BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Early Redemption Sukuk Tabungan ST008 Dibuka, Masa Penawaran ST009 Menjelang

Abdul Malik24 Oktober 2022
Tags:
Early Redemption Sukuk Tabungan ST008 Dibuka, Masa Penawaran ST009 Menjelang
Ilustrasi seorang investor Muslimah yang berinvestasi di reksadana syariah dan SBN syariah secara online melalui smartphone, termasuk investasi di ST008 dan ST009. (Shutterstock)

Masa early redemption ST008 dimulai pada 26 Oktober 2022 pukul 09.00 WIB hingga 4 November, pukul 10.00 WIB

Bareks.com - Buat Kamu investor Sukuk Tabungan seri ST008, dua hari lagi dapat memanfaatkan fasilitas early redemption atau pencairan sebagian investasi sebelum jatuh tempo. Sukuk Tabungan memiliki tenor 2 tahun dan untuk ST008 akan jatuh tempo pada 10 November 2023.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menyebutkan masa early redemption ST008 dimulai pada 26 Oktober 2022 pukul 09.00 WIB hingga 4 November, pukul 10.00 WIB. Untuk bisa memanfaatkan fasilitas early redemption, investor ST008 harus memenuhi sejumlah syarat yang telah dibuat Kementerian Keuangan, yaitu :

Pertama, minimal pembelian Rp2 juta.
Kedua, nilai yang dapat dicairkan minimal Rp1 juta dan maksimal 50 persen dari total kepemilikan investor.
Ketiga, nominal yang diajukan Rp1 juta dengan kelipatan Rp1 juta.
Keempat, ST008 telah dimiliki selama 12 bulan.
Kelima, investor mengajukan pencairan awal di platform mitra distribusi (misalnya Bareksa) pada periode 26 Oktober 2022 pukul 9:00 WIB sampai 4 November 2022 pukul 10:00 WIB.

Promo Terbaru di Bareksa

Bila persyaratan tersebut telah dipenuhi, investor bisa menerima pembayaran atau setelmen early redemption pada 10 November 2022, langsung di rekening terdaftar. Fasilitas early redemption tidak dikenakan biaya (redemption cost) oleh pemerintah.

Adapun kupon yang diterima setelah early redemption, akan disesuaikan dengan nilai ST008 yang tersisa dalam portofolio investor. ST008 memiliki imbalan mengambang dengan batas minimal (floating with floor) 4,8% per tahun yang diperoleh dari BI 7 Day Reverse Repo Rate (3,5%) + spread 130 bps (1,3%).

Sukuk Tabungan termasuk ST008 sangat cocok bagi investor pemula atau investor ritel, karena modal awal untuk membeli sukuk ini sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp1 juta (1 unit). Sementara batas maksimal investasi misalnya pada ST008, pada saat itu ditetapkan Rp1 miliar (1.000 unit).

Jelang Masa Penawaran ST009

Fasilitas early redemption dapat Kamu manfaatkan, jika membutuhkan dana segar. Early redemption juga bisa dilakukan, jika Smart Investor berencana investasi di SBN Ritel seri lainnya yang akan terbit tahun ini. Pemerintah masih memiliki agenda menerbitkan satu lagi SBN Ritel di 2022, yakni Sukuk Tabungan (ST) seri ST009 yang rencananya dirilis pada November 2022. .

Seperti halnya penerbitan SBN Ritel seri sebelumnya, ST009 hanya dapat dibeli selama masa penawaran berlangsung di mitra distribusi SBN Ritel resmi yang ditunjuk oleh Kemenkeu, salah satunya Bareksa. ST009 merupakan SBN Ritel seri keenam pada tahun ini, dengan lima di antaranya sudah diterbitkan.

"Insya Allah masih sesuai schedule," kata Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Deni Ridwan kepada Bareksa ketika ditanya soal kepastian jadwal penerbitan SBN Ritel di 2022.

ST009 bisa dipertimbangkan untuk dipilih oleh semua investor yang membutuhkan jaminan keamanan sekaligus cuan dalam berinvestasi..

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua