BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Animo Investor Tinggi, Penjualan SR017 Diprediksi Tembus Rp20 Triliun

Abdul Malik02 September 2022
Tags:
Animo Investor Tinggi, Penjualan SR017 Diprediksi Tembus Rp20 Triliun
Ilustrasi investor wanita karyawati bahagia usai membeli SR017 di Bareksa yang menjadi salah satu mitra distribusi SBN Ritel. (Shutterstock)

SR017 memberikan imbal hasil 5,9% per tahun dapat dibeli melalui mitra distribusi, salah satunya Bareksa

Bareksa.com - Nilai pemesana Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR017 terus bertambah. Hingga Jumat siang (2/9/2022), nilai pemesanan SR017 telah menembus Rp16,7 triliun. Dengan demikian kuota nasional pemesanan SR017 hanya tersisa sekitar Rp3,3 triliun lagi dari target penerbitan yang telah dinaikkan dari sebelumnya Rp10 triliun jadi Rp20 triliun.

Mengapa investor ritel nampak berbondong-bondong membeli SR017? Ada sejumlah faktor yang mendasarinya seperti besaran imbal hasil SR017 yang ditetapkan 5,9 persen per tahun.

Chief Economist Bank Permata, Josua Pardede menyampaikan SR017 adalah seri obligasi syariah yang dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Kondisi tersebut berimplikasi pada permintaan untuk seri ini yang sangat bergantung pada kondisi pasar obligasi secara umum, dan tidak hanya dari outlook disposable income dari para investor ritel.

Promo Terbaru di Bareksa

Menurut Josua tingginya minat investor terhadap SR017 ditopang oleh kondisi pasar obligasi yang bullish. Hal tersebut seiring dengan inflasi AS yang cenderung turun dan pergerakan imbal hasil (yield) obligasi negara yang stabil di rentang 7 persen – 7,2 persen.

"Dengan kondisi tersebut, kami perkirakan penyerapan dari SR017 mampu mencapai kurang lebih Rp20 triliun - Rp22 triliun. Sebagai perbandingan, seri SR016 mampu terserap hingga Rp18 triliun di bulan Maret lalu, saat situasi pasar obligasi cenderung lebih volatil," kata Josua dilansir Bisnis.com (2/9).

Menyusul penerbitan SR017, Josua memperkirakan penjualan obligasi ritel akan tetap semarak hingga akhir tahun ini. Sebab minat investor ritel terutama akan lebih tinggi untuk SBN ritel yang bersifat non-tradeable atau tidak dapat diperdagangkan.

Suku Bunga BI

Josua mengatakan minat investor berkaitan dengan berlanjutnya kenaikan suku bunga BI di bulan-bulan mendatang akibat ancaman kenaikan inflasi. Seri SBN Ritel yang bersifat non-tradeable pada umumnya mempunyai kupon yang mengikuti arah suku bunga BI.

"Kupon dari seri tersebut masih berpotensi naik. Kenaikan kupon ini yang diperkirakan menjadi daya tarik seri-seri ritel non-tradeable," lanjutnya.

Senada dengan Josua, Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas, Ramdhan Ario Maruto mengatakan respons masyarakat terhadap SR017 amat positif. Hal tersebut seperti halnya animo investor ritel terhadap produk SBN Ritel seri lainnya maupun yang akan terbit.

Menurut Ramdhan, daya tarik SR017 juga berasal dari pajak bunga obligasi yang lebih rendah dibandingkan deposito. Hal tersebut akan menjadi pemanis tambahan untuk menarik lebih banyak investor ke instrumen ini.

"Kalau dibandingkan dengan deposito yang pajaknya lebih besar, SR017 masih lebih menarik dari sisi return bersih,” katanya.

Terkait pernyataan Ramdhan, lalu berapa imbal yang diterima jika investor berinvestasi di SR017 senilai Rp1 juta?

Jika seorang investor membeli SR017 senilai Rp1 juta, maka investor akan memperoleh imbal hasil kotor senilai Rp59.000 per tahun, atau setara Rp4.917 per bulan. Namun, imbal hasil tersebut belum memperhitungkan potongan pajak.

Pemerintah mengenakan pajak 10% dari imbal hasil yang diterima investor karena imbal hasil ini tergolong penghasilan investasi. Perlu diketahui, besaran pajak kepada investor SR017 ini lebih rendah dibandingkan pajak deposito 20%.

Promo Investasi SR017 di Bareksa

Bagi Smart Investor yang memesan SR017 di Bareksa, ada hadiah menarik menanti. Investor dapat memilih sendiri jenis hadiah Promo SR017 di Bareksa,mulai dari 1 iPhone 11, 1 Laptop Redmi Book 15, 1 Smart TV Realme 43 inch, 3 voucher reksadana senilai masing-masing Rp1.000.000 dan 50 voucher reksadana senilai masing-masing Rp100.000.

Catat kode promo dan minimal beli SR017 untuk mengikuti Promo SR017 di Bareksa berikut ini :

Hadiah 1 iPhone 11

  • Minimal pembelian SR017 Rp50 juta

  • Kode promo : SR17PHONE

Hadiah 1 Laptop Redmi Book 15

  • Minimal pembelian SR017 Rp30 juta

  • Kode promo : SR17LAP

Hadiah 1 Smart TV Realme 43 inch

  • Minimal pembelian SR017 Rp10 juta

  • Kode promo : SR17TV

Hadiah 3 voucher reksadana @ Rp1.000.000

  • Minimal pembelian SR017 Rp5 juta

  • Kode promo : SR17REKSA

Hadiah 50 voucher reksadana @ Rp100.000

  • Minimal pembelian SR017 Rp1 juta

  • Kode promo : SR17REKSA100

Simak juga syarat dan ketentuan promonya berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Promo SR017 Bareksa

  1. Periode promo 19 Agustus - 14 September 2022

  2. Pembelian berlaku untuk produk SBN Ritel seri SR017 dengan memasukkan kode promo yang dipilih investor

  3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

  4. Pembeli dengan nominal terbanyak berhak memenangkan hadiah

  5. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 13 Oktober 2022 melalui akun media sosial Bareksa dan email

  6. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindahtangankan

  7. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

  8. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa

  9. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Dengan berinvestasi SR017 di Bareksa, tidak hanya aman, cuan, berinvestasi di tempat terbaik, serta masih dapat hadiah lagi. Ayo segera pesan Sukuk Ritel SR017 di Bareksa sekarang.

Simak juga : Promo SBN Ritel Freedom di Bareksa: Beli SR017 Dapat Reksadana hingga Rp2 Juta

(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua