Berita / SBN / Artikel

Masa Penawaran Tinggal 3 Hari, Pemesanan SBR011 Hampir Tembus Rp10 Triliun

Dengan investasi di SBR011, investor berkesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan negara
Abdul Malik • 13 Jun 2022
cover

Ilustrasi wanita investor sedang berpikir mengenai potensi keuntungan berinvestasi SBR011. (shutterstock)

Bareksa.com - Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Savings Bond Ritel (SBR) Seri SBR011 terus diborong investor. Hingga Senin pagi (13/6/2022) nilai pemesanan SBR011 tembus Rp9,98 trilun atau hampir menembus Rp10 triliun. Nilai itu merealisasi 90,7 persen dari kuota nasoonal pemesanan yang senilai Rp11 triliun. Dengan demikian sisa kuota pemesanan SBR011 masih Rp1,01 triliun dengan masa penawaran tinggal 3 hari.

Dengan modal minimum investasi Rp1 juta, apa saja keuntungan yang bisa diperoleh investor ritel dari investasi di SBR011? SBR011 mulai ditawarkan mulai Rabu (25/5/2022) pukul 09.00 WIB hingga 16 Juni 2022 pukul 10.00 WIB. Pemerintah mematok nilai minimum pemesanan SBR011 senilai Rp1 juta atau 1 unit, dengan batas maksimal pembelian Rp2 miliar atau 2.000 unit per investor.

Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Deni Ridwan menyampaikan SBR011 sangat menarik termasuk bagi investor pemula sekalipun yang cenderung masih menghindari risiko dalam berinvestasi. "Dengan fitur floating with floor, investasi yang mereka tanamkan akan terlindungi dari gerusan inflasi," kata Deni kepada Bareksa, akhir April 2022.

Sumber: Kementerian Keuangan

Selain itu, Deni melanjutkan SBR011 memiliki tenor dua tahun dengan fitur early redemption akan menjadi pilihan yang tepat bagi investor pemula. Serta adanya kemudahan berinvestasi dan dengan nominal minimum hanya Rp1 juta, Deni menilai SBR011 juga bisa jadi pilihan pas bagi investor dalam membelanjakan disposable income-nya.

Sumber: Kementerian Keuangan

Keuntungan Berinvestasi di SBR011

Jadi, kira-kira apa saja kentungan berinvestasi di SBR011? Berikut 8 keuntungan berinvestasi di SBR011 seperti disebutkan dalam Memorandum Informasi Savings Bond Ritel Republik Indonesia Seri SBR011 :

Pertama, pembayaran Kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang SUN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya.

Kedua, pada saat diterbitkan (Pasar Perdana Domestik), Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN.

Ketiga, kupon mengambang dengan jaminan Kupon minimal (floor) sampai dengan jatuh tempo, artinya kupon bisa naik kalau acuan naik, tetapi tidak bisa turun dari batas minimal.

Keempat, kupon dibayar setiap bulan.

Kelima, terdapat fasilitas Pelunasan Sebelum Jatuh Tempo (Early Redemption) tanpa dikenakan redemption cost. Syaratnya, periode investasi telah setahun dan minimal saldo saat pembelian Rp2 juta.

Keenam, kemudahan akses untuk melakukan Transaksi Pembelian dan pengajuan Pelunasan Sebelum Jatuh Tempo (Early Redemption) melalui Sistem Elektronik.

Ketujuh, dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangkatransaksi Efek. Kebijakan peminjaman atau penjaminan SBR mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Kedelapan, memperoleh kesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Ingin investasi di SBR011? Anda bisa melakukan pemesanan SBR011 melalui mitra distribusi SBN Ritel yang telah ditunjuk pemerintah melalui Kementerian Keuangan, salah satunya Bareksa.

(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

Baca juga : SBR011 Segera Terbit, Ini Pengertian SBR dan Cara Daftarnya di Bareksa​​