BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Jangan Habiskan THR Lebaran, SBN Ritel Seri SBR011 Segera Terbit

Hanum Kusuma Dewi28 April 2022
Tags:
Jangan Habiskan THR Lebaran, SBN Ritel Seri SBR011 Segera Terbit
Ilustrasi investor memegang pulpen untuk menandai kalender sambil melihat komputer laptop untuk melakukan investasi dengan transaksi online

Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR011 rencananya akan ditawarkan pada 25 Mei 2022 (tentatif)

Bareksa.com - Ada baiknya smart investor tidak menghabiskan semua uang Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran 2022. Salah satu alasannya, pemerintah akan kembali menerbitkan seri terbaru Surat Berharga Negara (SBN) Ritel di sisa tahun 2022 ini.

Pada tahun ini, pemerintah berencana menerbitkan enam seri SBN Ritel, yang dua di antaranya sudah terbit. Sebelumnya, pemerintah telah menerbitkan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021 dengan masa penawarannya pada 24 Januari - 17 Februari 2022. Kemudian Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR016 yang hari ini Kamis 17 Maret 2022 per pukul 10.00 WIB, ditutup masa penawarannya. SR016 telah ditawarkan sejak 25 Februari 2022.

Seri SBN Ritel apa saja yang akan diterbitkan lagi dan kapan penerbitannya?

Promo Terbaru di Bareksa

Dalam waktu terdekat setelah Lebaran, akan ditawarkan Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR011, dengan rencana masa penawaran mulai 25 Mei 2022.

Kemudian akan diterbitkan juga Sukuk Ritel (SR) seri SR017 dengan masa penawaran 19 Agustus - 14 September 2022. Sukuk Ritel adalah jenis obligasi negara syariah atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang pengelolaannya sesuai dengan kaidah syariah.

Lalu pemerintah akan kembali memasarkan SBN Ritel jenis ORI dengan seri ORI022, pada 26 September - 20 Oktober 2022. Adapun seri SBN Ritel terakhir yang akan ditawarkan pada tahun 2022 adalah sukuk tabungan seri ST009 pada 28 Oktober hingga 16 November 2022

Baca juga Ada Peran Investor Sukuk Negara Sukseskan Mudik Lebaran 2022, Ini Proyek Dibiayai SBSN

Sebagai catatan, jadwal ini masih tentatif atau bisa berubah. Jadwal pastinya akan diumumkan setelah kick off meeting dari masing-masing seri SBN. Enam seri SBN Ritel ini bisa dibeli secara online melalui mitra distribusi, termasuk Bareksa.

Smart investor yang belum memiliki akun SBN di Bareksa, sebaiknya segera mendaftar sekarang agar bisa ikut masa penawaran SBN Ritel selanjutnya.

Prospek SBN Ritel

Senior Economist Samuel Sekuritas, Fikri C Permana seperti dilansir Kontan beberapa waktu lalu meyakini, prospek SBN ritel pada tahun ini masih akan tetap menarik. Menurutnya, target pemerintah yang sebesar Rp 100 triliun tidak akan sulit tercapai.

Menurutnya, dengan pemulihan ekonomi yang diharapkan lebih baik, maka daya beli masyarakat diekspektasikan akan membaik. Terlebih, dengan masyarakat yang semakin mengenal dunia investasi, lalu disposable income juga lebih tinggi, seharusnya masyarakat justru punya uang lebih banyak untuk diinvestasikan. "Pada tahun ini likuiditas masyarakat kemungkinan masih akan longgar," kata Fikri.

Bagaimana tertarik investasi yang dijamin negara 100 persen? Smart investor bisa melakukan pembelian SBN Ritel di mitra distribusi yang ditunjuk pemerintah, termasuk Bareksa.

Baca juga Tutorial Cara Jual SBN ORI021 di Pasar Sekunder

(Martina Priyanti/hm)

***


Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

Siap-siap ORI021 Akan Segera Terbit, Ini Cara Daftar SBN Ritel di Bareksa






Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua