BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Senin Bisa Mulai Investasi ORI022, Begini Cara Daftar Beli SBN Ritel di Bareksa

Abdul Malik23 September 2022
Tags:
Senin Bisa Mulai Investasi ORI022, Begini Cara Daftar Beli SBN Ritel di Bareksa
Ilustrasi wanita mudah investor sedang duduk sambil melihat handphone untuk mengecek hasil investasi reksadana saham obligasi negara SBN ritel melalui aplikasi Bareksa. (shutterstock)

Bagi kamu investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN Ritel masih perlu melengkapi data

Bareksa.com - Senin (26/9/2022), pemerintah akan meluncurkan sekaligus membuka masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022. Bagaimana cara beli ORI022 di Bareksa?

Seperti halnya Surat Berharga Negara (SBN) Ritel seri lainnya, ORI022 untuk pasar perdana hanya dapat dibeli di mitra distribusi yang telah ditetapkan pemerintah dan selama masa penawarannya berlangsung. Bareksa merupakan salah satu mitra distribusi penjualan SBN Ritel yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan.

Masa penawaran ORI022 akan berlangsung selama 25 hari, mulai 26 September 2022 dan akan ditutup pada 20 Oktober 2022. ORI022 akan jatuh tempo pada 15 Oktober 2025.

Promo Terbaru di Bareksa

Peluncuran masa penawaran SBN Ritel seri kelima di 2022 ini akan mengusung tema Pilihan Berharga untuk Meracik Masa Depan dan akan berlangsung pada 26 September 2022.

Nilai pemesanan akan ditetapkan pemerintah pada 24 Oktober dan setelmen (mulai penghitungan kupon) pada 26 Oktober 2022. Pembayaran kupon pertama ORI022 dilakukan 15 Desember 2022 (long coupon).

Illustration


Sumber: Kementerian Keuangan

Keuntungan ORI022

Investasi ORI022 bisa dapat cuan? Jelas bisa dapat dan bahkan pencairan cuannya 100% dijamin oleh Negara karena memiliki payung hukum diatur oleh UU Surat Utang Negara (SUN) dan UU Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN (berjalan yakni APBN 2022 untuk ORI022).

Cuan atau keuntungan dari ORI022 berupa bunga atau imbal hasil yang sering juga disebut kupon. Kementerian Keuangan menetapkan imbal hasil atau kupon Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022 sebesar 5,95% bersifat fixed (tetap) per tahun.

"Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko atas nama Menteri Keuangan menetapkan kupon ORI022 adalah 5,95% per tahun bersifat tetap (fixed rate) sampai dengan jatuh tempo," demikian pengumuman DJPPR Kementerian Keuangan kepada mitra distribusi (22/9/2022).

Kupon tetap artinya imbal hasil ORI022 tidak akan naik atau turun hingga jatuh tempo 15 Oktober 2025. Pembayaran kupon ini akan dilakukan setiap bulan dan langsung ditransfer ke rekening investor.

Setelah pembayaran kupon pertama, ORI022 bisa diperdagangkan di pasar sekunder, sehingga investor tidak perlu menunggu hingga jatuh tempo.

Perlu diketahui juga bahwa imbal hasil ORI022 lebih tinggi 5 basis poin dibandingkan SBN Ritel seri sebelumnya, yakni Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR017 dengan imbal hasil 5,9%, yang masa penawarannya berakhir pekan lalu (14/9/2022).

Imbal hasil ORI022 juga merupakan yang tertinggi dibandingkan SBN Ritel seri-seri sebelumnya di 2022. Dibandingkan ORI seri sebelumnya yakni ORI021 yang imbalannya 4,9%, maka imbal hasil ORI022 lebih tinggi 1,05%.

Baca juga Kemenkeu Tetapkan Imbal Hasil ORI022 Sebesar 5,95%, Tertinggi Tahun Ini

Bagaimana Investasi ORI022 di Bareksa?

Untuk Kamu investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021, bisa langsung memesan ORI022 begitu masa penawaran ORI022 dibuka.

Sementara bagi investor Bareksayang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang. Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Lengkapnya baca ​cara daftar ulang akun SBN Ritel di Bareksa.

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar siap ketika nanti masa penawaran dibuka. Daftar jauh-jauh hari untuk menyediakan waktu proses verifikasi yang sekitar 2 x 24 jam.

Cara Daftar Akun SBN Ritel di Bareksa

1. Login

Login aplikasi Bareksa menggunakan email dan password terdaftar.

2. Pilih Investasi Lainnya SBN

Dari halaman utama (home), lihat bagian Investasi Lainnya dan klik SBN.

Illustration

3. Mulai Investasi SBN

Akan tampil deskripsi mengenai SBN. Investor bisa pilih Pelajari Dulu, atau bila sudah yakin bisa langsung klik Mulai Investasi SBN.

Illustration

4. Verifikasi/Tambah Rekening

Akan tampil data rekening investor. Investor bisa memilih rekening yang ada atau menambah rekening baru.

Illustration

5. Konfirmasi

Bila menambah rekening baru, pastikan nama pemilik rekening sama dengan nama pada e-KTP.

Illustration

​Setelah itu centang kesepakatan dan klik Konfirmasi.

Illustration

6. Tunggu verifikasi

Pembukaan akun SBN sedang diproses dan butuh waktu sekitar 2x24 jam. Investor akan mendapatkan notifikasi setelah proses selesai.

Illustration


Siap investasi di ORI022 yang dijamin 100% oleh negara? Tunggu pembukaan masa penawaran ORI022 dan lakukan pembelian di Bareksa ya!

(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.




Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua