BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Cara Menyiapkan Tabungan Umroh di Reksadana Syariah untuk Berangkat 3 Tahun Lagi

Bareksa24 Februari 2020
Tags:
Cara Menyiapkan Tabungan Umroh di Reksadana Syariah untuk Berangkat 3 Tahun Lagi
ilustrasi investor syariah pria memegang tasbih

Cukup nabung Rp21 ribuan atau tepatnya Rp21.759 per hari atau setara harga sebungkus rokok

Bareksa.com - Nabung umroh di reksadana syariah di Bareksa Umroh kini bisa dilakukan dengan perencanaan selama 3 tahun, dari sebelumnya 2 tahun. Untuk program umroh paket Barokah yang seharga Rp23,5 juta per paket misalnya, maka nilai tabungan yang dibutuhkan Rp652.778 per bulan.

Nilai itu setara nabung Rp21 ribuan atau tepatnya Rp21.759 per hari. Angka itu setara harga sebungkus rokok yang senilai Rp20.000 - Rp25.000.

Dengan tabungan senilai itu dalam waktu 36 bulan atau 3 tahun, maka total dana pokok investasi yang terkumpul jadi Rp23,5 juta. Dana itu sudah mencukupi biaya mengambil paket umroh Barokah.

Promo Terbaru di Bareksa

Illustration
Sumber : Bareksa

Tidak hanya itu, karena dana tersebut kamu investasikan di reksadana syariah maka berpotensi meraih imbal hasil. Dalam Bareksa Umroh, tersedia tiga produk reksadana pasar uang syariah yang bisa dipilih. Yakni Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra, Cipta Dana Kas Syariah, dan Syailendra Sharia Money Market Fund.

Secara historikal ketiga reksadana syariah berhasil membukukan imbal hasil 2,2 persen hingga 3,09 persen dalam 6 bulan (per 21 Februari 2020). Atau jika disetahunkan, 4,4 persen hingga 6,2 persen per tahun. Jika dirata-rata setahunkan ketiga reksadana syariah itu mencetak imbal hasil sekitar 5,36 persen per tahun.

Perlu diingat, catatan imbal hasil itu merupakan kinerja historikal di masa lalu dan tidak menjamin kinerjanya akan serupa di masa mendatang.

Kinerja imbal hasil di masa depan bisa hasil lebih tinggi atau lebih rendah tergantung kondisi pasar. Meski begitu, karena ini reksadana jenis pasar uang maka peluang fluktuasinya paling minimal dibandingkan jenis reksadana lainnya. Reksadana pasar uang sangat cocok untuk pemula atau investor yang lebih suka menghindari risiko.

Kinerja Reksadana Syariah di Bareksa Umroh (per 21 Februari 2020)

Illustration

Sumber : Bareksa

Untuk mengetahui potensi imbal hasil dari tabungan umroh yang kita investasikan, kita bisa gunakan tools Kalkulator Investasi Bareksa. Kita masukkan rencana investasi Rp652.778 per bulan dengan jangka waktu 36 bulan dan return yang diharapkan 5,36 persen per tahun. Kemudian kita klik tombol hitung.

Illustration

Sumber : Bareksa

Setelah berinvestasi selama 36 bulan di reksadana syariah, maka dana pokok investasi kamu telah terkumpul Rp23,5 juta atau cukup untuk membiayai Paket Umroh Barokah di Bareksa umroh. Tidak hanya itu, danamu berpotensi tumbuh jadi Rp25,43 juta atau berpotensi meraih imbal hasil Rp193 juta. Nilai imbal hasil itu bisa kamu gunakan untuk tambahan uang saku pergi umroh atau kebutuhan lainnya.

Potensi imbal hasil itu jauh lebih optimal dibandingkan hanya menabung biasa di bank atau deposito syariah. Selain itu, imbal hasil reksadana syariah bebas pajak karena bukan merupakan objek pajak dibandingkan imbal hasil deposito syariah yang masih harus dipotong pajak 20 persen.

Illustration
Sumber : Bareksa

Dengan rutin menyisihkan dana Rp21 ribuan per hari atau setara harga sebungkus rokok selama 3 tahun, kamu sudah punya cukup modal untuk biaya pergi umroh dan beribadah mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Esa.

Perlu diingat, rencana tabungan yang ada di Bareksa Umroh tidak mengikat dengan harga paket karena itu hanya perkiraan (estimasi). Jangka waktu juga tidak mengikat karena kita bisa mengatur sendiri dana per bulan sesuai kemampuan.

Kalau kita melewati jangka waktu, atau lebih cepat dari rencana, tidak akan dikenakan pinalti. Justru, semakin lama menabung reksadana, semakin besar potensi imbal hasil yang didapat.

Karena uang kita ditaruh di reksadana syariah yang berpotensi memberi imbal hasil lebih tinggi daripada deposito. Reksadana adalah investasi resmi yang diawasi oleh OJK.

Selain itu, reksadana syariah halal karena dikelola berdasarkan prinsip-prinsip Islami dan sudah mendapatkan fatwa halal dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Jika uang kita di reksadana syariah sudah mencapai target, bisa menyelesaikan rencana dan membeli paket dengan dana tersebut tanpa pindah platform. Cukup mudah kan?

* * *

Ingin menabung reksadana syariah untuk umroh?

- Cara daftar jadi nasabah Bareksa Umroh, klik tautan ini
- Sudah punya akun Bareksa dan mau nabung umroh, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,36

Up0,43%
Up3,55%
Up0,02%
Up5,95%
Up19,11%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,51

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,20%
Up17,66%
Up42,85%

STAR Stable Income Fund

1.915,81

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,23%
Up30,99%
Up60,26%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.757

Down- 0,10%
Up3,14%
Up0,01%
Up4,70%
Up19,30%
Up47,85%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,38

Up0,08%
Up2,01%
Up0,02%
Up2,91%
Down- 1,48%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua