BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

10 Juta Jemaah Datang di Musim Umroh 1444 H, Siapkan Biaya ke Tanah Suci dengan Cara Ini

Hanum Kusuma Dewi25 Juli 2022
Tags:
10 Juta Jemaah Datang di Musim Umroh 1444 H, Siapkan Biaya ke Tanah Suci dengan Cara Ini
Ilustrasi sepasang suami istri yang bersiap berangkat umroh dari hasil menabung di reksadana syariah di BareksaUmroh. (Shutterstock)

Tabungan Umroh di Bareksa Umroh bisa menjadi cara mudah mengumpulkan biaya ke Tanah Suci

Bareksa.com - Pemerintah Arab Saudi memperkirakan 10 juta jemaah akan datang dalam musim Umroh selanjutnya, yang akan dibuka lagi pada 1 Muharram 1444 H, atau jatuh pada tanggal 30 Juli 2022.

Dilansir dari Saudi Gazette, Hani Al-Amiri, Wakil Ketua Komite Nasional Haji dan Umrah Arab Saudi, mengatakan dalam melayani 10 juta calon jemaah tersebut, pemerintah Saudi akan berkoordinasi dengan perusahaan penyedia Umroh berizin dalam menerima dan mengelompokkan jemaah di bandara, serta mengurus para peziarah di dalam kota suci Makkah dan Madinah.

Al-Amiri mengungkapkan ada sejumlah layanan bagi para jemaah yang akan diaktifkan pada awal musim umroh pada 1 Muharram 1444 H nanti. Ini termasuk aktivasi layanan perusahaan Saudi dan perusahaan yang memiliki izin untuk menyediakan layanan bagi jamaah umrah, serta layanan dari agen asing mereka di negara masing-masing, dari mana jamaah umroh berasal, dan pekerjaan agen virtual perusahaan dan perusahaan jasa umroh untuk semua negara.

Promo Terbaru di Bareksa

Al-Amiri mengatakan ada lebih dari 2.000 agen asing berkualitas dari berbagai negara di dunia yang disetujui oleh Kementerian Haji dan Umroh. Ada 34 platform reservasi elektronik lokal dan internasional yang disetujui oleh Kementerian Haji dan Umrah untuk menampilkan paket dan program untuk grup dan individu dalam sistem B2B dan B2C.

Program pembelian paket umroh dapat dilakukan melalui dompet yang disetujui yang diakreditasi oleh Gulf International Bank atau melalui metode pembayaran lain seperti Visa, MasterCard, Mada, dan metode pembayaran elektronik lainnya yang disetujui.

Baca juga Setelah Lebaran Haji 2022, Kapan Musim Umroh Dibuka Lagi? Ini Cara Siapkan Biayanya

Tabungan Umroh dengan Reksadana Syariah

Smart investor yang berniat melaksanakan ibadah umroh kini bisa bisa dengan mudah menyiapkan biaya dan memilih paket umroh dari mitra travel agent terpercaya dengan Bareksa Umroh. Tabungan Umroh di Bareksa Umroh menggunakan reksadana syariah yang halal dan sifatnya fleksibel.

Melalui tabungan umroh di Bareksa Umroh, perencanaan dibuat sesuai dengan kebutuhan smart investor. Tabungan Umroh di Bareksa Umroh mempunyai beberapa kelebihan seperti transaksi yang aman, terpercaya dan transparan, fleksibel.

Melalui Bareksa umroh, smart investor juga bisa terhindar dari travel agen umroh bodong dan tidak bertanggung jawab, karena Bareksa bekerja sama dengan travel agen umroh profesional dan terpercaya. Dana dalam Reksadana Syariah yang tersedia di Bareksa Umroh tidak dipegang langsung oleh Bareksa ataupun travel agent, tetapi disimpan di bank kustodian yang diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Reksadana syariah adalah produk resmi yang dikelola manajer investasi dan diawasi oleh OJK, serta telah mendapat fatwa kesesuaian syariah alias halal dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia.

Apa itu Bareksa Umroh ?

Bareksa Umroh merupakan salah satu inovasi Bareksa menyediakan layanan Investasi Reksadana dengan tujuan Berangkat Umroh. Selain menyediakan Reksadana Pasar Uang Syariah pilihan, Bareksa Umroh bekerjasama dengan mitra penyelenggara perjalanan ibadah umroh antara lain Al-Qadri, Khalifah Tour pergiumroh.com, Patuha, Babussalam Buana, Fath Indah, dan Umi Tour.

Tersedia paket perjalanan yang dapat dijadikan Target atau Tujuan Rencana Investasi. Jadi smart investor tidak hanya berinvestasi, hasil investasi tersebut dapat digunakan sebagai pembayaran Keberangkatan Umroh melalui platform Bareksa Umroh.

Reksadana jenis apa di Bareksa Umroh?

Reksadana yang digunakan merupakan Reksadana Pasar Uang Syariah. Reksadana pasar uang adalah jenis reksadana yang melakukan investasi pada jenis instrumen investasi pasar uang dengan masa jatuh tempo kurang dari satu tahun.

Bentuk instrumen investasi dalam portofolio reksadana pasar uang dapat berupa time deposit (deposito berjangka), certificate of deposit (sertifikat deposito), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) dan berbagai jenis instrumen investasi pasar uang lainnya. Tujuannya untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal. Risikonya relatif paling rendah dibandingkan reksadana jenis lainnya.

Adapun reksadana syariah adalah reksadana yang hanya dapat berinvestasi di efek keuangan yang sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah, dan tentunya masih terikat dengan batasan investasi yang ditetapkan oleh OJK.

Apa jaminan keamanan berinvestasi di Bareksa Umroh?

Bareksa merupakan salah satu fintech yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Anda dapat melihat nama Bareksa (PT Bareksa Portal Investasi) sebagai salah satu APERD (Agen Penjual Reksa Dana) yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan di link berikut https://reksadana.ojk.go.id/Public/APERDList.aspx

Apa keunggulan Bareksa Umroh?

Pasti Aman

Uang tabungan nasabah akan disimpan dalam reksadana syariah, sebagai instrumen investasinya. Tidak dipegang langsung oleh pihak travel atau agen penjual, melainkan disimpan di reksadana Bareksa.

Layanan Lengkap

Layanan Bareksa Umroh terpadu dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan tabungan di reksadana syariah, pembelian paket umroh, keberangkatan umroh, hingga perjalanan pulang ke tanah air.

Serba Online

Pendaftaran dilakukan 100 persen online, dengan hanya menggunakan e-KTP. Proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.

Terpercaya

Bareksa bermitra dengan agen biro perjalanan (agen travel) yang sudah memiliki reputasi. Tiap mitra agen travel telah memiliki sertifikat untuk keberangkatan umroh yang diatur oleh Kementerian Agama.

Sesuai Syariah

Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.

Fleksibel & Potensi Imbal Hasil

Menambah atau top up tabungan tidak mengikat, investor bebas top up kapanpun dan berapapun. Dengan reksadana syariah, tabungan berpotensi tumbuh dan meraih imbal hasil lebih besar dari tabungan bank atau deposito.

Sebagai contoh, satu produk reksadana pasar uang syariah yang tersedia di Bareksa Umroh dapat memberikan imbal hasil atau keuntungan 4,4 persen setahun (per 22 Juli 2022). Keuntungan ini sudah bersih karena tidak dipotong pajak dan biaya admin bulanan lagi, tidak seperti tabungan bank.

Illustration

Sumber: Bareksa

Sebagai catatan, Tabungan Umroh menggunakan harga paket umroh dari mitra travel agent sebagai ilustrasi untuk mencapai target nilai tabungan, tetapi tidak mengikat pada pembelian paket umroh. Ketika target biaya umroh sudah terkumpul, investor akan dikonfirmasi untuk mencairkan reksadana dan membeli paket umroh.

Baca juga Investasi Pakai OVO di Bareksa, Cashback Langsung dan Reksadana hingga Rp300 Ribu

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Tabungan Umroh tidak mengikat pada pembelian paket. Harga paket umroh akan disesuaikan dengan harga pada keberangkatan.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

STAR Stable Income Fund

1.917,73

Up0,52%
Up2,95%
Up0,02%
Up6,35%
Up30,73%
Up60,39%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua