengan jumlah korban 63.000 jamaah dengan nilai kerugian mencapai Rp905,33 miliar, Usmaniyah Hannien Tour pada Mei 2018 dengan jumlah korban 1.800 jamaah dan total kerugian Rp37, 8 miliar, serta Solusi Balad Lumampah pada Oktober 2018 dengan jumlah korban 12.845 jemaah dan nilai kerugian Rp300 miliar.

Masih maraknya kasus penipuan berkedok umroh akibat besarnya animo masyarakat yang ingin beribadah ke Tanah Suci. Hal ini dimanfaatkan sejumlah orang untuk meraup keuntungan dengan cara menipu para calon jemaah umroh.

Lima Pasti

Pemerintah melalui Kementerian Agama sejatinya terus mengimbau masyarakat untuk berangkat umroh melalui Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) terdaftar dan berizin. Agar tidak tertipu oleh travel umroh ilegal atau bodong, calon jemaah bisa menghindarinya dengan cara lima pasti, yakni :

1. Pastikan apa nama PPIU-nya dan pastikan apakah PPIU tersebut sudah resmi mendapat izin dari Kemenag
2. Pastikan kapan tanggal dan jam jadwal keberangkatan ke Tanah Suci dan pastikan apa nama maskapai dan nomor penerbangannya
3. Pastikan berapa harga paket umroh dan pastikan apa saja pelayanan yg didapat jemaah dengan harga tersebut
4. Pastikan apa nama dan alamat hotel yang akan didiami selama jemaah berada di Tanah Suci
5. pastikan visa yg digunakan dalam perjalanan umroh

Bareksa Umroh

Buat Smart Investor yang berniat untuk berangkat umroh, namun ingin dananya aman dan berpotensi cuan, bisa memanfaatkan fitur tabungan umroh di Bareksa Umroh. Sebab fitur ini menyediakan layanan menabung umroh dengan menempatkannya atau berinvestasi di reksadana syariah.

Dana Smart Investor disimpan dengan aman di bank kustodian yang pengelolaannya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Artinya, dana nasabah yang berinvestasi di Bareksa Umroh tidak disimpan di rekening perusahaan, atau bahkan rekening pribadi, sehingga tidak rawan penyimpangan atau penipuan.

Di platform Bareksa Umroh, tersedia beragam paket umroh yang bisa Smart Investor pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan. Tabungan umroh di Bareksa Umroh menggunakan reksadana syariah yang halal dan sifatnya fleksibel dengan rencana Tabungan hingga tiga tahun.

Dengan fitur Bareksa Umroh di super app investasi Bareksa, Smart Investor bisa dengan mudah memantau perkembangan investasinya, dan menambah jumlah Tabungan Umroh dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa bekerja sama dengan mitra penyelenggara perjalanan umroh resmi yakni Khalifah Tour, Al Qadri dan Travel Umroh. Ketiga mitra penyelenggara itu telah memiliki izin penyelenggaraan umroh yakni Khalifah Tour dengan izin umroh nomor U.509 tahun 2021, Al Qadri dengan izin umroh nomor 816 tahun 2017, dan Travel Umroh dengan izin umroh nomor 1020 tahun 2019.

Cara Siapkan Tabungan Umroh

Selain halal dan berpeluang memberikan imbal hasil lebih tinggi dari menyimpannya di tabungan biasa, juga aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di platform BareksaUmroh smart investor bisa memilih beragam paket umroh sesuai kebutuhan dan kemampuan. Smart investor juga bisa melakukan simulasi atas investasi yang ditanamkan.

Menyiapkan tabungan umroh di BareksaUmroh ada enam kelebihan :

1. Pasti Aman

Uang tabungan nasabah akan disimpan di reksadana syariah, sebagai instrumen investasinya. Tidak dipegang langsung oleh pihak travel atau agen penjual, melainkan disimpan di reksadana Bareksa.

2. Layanan Lengkap

Layanan BareksaUmroh terpadu dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan tabungan di reksadana syariah, pembelian paket umroh, keberangkatan umroh, hingga perjalanan pulang ke tanah air.

3. Serba Online

Pendaftaran dilakukan 100 persen online, dengan hanya menggunakan e-KTP. Proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.

4. Terpercaya

Bareksa bermitra dengan agen biro perjalanan (agen travel) yang sudah memiliki reputasi. Tiap mitra agen travel telah memiliki sertifikat untuk keberangkatan umroh yang diatur oleh Kementerian Agama.

5. Sesuai Syariah

Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.

6. Fleksibel & Potensi Imbal Hasil

Top up tabungan tidak mengikat, smart investor bebas top up kapanpun dan berapapun. Dengan reksadana syariah, tabungan berpotensi tumbuh dan meraih imbal hasil lebih besar dari tabungan bank atau deposito.

Illustration

Sumber : Bareksa

Investasi di reksadana syariah juga halal karena telah mendapatkan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Siapkan tabungan umroh di platform Bareksa Umroh. Pilih produk yang sesuai dengan profil risiko.

Promo Tabungan Umroh di Bareksa

Agar tabungan umroh bisa terkumpul sesuai rencana, disiplin atau konsisten top up reksadana syariah tentu menjadi kunci. Ikuti Promo 11.11 FundFest Bareksa Umroh untuk meraih hadiah reksadana senilai Rp50.000.

Caranya mudah, mulai Tabungan Umroh senilai minimal Rp500.000 dengan kode promo 11UMROH500 untuk transaksi pertama. Atau, top up lagi Tabungan Umroh senilai minimal Rp1 juta di Bareksa Umroh menggunakan kode promo 11UMROH1K untuk investor setia. Simak juga syarat dan ketentuannya berikut ini :

Syarat dan Ketentuan Promo 11.11 FUNDFEST Bareksa Umroh

1. Periode promo tanggal 2 - 30 November 2022
2. Promo berlaku KHUSUS untuk pembelian atau top up reksadana pada paket di Bareksa Umroh dengan kode promo yang dipilih
3. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
4. Dana tidak dicairkan hingga 30 Januari 2023
5. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
6. Investor dengan transaksi tercepat serta memenuhi kriteria holding period berhak memenangkan hadiah sesuai dengan kuota yang akan dibagikan selambatnya 30 hari kerja setelah pengumuman pemenang
7. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 16 Februari 2023 melalui media sosial dan email Bareksa
8. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindahtangankan
9. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Sebagai catatan, Tabungan Umroh menggunakan harga paket umroh dari mitra travel agent sebagai ilustrasi untuk mencapai target nilai tabungan, tetapi tidak mengikat pada pembelian paket umroh. Ketika target biaya umroh sudah terkumpul, investor akan dikonfirmasi untuk mencairkan reksadana dan membeli paket umroh.

(Martina Priyanti/AM)

***

Investasi Sekarang

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Tabungan Umroh tidak mengikat pada pembelian paket. Harga paket umroh akan disesuaikan dengan harga pada keberangkatan.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Up0,15%
Up3,81%
Up0,02%
Up5,82%
Up18,30%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,60%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,32%
Up17,24%
Up43,22%

STAR Stable Income Fund

1.917,73

Up0,56%
Up2,94%
Up0,02%
Up6,33%
Up30,71%
Up60,33%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,46%
Up3,74%
Up0,01%
Up4,38%
Up18,76%
Up47,23%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,22%
Up1,77%
Up0,01%
Up2,68%
Down- 2,15%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua