Ingin Umroh 3 Tahun Lagi, Berapa Nilai Tabungan di Reksadana Syariah per Bulan?

Di platform Bareksa Umroh kamu bisa membuat perencanaan mandiri sesuai kemampuan dan kebutuhan
Bareksa • 05 Feb 2020
cover

Umat Muslim jemaah haji umroh sedang melaksanakan ibadah tawaf dalam rangkaian haji umroh di depan Kabah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. (Suhaimi Sulaiman / Shutterstock.com)

Bareksa.com - Apakah kamu punya niat untuk menunaikan umroh ke Tanah Suci? Keutamaan umroh sebagaimana disabdakan dalam hadits riwayat HR al-Bukhari dan Muslim. Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Ibadah umroh ke ibadah umroh berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Dilansir Nu.or.id, hadits tersebut merupakan dalil yang menunjukkan keutamaan memperbanyak ibadah umroh. Hal ini disebabkan umroh memiliki keutamaan yang agung, yaitu dapat menggugurkan dan menghapuskan dosa-dosa. Hanya saja, mayoritas ulama menjelaskan yang dimaksud dengan dosa-dosa di sini ialah dosa-dosa kecil, dan tidak termasuk dosa-dosa besar.

Kemudian, kebanyakan para ulama pun menyatakan bolehnya (seseorang) mempersering dan mengulang-ulang ibadah umroh ini dalam setahun sebanyak dua kali ataupun lebih. Kita semua sudah memaklumi kewajiban haji sekali sumur hidup. Haji merupakan ibadah wajib karena menjadi rukun Islam kelima. Orang yang sudah mampu mengadakan perjalanan ke baitulllahil haram terkena kewajiban menurut syariat. Meski begitu, ibadah umroh juga wajib hukumnya seumur hidup sekali sebagaimana kewajiban haji.

Nah, bagi kamu yang belum bisa menunaikan ibadah haji, meskipun mampu secara finansial namun karena daftar antrean yang lama, maka umroh bisa jadi pilihan sembari menunggu antrean haji. Kemenag mencatat rata-rata masa tunggu jemaah haji Indonesia saat ini sekitar 20 tahun. Bahkan di Bantaeng, Sulawesi Selatan misalnya, masa tunggu jemaah haji sudah mencapai 40 tahun, atau keberangkatan tahun 2060.

Jika kamu punya niat umroh 3 tahun lagi dan ingin menyiapkan tabungannya mulai sekarang, cobalah gunakan platform Bareksa Umroh. Dengan menabung di reksadana syariah, maka kamu berpotensi meraih imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan menabung biasa di tabungan syariah ataupun deposito syariah yang biasanya nisbah bagi hasilnya 51 persen bagi nasabah dan 49 persen bagi bank.

Selain itu nabung di reksadana syariah juga aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Dana kamu disimpan di bank kustodian, sehingga meminimalisir penyalahgunaan dana jemaah oleh travel-travel nakal yang tidak bertanggungjawab. Soal kehalalan reksadana syariah, jangan khawatir sebab reksadana syariah dikelola berdasarkan prinsip-prinsip Islami dan sudah mendapatkan fatwa halal dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Keuntungan lainnya, nilai imbal hasil reksadana syariah yang diterima nasabah tidak potong pajak karena bukan merupakan objek pajak. Berbeda dengan imbal hasil tabungan dan deposito syariah yang harus dipotong pajak. Platform Bareksa Umroh menyediakan tiga produk reksadana syariah yang bisa dipilih oleh calon jemaah umroh dalam merencanakan tabungan umrohnya. Tiga reksadana syariah itu ialah reksadana pasar uang syariah Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra, Cipta Dana Kas Syariah dan Syailendra Sharia Money Market Fund.


Sumber : Bareksa

Dalam sebulan terakhir (per 3 Februari 2020) tiga reksadana tersebut mencatatkan imbal hasil masing-masing Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra 0,47 persen, Cipta Dana Kas Syariah 0,23 persen dan Syailendra Sharia Money Market Fund 0,52 persen.

Sedangkan untuk periode 3 bulan dan 6 bulan masing-masing mencetak return Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra (1,44 persen dan 2,79 persen), Cipta Dana Kas Syariah (0,93 persen dan 2,29 persen) dan Syailendra Sharia Money Market Fund (1,57 peesen dan 3,1 persen).

Untuk jangka waktu 1 tahun Cipta Dana Kas Syariah mencatatkan imbal hasil 5,73 persen dan Syailendra Sharia Money Market Fund 6,3 persen.

Menyiapkan Tabungan Umroh

Merencanakan berangkat umroh 3 tahun lagi, kira-kira berapa nilai tabungan yang harus kamu siapkan setiap bulannya? Di platform Bareksa Umroh kamu bisa membuat perencanaan mandiri sesuai kemampuan dan kebutuhan. Kamu bisa memilih sendiri paket-paket yang tersedia dengan estimasi jangka waktu menabungnya. Misalnya perencanaan umroh untuk 1 orang, 2 orang, hingga 4 orang atau sekeluarga dengan beragam pilihan tipe kamar hotelnya.

Katakan kamu memilih paket Barokah 9 hari dengan harga paket Rp23,5 juta per orang, maka dana yang perlu kamu siapkan Rp652.778 per bulan (Rp653 ribuan). Dengan begitu dalam jangka 36 bulan atau 3 tahun, maka kamu telah mengumpulkan dana pokok investasi Rp23,5 juta atau mencukupi kebutuhanmu membiaya paket umroh Barokah.


Sumber : Bareksa Umroh

Ingin tahu potensi imbal hasilnya? Mari kita gunakan tools Kalkulator Investasi Bareksa. Rata-rata imbal hasil produk reksadana syariah di Bareksa Umroh 6,01 per tahun. Angka itu kita gunakan sebagai basis penghitungan dan masukkan dalam kolom return yang diharapkan. Dengan memasukkan nilai investasi reguler per bulan Rp652.778 dengan jangka investasi 36 bulan, kemudian klik tombol hitung. 

Dalam 3 tahun, tabungan pokok kamu telah mencapai Rp23,5 juta. Tidak hanya itu kamu juga berpotensi meraih imbal hasil karena berinvestasi di reksadana syariah, sehingga danamu berpotensi tumbuh menjadi Rp25,6 juta. Imbal hasil tersebut bisa kamu gunakan untuk tambahan uang saku selama umroh atau kebutuhan lainnya yang mendesak.

Sumber : Bareksa

Nah, setelah tabunganmu terkumpul apakah kamu wajib umroh dengan travel umroh yang tersedia di platform Bareksa Umroh? Jawabannya tidak, kamu bebas menarik danamu dan menggunakannya sesuai kebutuhan, atau bisa diinvestasikan kembali agar bisa bertumbuh dan berkembang lagi. Tertarik ingin mencobanya? 

Perlu diingat, rencana yang ada di Bareksa Umroh tidak mengikat dengan harga paket karena itu hanya perkiraan (estimasi). Jangka waktu juga tidak mengikat karena kita bisa mengatur sendiri dana per bulan sesuai kemampuan. Kalau kamu melewati jangka waktu, atau lebih cepat dari rencana, tidak akan dikenakan pinalti. Justru, semakin lama menabung reksadana, semakin besar potensi imbal hasil yang didapat.

* * *

Ingin menabung reksadana syariah untuk umroh?

- Cara daftar jadi nasabah Bareksa Umroh, klik tautan ini
- Sudah punya akun Bareksa dan mau nabung umroh, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.