Berita / SBN / Artikel

Cerita Arumi Bachsin Soal Pentingnya Literasi Investasi dan Manfaat SR016

Investasi bukan hanya untuk diri sendiri tetapi untuk pembangunan, masyarakat banyak
Abdul Malik • 02 Mar 2022
cover

Arumi Bachsin saat jadi pembicara dalam acara peluncuran Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR016 secara daring pada 25 Februari 2022. (akun Youtube DJPPR Kemenkeu)

Bareksa.com - Memilih produk investasi yang cocok, aman, cuan tidak hanya buat diri sendiri namun juga bermanfaat buat orang kini bukan lagi hal sulit. Sebab sudah hadir Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR016, Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel seri pertama yang diterbitkan pemerintah pada 2022 ini. 

Dengan investasi di SR016, investor tidak hanya cuan karena menawarkan imbal hasil 4,95 persen per tahun, melainkan juga turut membantu negara dalam menyediakan pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur, seperti gedung sekolah, jembatan, irigasi dan lainnya. Dengan begitu, investor tidak sekedar mencari keuntungan pribadi, namun juga membantu memberi manfaat bagi banyak orang.

Kelebihan SR016 inilah yang membuat Arumi Bachsin, Istri Wakil Gubernur Jawa Timur yang juga sekaligus figur publik itu terkesan. Mantan model dan artis papan atas itu menceritakan pengalamannya mendampingi sang suami Emil Dardak menjadi Bupati Trenggalek periode 2016-2019 hingga kini menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur, termasuk temuannya mengenai pola investasi yang dilakukan ibu-ibu.

Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Perempuan

Arumi yang sependapat dengan penilaian bahwa menteri keuangan dalam rumah tangga adalah perempuan, mengaku mengenal investasi dengan konsep beli slot dalam investasi saham. Saat bersamaan, juga melakukan investasi emas.

"Aku investasi konvensional, sama kayak kader PKK di mana kalau ada rejeki dikit beli emas, gelang, batangan, nyicil, atau ada rejeki agak banyak bentuk tanah. Terutama properti kita tahu jangka panjang akan naik tetapi gak liquid, termasuk susah kalau mau mau jual pasti butuh proses," kata Arumi.

Menurutnya semakin banyak kita mengetahui instrumen investasi, maka semakin baik sehingga bisa memilih apa yang cocok, aman, dan terjangkau.

"Kalau investasi konvensional, tanah, kurang accessible untuk seluruh status ekonomi. Mau beli tanah tidak mungkin beli dari tabungan sisa Rp1 juta, tidak mungkin kebeli jadi yang affordable juga bagi milenial, bagi yang mulai berpenghasilan jadi bisa mulai investasi," paparnya.

Arumi menyampaikan perlu ada perubahan dalam pola berpikir mengenai investasi, utamanya yang selama ini hanya investasi di satu instrumen investasi misalnya hanya emas dan ternak saja.

"Ada yang baru dapat rejeki, sawah laku dijual, investasi hewan ternak. Ini investasi riil masih dilakukan, aku temui di desa, tetapi risiko tinggi, kalau bisa dirawat ternak, ini jadi hal bagus dengan prospek. Kebanyakan di tengah jalan sakit, mati, dan tidak diperhitungkan biaya pakannya, jadi investasi kita ujung-ujungnya tidak ketemu," kata Arumi.

Makanya, menurut Arumi pendidikan finansial perlu dilakukan. Untuk itu, ia menyampaikan bersama ibu-ibu di PKK juga kerja sama dengan banyak pihak mengenai pendidikan finansial. Tujuannya tak lain untuk memberikan informasi mengenai instrumen investasi yang aman.

Arumi menyampaikan yang membahayakan jika informasi mengenai investasi termasuk kepada ibu-ibu merupakan investasi tipu-tipu dan berbahaya.

"Untuk orang golongan ekonomi tertentu, uang yang ditabung, untuk diinvestasikan, menurut orang lain itu kecil tetapi bagi mereka itu besar. Ngenes kalau denger berita kurang enak," kata Arumi.

SR016 Prospektif

Nah salah satu instrumen investasi yang aman, menurut Arumi adalah berinvestasi di Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR016. "Investasi ini bukan hanya untuk diri sendiri tetapi untuk pembangunan, masyarakat banyak," kata Arumi.

Ia menyampaikan pembangunan yang dibiayai Anggaran Negara, besar sekali manfaatnya bagi masyarakat. Misalnya, mengenai pembangunan bendungan untuk mengontrol debit air dan mengairi sawah.

"Biasanya kalau ada bendungan tidak hanya untuk satu kabupaten, tetapi bisa tiga atau empat kabupaten. Jadi mau aja la nina el nino, kemarau panjang, ketersediaan air masih ada dan masih bisa diatur," terangnya.

Gambaran lebih besar, ia melanjutkan, banyak kepala keluarga yang terbantu ekonomi yakni penghasilan mereka dari pertanian. Ia mencontohkan pembangunan sebuah bendungan di Trenggalek beberapa tahun lalu, mendorong kelangsungan hidup dan kesejahteraan masyarakat.

"Bener, ini bisa jadi amal jariyah juga untuk kita semua. Kita investasi terhadap sesuatu, jarang kita tahu itu untuk apa, tetapi di sini kan (Sukuk Negara) kita lihat dan kita puas, hasil investasi ada hasilnya dan puas," ujar Arumi.

Menurutnya investasi yang dilakukan sekarang bukan hanya untuk kita sekarang, tetapi bagi generasi selanjutnya.

Investasi ini jangka panjang dan harapannya, hal ini yang mendadak lebih tinggi awreness-nya dari SR016. "Ayo sahabat sukuk, kita sudah kenal sudah tahu, tunggu apa lagi, ayo kita investasi," kata Arumi.

Arumi kemudian membacakan pantun "Si emak baru selesai menanak nasi, paling enak makan dengan ikan asin, Ayo emak emak kita investasi untuk masa tua dan masa depan yang lebih terjamin."

(Martina Priyanti/AM)

Investasi Sekarang

Baca juga Siap-siap! SR016 Segera Terbit, Ini Jadwal Penawaran dan Cara Daftarnya

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Sukuk RitelSR016 merupakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel yang dikelola sesuai prinsip syariah dan memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta, kupon bersifat tetap dan aman karena baik kupon maupun pokoknya dijamin oleh negara dan Undang-Undang.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan cuan, namun  juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara. SR016 bisa dipesan melalui Bareksa.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBSN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan SR016 bila masa penawaran telah dibuka. Adapun investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang.

Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Lengkapnya baca ​cara daftar ulang akun SBN Ritel di Bareksa. 

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar sekarang di Bareksa agar bisa memesan SR016 pada masa penawaran. Jangan ketinggalan karena kuota terbatas.