BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Masa Penawaran SR016 Tersisa 1 Hari, Segera Beli Sebelum Tutup

Hanum Kusuma Dewi16 Maret 2022
Tags:
Masa Penawaran SR016 Tersisa 1 Hari, Segera Beli Sebelum Tutup
Banner Sukuk Negara Ritel seri SR016. (Kemenkeu)

Hingga Rabu pagi (16/3) per pukul 06.30 WIB penjualan SR016 tercatat Rp16,12 triliun

Bareksa.com - Masa penawaran Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR016 tinggal tersisa 1 hari, atau besok 17 Maret 2022 pukul 10.00 WIB, akan ditutup. Untuk smart investor yang belum membeli, ayo segera beli dan dapatkan 10 keuntungan khas Sukuk Ritel.

SR016 merupakan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel kedua yang diterbitkan pemerintah tahun ini. SR016 juga Sukuk Ritel pertama di 2022.

Pada Rabu pagi (16/3) per pukul 06.30 WIB, penjualan SR016 tercatat Rp16,12 triliun, atau tersisa sekitar Rp1,87 triliun dari target tambahan Rp18 triliun. Semula pemerintah menetapkan target penerbitan Rp10 triliun, namun karena melihat besarnya minat investor pada SR016 pemerintah membuka ruang penambahan target hingga maksimal Rp25 triliun.

Promo Terbaru di Bareksa

SR016 akan jatuh tempo pada 10 Maret 2025 dengan imbal hasil 4,95 persen per tahun. Bagaimana, smart investor makin tertarik investasi di SR016?

Memorandum Informasi Sukuk Negara Ritel seri SR016 yang diterbitkan pemerintah menyebutkan ada 10 keuntungan berinvestasi di Sukuk Ritel yang akan jatuh tempo pada 10 Maret 2025.

Daftar 10 keuntungan berinvestasi di SR016 :

Pertama, pembayaran imbalan/kupon dan nilai nominal Sukuk Negara Ritel Seri SR016 telah dijamin oleh pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya, sehingga tidak mempunyai risiko gagal bayar.

Kedua, pada saat diterbitkan (pasar perdana) imbalan/kupon SR016 ditetapkan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ketiga, imbalan/kupon dengan jumlah tetap (fixed coupon) sampai pada Tanggal Jatuh Tempo.

Keempat, imbalan/kupon dibayar setiap bulan.

Kelima, kemudahan akses untuk melakukan pemesanan pembelian melalui Sistem Elektronik.

Keenam, dapat diperdagangkan di pasar sekunder dengan mekanisme transaksi di Bursa Efek melalui sistem ETP (electronic trading platform) dan transaksi di luar Bursa Efek (over the counter).

Ketujuh, berpotensi memperoleh capital gain dalam hal SR016 dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di Pasar Sekunder.

Kedelapan, dapat dipinjamkan atau digadaikan kepada pihak lain, termasuk jaminan dalam rangka transaksi efek, sesuai kebijakan dan mengikuti ketentuan serta persyaratan yangberlaku pada masing-masing pihak.

Kesembilan, berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Kesepuluh, turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Siap meraih 10 keuntungan tersebut? SR016 dapat dipesan di Bareksa ya.

(Martina Priyanti/hm)

Investasi Sekarang

***
Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

SR016 merupakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel yang dikelola sesuai prinsip syariah dan memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar, kupon bersifat tetap dan aman karena baik kupon maupun pokoknya dijamin oleh negara dan Undang-Undang.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan cuan, namun juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara. SR016 bisa dipesan melalui Bareksa.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBSN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan ORI021. Adapun investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang.

Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Lengkapnya baca ​cara daftar ulang akun SBN Ritel di Bareksa.

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar bisa memesan SR016 pada masa penawaran. Jangan ketinggalan karena kuota terbatas.





Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua